Bentuk Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan

Kerja sama adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sementara itu, kolega berarti karyawan atau rekan kerja sejawat di dalam kantor tersebut, sedangkan pelanggan adalah orang atau organisasi yang berhubungan dengan penggunaan jasa atau barang secara kontinu. Untuk memahami konsep pelanggan secara lebih detail.  

Baca juga: Cara Bersaing dengan Kompetitor Bisnis

Ada tiga macam bentuk kerja sama, yaitu sebagai berikut

Bentuk Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan
  1. Kerja sama dengan pemimpin.  
  2. Kerja sama dengan kolega.  
  3. Kerja sama dengan pelanggan.

1. Kerja Sama dengan Pemimpin  

Suatu kantor atau perusahaan yang terdiri atas beberapa divisi pasti mempunyai pemimpin Begitu pula dengan profesi seseorang di kantor, misalnya, manajer pun memiliki pemimpin. Berkaitan dengan hal ini, peran pemimpin menjadi sangat penting dalam mengembangkan suatu perusahaan atau kantor dan mampu untuk bekerja sama, baik di dalam maupun di luar kantor.  

Bentuk kerja sama pemimpin terbagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut. 

  • Kerja sama horizontal. Kerja sama horizontal merupakan bentuk kerja sama antara pemimpin yang sederajat bersifat koordinatif, berlangsung secara dua arah; dan berada dalam satu tim untuk saling bekerja sama serta saling percaya.
  • Kerja sama vertikal. Kerja sama vertikal merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan antara pemimpin dan bawahan, bersifat patuh dan taat untuk mengikuti perintah, petunjuk, pengarahan serta evaluasi dari pemimpin  

2. Kerja Sama dengan Kolega 

Seorang karyawan tidak dapat bekerja sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya. Oleh karena itu. setiap karyawan harus dapat bekerja sama dengan rekan sejawatnya untuk bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh kantor tersebut. Bentuk kerja sama dengan kolega disebut dengan kerja sama horizontal, yaitu kerja sama yang setingkat atau satu level.

Jenis kerja sama dengan kolega terbagi menjadi dua macam yaitu sebagai berikut.  

  • Kerja sama satu bagian divisi, yaitu rekan kerja yang berada dalam satu bagian yang sama untuk  menyelesaikan suatu jenis pekerjaan yang sama. 
  • Kerja sama lain bagian divisi.  tetap saling berkaitan, yaitu rekan kerja sama yang menyelesaikan pekerjaannya tidak berada di bagian yang sama, tetapi saling berkaitan.

3. Kerja sama dengan pelanggan

 kerja sama dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan pelanggan merupakan aset dan urat nadi bagi kantor. Tanpa adanya pelanggan kantor akan sulit untuk mempertahankan kelangsungan aktivitasnya. Tentu saja, agar tujuan dari sebuah Kantor/perusahaan dapat tercapai, perlu adanya kerja sama yang baik dengan pelanggan.

Jenis kerja sama dengan pelanggan ada tiga macam yaitu sebagai berikut  

  • Kerja sama pelanggan perseorangan. yakni kerja sama yang dilakukan dengan kantor secara pribadi atau perseorangan.  
  • Kerja sama kolektif, yakni kerja sama yang dilakukan dengan kantor secara kelompok Dalam kerja sama ini, biasanya pelanggan tidak mempunyai tempat kantor, atau lembaga  hukum yang resmi.
  • Kerja sama kantoran, yakni kerja sama yang dilakukan kepada pelanggan yang sudah berbadan hukum, misalnya kantor pemerintah atau swasta ataupun perusahaan bisnis.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Bisnis Mainan Anak SD yang Menguntungkan

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya