Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Sebagai pengusaha warung sembako, Anda tentunya harus membuat pembukuan. Pembukuan adalah tugas terpenting yang harus Anda lakukan karena jika tidak melakukan pembukuan, resiko kecurangan bisa terjadi. Untuk itu, Anda harus membuat pembukuan sesuai dengan contoh yang ada di bawah.

Cara Membuat Pembukuan

Pembukuan merupakan proses pencatatan secara teratur dalam sebuah pengumpulan data. Data yang dikumpulkan tersebut meliputi penjualan, pembelian, pendapatan dan pengeluaran. Berikut ini adalah cara untuk membuat pembukuan warung sembako yang mudah untuk Anda lakukan.

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Setiap modal yang Anda keluarkan harus Anda catat dengan baik agar nantinya Anda mengetahui modal yang Anda keluarkan. Selain itu, Anda juga memiliki target return on investment atau balik modal.

Untuk melakukan pencatatan pengeluaran, Anda bisa memulainya dengan transaksi pembelian barang yang kecil hingga barang yang besar. Setelah itu, Anda bisa melakukan pencatatan mengenai barang yang Anda beli sebagai stok untuk warung sembako Anda. Lebih bagus lagi jika Anda masih menyimpan nota pembelian barang untuk stok, karena nota juga bisa menjadi bukti pembelian barang.

2. Membuat Catatan Pemasukan

Selain catatan pengeluaran, Anda tentunya harus mempunyai catatan berapa pemasukan yang didapat untuk warung sembako Anda. Anda bisa mencatat total keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam satu hari. Catatan pemasukan dan pengeluaran harus Anda buat dan bisa menjadi acuan dalam pembuatan pembukuan untuk usaha warung sembako Anda.

Adanya catatan pemasukan dan pengeluaran dapat mempermudah pekerjaan di akhir bulan. Untuk contoh pembukuan warung sembako ini, Anda bisa mencari banyak contohnya di internet. Atau mungkin jika Anda memiliki buku akuntansi, Anda bisa melihat contoh pembukuan warung sembako tersebut di buku akuntansi yang Anda punya.

3. Menulis Stok

Selain pemasukan dan pengeluaran, Anda juga harus menulis stok barang yang ada di warung sembako Anda. Setiap ada barang masuk dan barang keluar dan harus Anda catat setiap harinya. Karena dengan hal itu, Anda bisa mengawasi operasional bisnis Anda setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa melihat berapa jumlah barang masuk dan keluar setiap harinya. Kecurangan yang dilakukan oleh supplier maupun pegawai yang dilakukan juga bisa dikurangi, bahkan bisa dihindari.

Apabila terjadi selisih antara catatan dengan persediaan, tentu hal ini ada kesalahan pencatatan bahkan terjadi kecurangan. Untuk lebih amannya, Anda perlu menyimpan nota setiap Anda melakukan pembelian.

Dalam sebuah perusahaan, penulisan dan penghitungan stok biasanya dilakukan oleh petugas khusus. Akan tetapi, Anda sebagai pengusaha warung sembako juga harus menghitung barang masuk dan keluar.

4. Membuat Buku Laba Rugi

Buku laba rugi adalah salah satu contoh pembukuan yang sederhana dan biasanya terdiri dari pendapatan dan beban perusahaan. Menghitung laba rugi adalah sebuah hal yang tidak sulit untuk Anda lakukan. Laba rugi harus disusun berdasarkan jurnal transaksi yang ada pada catatan penjualan dan pembelian.

Jika Anda memiliki catatan transaksi, selanjutnya Anda tinggal membuat laporan pada buku besar. Kemudian Anda bisa membuat neraca saldo untuk memastikan keseimbangan jumlah kredit dengan jumlah debit.

Jika kedua kolom tidak sama, tentu ada kesalahan dalam mencatat nominal atau peletakan di kolom yang salah. Jika sudah sama, maka laporan laba rugi bisa dibuat.

5. Membuat Catatan Inventaris Barang

Yang terakhir adalah membaut catatan inventaris barang. Adanya catatan ini dapat menjaga stok barang tetap terkendali. Setelah Anda membeli barang, tentunya Anda juga diberikan nota. Dari nota tersebut, Anda bisa salin ke buku inventaris. Bandingkanlah asset yang ada di buku inventaris dengan buku pengeluaran.

Contoh Pembukuan Warung Sembako

Dalam melakukan pembukuan, Anda tidak perlu sempurna dalam membuatnya. Yang paling penting dari pembukuan tersebut adalah mudah dibaca dan dipahami oleh Anda. Dan berikut ini adalah contoh pembukuan warung sembako yang mudah untuk Anda lakukan.

Contoh Pembukuan Warung Sembako

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk