Pinjaman Modal Usaha Syariah Tanpa Jaminan, Begini Cara Mendapatkannya

Pinjaman Modal Usaha Syariah Tanpa Jaminan, Begini Cara Mendapatkannya

Mau pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan? yuk simak ulasan berikut ini yang pasti akan membuat Anda bertambah wawasan dalam berbisnis. Usaha syariah sangat mengutamakan pinjaman uang tanpa riba, ini disebabkan prinsip syariah berlandaskan akan hukum islam. Pinjaman modal tanpa jaminan sangat diperlukan dari masyarakat khususnya untuk meningkatkan usaha kecil.

Baca juga: Warung sembako modal 5 juta

Pinjaman Modal Usaha Syariah Tanpa Jaminan

Agunan atau pinjaman merupakan syarat yang ditentukan bank untuk pinjaman, seperti berupa sertifikat tanah, mobil, rumah, dll. Namun bagaimana jadinya jika Anda mau pinjaman modal usaha syariah tanpa agunan?

1. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang pertama melalui dana desa dari program pemerintah untuk mengembangkan berbagai UKM baru di daerah-daerah. Dana desa ini digunakan untuk membiayai berbagai pembinaan kemasyarakatan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan peenyelenggaraan pemerintahan. Sehingga dapat memajukan perekonomian desa dan bisa mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa. Hal ini telah diatur dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2015.

Berbicara tentang pemberdayaan masyarakat desa, penggunaan dana desa ini bertujuan untuk supaya bisa meningkatkan kapasitas warga dalam pengembangan wirausaha dan bisnis di wilayahnya, peningkatan pendapatan uang masyarakat, serta memperluas skala prioritas perekonomian individu warga dan kelompok, antara lain: Untuk peningkatan jumlah investasi pada perekonomian desa melalui permodalan usaha, bantuan alat-alat produksi, pengadaan, pengembangan, dan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan pemagangan.

Baca juga: Cara menjalankan kredit sembako

2. Yang kedua pinjaman dari berbagai Bank syariah namun ada syarat penghasilan pertahun yang harus terpenuhi yaitu pendapatan kurang lebih Rp 60.000.000/tahunnya. Mungkin ini akan lebih susah direalisasikan karena mungkin dari kita yang baru memulai berwirausaha tentu belum punya penghasilan sebesar itu. Dan juga Anda harus teliti dalam memilih Bank Syariah seperti Mandiri, BNI, BRI, Muamalat, Bukopin, BCA, Mega. Pilihlah mana yang memiliki prosedur yang benar seperti tidak ada bunga pinjaman untuk mewujudkan usaha syariah Anda bebas riba.

3. Cara ketiga Mendapatkan pinjaman syariah dari teman dan kerabat dekat yang memiliki modal. Jaminan dari pinjaman itu sendiri adalah kepercayaan dari si peminjam. Jadi jika Anda adalah sosok yang amanah, jujur dan terpercaya di mata teman dan kerabat akan sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan.

Cara Melakukan Usaha Syariah yang Halal dan Berkah

Berwirausaha tidak hanya menitik beratkan pada hasil dan keuntungan semata, namun juga harus melihat apakah usaha tersebut berjalan dengan prinsip syariah atau tidak? Misalnya, melihat dari mana sumber permodalam, menjual barang dan jasa apa, Akadnya, dll.

Tentu tidak mudah untuk dilakukan jika kita tidak paham tentang prinsip syariah yang mau kita jalankan. Pada dasarnya untuk permodalan harus menghindari sitem riba, dimana riba adalah melebihkan jumlah pembayaran dalam pinjaman. Lalu dari segi produk dan jasa tidak boleh menawarkan hal-hal yang haram. Serta akad jual beli harus dengan kerelaan kedua belah pihak tanpa paksaan dan tentu tanpa berdusta.

Usaha apa saja yang bisa Anda lakukan?

Tentu sangat banyak ide usaha yang halal yang bisa Anda mulai. Misalnya menjadi pedagan baju muslim, usaha produk kerajinan, hijab, usaha dari kayu bekas, kuliner, usaha daur ulang kertas, sembako, usaha toko kelontong grosir, properti, usaha bahan bangunan. Atau bisa juga usaha jasa seperti menjual tiket, membuka les privat, usaha cuci motor sederhana, penulis, penerjemah, olah raga. Masih banyak lagi peluang bisnis syariah yang bisa Anda jalankan.

Cukup banyak bukan bisnis halal dengan modal kecil yang bisa dengan mudah Anda buat. Semoga pembahasan kali ini pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan bisa menjadi inspirasi untuk Anda untuk berwirausaha dengan sukses, selamat mencoba dan trimakasih. 


Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Rincian Modal Toko Sembako Kurang dari 10 Juta

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat