Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Mau buka warung sembako modal 5 juta? Yakin bisa? Mungkin sudah banyak yang menanyakan hal ini karena tidak percaya. Memang sulit, namun sebuah usaha bisa diawali walaupun modal hanya 5 juta atau kurang sekalipun. Tapi jangan membayangkan toko-toko yang ada di kota besar dahulu. Karena ada beberapa aspek yang memang harus diperhatikan.

Cara Membuat Warung Sembako dengan Modal Kurang Lebih 5 Juta

Terkadang keinginan yang dimiliki akan pupus karena modal usaha tidak memumpuni. Namun yang perlu diketahui, semua usaha itu memang harus dirintis dari bawah. Tidak akan bisa bila menginginkan langsung besar. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas bagaimana membuka usaha kecil-kecilan warung sembako modal 5 juta yang bisa dilakukan beserta rincian modal usahanya.

1. Melengkapi Peralatan Toko

Sebenarnya inilah yang harusnya menjadi perhatian. Memang bisa saja hanya memanfaatkan meja bekas yang dicat ulang, namun rasanya akan kurang menarik untuk dilihat. Setidaknya ditambah dengan satu rak kaca ataupun lemari akan memberikan kesan ciri khas sebuah toko sembako. Mungkin estimasi dana yang digunakan untuk peralatan warung sekitar satu juta.

Meja dan rak mungkin bisa dibeli dengan harga kisaran Rp 650.000 – 750.000. Untuk sisa modal uang satu juta bisa dibelikan alat pelengkap lain. Misalnya ember beras, timbangan, plastik, dan lain-lainnya. Barang-barang tersebut tak perlu dibeli baru. Karena dapat disiasati dengan membeli barang bekas di toko-toko online dengan kualitas yang baik.

2. Menyiapkan Barang Dagangan

Nah inilah hal yang paling penting dalam usaha warung sembako. Semua yang sudah dipersiapkan tidak akan ada artinya apabila barang dagangan belum ada. Memanfaatkan sisa uang yang tinggal empat juta rupiah memang kalau dirasa sangat sedikit. Namun tak usah khawatir, karena dana demikian tetap berjalan apabila dapat memanfaatkannya dengan benar.

Bagaimana caranya? Sebenarnya kuncinya adalah tahu barang yang paling diminati oleh konsumen. Sehingga bisa memiliki perputaran paling cepat dan tidak lama bisa mendapat keuntungan. Membuat catatan barang yang paling laku kemudian membeli barang-barang tersebut dengan jumlah yang tidak banyak. Mungkin bisa membatasi dengan membeli belanjaan untuk keperluan 1-2 hari saja.

3. Memilih Tempat Usaha

Memanfaatkan ruangan kosong yang ada di rumah memang solusi yang sangat tepat. Tak usah khawatir dengan jumlah konsumen. Konsumen akan tetap ada, karena warung sembako sangat dibutukan oleh masyarakat. Dan inilah cara menghemat supaya modal tidak keluar banyak. Daripada harus menyewa kios akan membuat dana 5 juta tidak akan cukup.

Terlebih lagi apabila rumah memang berada di tengah pemukiman warga, hal ini akan sangat menguntungkan. Prospek warung sembako memang lumayan, barang-barang pokok banyak dibutuhkan. Dengan begitu usaha ini akan menghasilkan walaupun sedikit demi sedikit.

Mau usaha modal 5 juta di desa? baca juga peluang usaha di desa terpencil dan peluang usaha di desa berkembang

4. Melakukan Promosi

Sebenarnya salah satu tujuan ketika membuka sebuah usaha kecil adalah belajar berbisnis sekaligus mencari keuntungan. Dengan melakukan promosi, keuntungan semakin mudah didapatkan. Caranya tidak sulit, dengan memberikan pelayanan memuaskan secara langsung akan membuat para konsumen berdatangan. Dengan kata lain, promosi tak semata-mata hanya dilakukan dengan iklan, namun pelayanan pun bisa.

5. Mencari Grosir Yang Murah

Dengan memiliki modal yang sangat tipis, tentu saja kulakan barang menjadi penentu untuk mendapatkan keuntungan. Mencari toko-toko grosir yang emang memberikan harga di bawah harga pasar tentu tidak akan memakan modal yang besar. Membuka warung sembako modal 5 juta pun tak jadi mimpi untuk dilakukan.

Contoh Bisnis Toko Kelontong dan Sembako dengan Modal Kurang Lebih 5 Juta

Sebenarnya mengajukan pinjaman modal memang bukan menjadi sesuatu yang dilarang. Namun, akan lebih baik apabila mengunakan uang sendiri supaya tidak susah memikirkan pengembalian. Membuka warung sembako modal 5 juta bisa dengan mudah dilakukan dengan cara-cara di atas. Pemaksimalan pelayanan juga harus dilakukan supaya pelanggan semakin banyak. Dan berikut ini contoh warung sembako dan kelontong dengan modal kurang lebih 5 juta untuk anda jadikan peluang usaha.

Contoh Toko Kelontong dan Sembako dengan Modal Kurang Lebih 5 Juta

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Rincian Modal Toko Sembako Kurang dari 10 Juta

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat