5 Peluang Usaha Produk Kerajinan yang Menguntungkan

Produk kerajinan sekarang bisa Anda jadikan peluang bisnis yang menguntungkan, selain bisa dengan modal kecil, usaha ini bisa memberikan keuntungan. Untuk bahan baku produk kerajinan bisa menggunakan bahan baru maupun bekas industri yang masih bisa di manfaatkan, selain bisa menghemat pengeluaran dan peluang usaha produk kerajinan, Anda juga bisa membantu melestarikan lingkungan sekitar akibat limbah industri yang tidak bisa didaur ulang menjadi produk kerajinan yang bernilai.

Ide dan Peluang Usaha Kerajinan

Banyak pengusaha produk kerajinan sekarang ini yang sudah bisa go internasional, yang Anda butuhkan hanyalah kreatifitas tinggi untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai seni maupun barang yang bisa bermanfaat untuk keseharian. Berikut ini contoh ide beberapa produk kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

1. Produk Kerajinan Kain Batik

membuat batik tulis

Produk kerajinan batik tulis ini diakui dunia sebagai warisan kebudayaan khas negeri ini, kerajinan batik yang kaya akan nilai artistik tinggi dengan sendirinya akan memiliki potensi finansial yang besar jika ditekuni. Produk berbasis kebubudayaan ini telah terbukti memiliki pangsa pasar tersendiri yang terus ada dan tak pernah mati. Produk-produk batik sangat bervariasi, mulai dari kain, hingga beragam produk jadi berbahan mori, lurik, katun, sutera, paris, dan lainnya.

Untuk menjadi perajin batik Anda harus selalu berinovasi dan bereksplorasi menciptakan desain, corak, warna, dan motif. Tanpa hal itu, akan sulit membuat produk tetap laku di pasaran. Karena arus semakin cepat, kreatifitas  pun akan semakin berkembang.

2. Produk Kerajian Anyaman dan Rajut

kerajinan anyaman tas

Kerajinan anyaman bisa menggunakan berbagai macam bahan baku seperti bambu, kayu, rotan, daun  lontar, koran bekas, plastik bekas, limbah sawit dan banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk produk anyaman dan rajut. Dibutuhkan keterampilan dalam mengolah bahan baku menjadi produk jadi, seni menganyam ini tidak akan pernah habis karena selalu akan ada produk baru yang lebih kreatif misalnya anyaman tas yang akhir-akhir lagi trend bisa diperoleh dengan harga Rp 100 - 200 ribu diIndonesia. Namun jika di luar negeri, tas anyaman ini bisa seharga 2 jutaan rupiah. Bahkan ada yang terjual hingga diangka enam juta rupiah!. Baca juga: manfaat barang bekas dan usaha limbah kain.

3. Produk Kerajinan Kramik dan Grabah



Begitu indahya kerjinan keramik diatas, apakah Anda mampu membuatnya? atau bahkan bisa lebih baik. Anda bisa menjadikan kerajinan keramik sebagai peluang usaha produk kerajinan yang menguntungkan berikutnya. Botol keramik diatas dibuat dengan bantuan alat-alat dan bahan baku tanah liat standar hingga tutup pena, gunting, pinset, dan bahkan seutas manik - manik. Lalu Anda bisa memasukkan dan menggoreskan alat apa pun yang bisa di masukkan ke tanah liat. Anda juga bisa membuat model-model yang lain seperti guci, piring, gelas, pas bunga dan banyak lagi produk keramik lainnya. Untuk harga pun beragam, ada yang puluhan hingga jutaan rupiah tergantung dari model, desain dan tingkat kesulitannya.

4. Kerajinan Kain Tenun

menenun kain

Salah satu hasil karya tradisional yang bernilai tinggi dari berbagai daerah di Indonesia yang paling dikenal adalah kain tenun. Selain bisa dijadikan untuk pakaian dan koleksi, kain tenun juga ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Kain tenun yang dibuat langsung dengan tangan (handmade) oleh para pengrajin akan terkesan unik dan langka. Sehingga harga yang ditawarkan pun cukup mahal. Rata-rata pedagang mematok harga 10 juta/potong untuk kain tenun kualitas premium dan 500 ribuan rupiah/potong untuk kain kualitas standar. Sementara untuk produk busana, harganya berkisar antara 1 juta/potong untuk kain kualitas premium dan 400 ribu/potong untuk kain tenun kualitas standar.

5. Kerajinan Kulit

tas kulit


Kerajinan kulit ini tergolong produk yang banyak permintaan dan peminatnya, contohnya saja tas kulit untuk wanita. Untuk brand-brand luar negri yang ternama biasanya membuat tas yang memadukan bahan kulit dan aksesoris sehingga tercipta tas yang mewah dan mahal. Tentunya bagi Anda yang mau menyasar segmen menegah keatas Anda juga bisa mencoba menggunakan teknik yang sama memadukan kerajinan kulit dengan aksesoris emas permata yang indah sehingga akan tercipta produk dalam negri yang juga bisa bersaing dengan produk luar.

Perencanaan Pemasaran Usaha Kerajinan

Dalam perencanaan bisnis kerajinan ini tentu hal yang harus perlu diperhatikan adalah Anda harus menentukan dimana letak posisi yang Anda inginkan, Sebagai pengrajin atau agen/distributor dari hasil kerajinan. Jika posisi Anda sebagai pengrajin dan ingin memasarkan sendiri kerajinan Anda maka hal yang pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencari pembeli yang loyal. Pembeli yang loyal ini akan didapatkan bila memang produk yang dihasilkan memiliki "nilai" seperti manfaatnya, kegunaannya, kualitasnya, dll. Jika produk Anda tidak memiliki nilai maka akan susah mencari pembeli karena tidak ada nilai jual didalam produk Anda. 

Dan yang kedua ketika sudah menemukan pembeli tetap lalu beralih ke pemasaran yang lebih luas, seperti berjualan online. Manfaatkan sosial media seperti instagram dan marketplace seperti tokopedia untuk membantu Anda berjualan. Disamping mudah untuk dilakukan dan yang paling utama adalah gratis. Baca juga: contoh percakapan menawarkan produk.

Begitulah pembahasan tentang peluang usaha produk kerajinan yang menguntungkan. Semoga bisa menginspirasi dan menjadi motivasi untuk berbisnis dan berwirausaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Rincian Modal Toko Sembako Kurang dari 10 Juta

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat