Cara Mudah Dan Praktis Mendulang Emas dari Sampah Elektronik

Sebagaimana yang kita tahu, era milenial seperti sekarang ini, membuat manusia tidak lepas dari yang namanya barang-barang elektronik. Hal ini membuat produksi barang-barang elektronik menjadi besar bahkan cenderung meningkat, sehingga mau tidak mau mengakibatkan peningkatan sampah elektronik yang semakin menggunung.

Namun tahukah anda manfaat dari barang bekas elektronik ini, dibalik sampah elektronik tersebut, nyatanya menyimpan emas yang sangat berharga?

Mendulang Emas dari Sampah Elektronik

Apa yang Dimaksud Sampah Elektronik? 

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya dipahami dulu terkait sampah elektronik yang dimaksud. Secara bahasa arti dari sampah adalah sesuatu barang bekas yang sudah dibuang karena tidak dapat dipakai dan digunakan lagi sehingga menjadi barang rongsokan. Sedangkan elektronik sendiri adalah benda-benda yang proses pembuatannya menggunakan prinsip-prinsip dasar elektronika, contoh dari alat elektronik adalah seperti hp, komputer, laptop dan sebagainya.

Sampah elektronik sendiri berarti setiap alat elektronik, baik itu hp, tv, laptop maupun komputer yang sudah tidak dapat difungsikan lagi sebagaimana mestinya, sehingga terbengkalai atau dibuang.

Meski begitu, ternyata sampah elektronik ini masih dapat dimanfaatkan untuk mendulang uang. Tidak banyak yang tahu bahwa sampah elektronik ini bisa menghasilkan uang dengan cara mengambil emas yang ada di dalam komponen-komponen sampah elektronik tersebut. Ya, sampah elektronik ternyata memiliki unsur emas di dalamnya yang mampu diambil dan dimanfaatkan.

Cara Mendapatkan Emas dari Sampah Elektronik 

Setelah mengetahui definisi sampah elektronik dan mengetahui kalau ternyata terdapat emas yang terkandung di dalam komponen sampah elektronik tersebut, berikutnya mungkin timbul pertanyaan seperti “Lalu, bagaimana cara mendapatkan emas tersebut?” atau “Bagaimana cara mengambil emas dari komponen sampah elektronik dan memisahkannya dari unsur lain? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa simak penjabaran berikut ini.

Sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa emas adalah termasuk konduktor paling baik yang mampu menghantarkan arus listrik dengan sangat baik. Oleh karena itu, jangan heran jika emas dijadikan salah satu unsur yang memiliki peran penting dalam pembuatan alat elektronik.

Ini juga berarti, tidak semua komponen penyusun dari sebuah alat elektronik itu memiliki kandungan emas di dalamnya, sehingga langkah pertama bagi seseorang yang ingin mendapatkan emas dari sampah elektronik adalah ia harus terlebih dahulu memilah dan memilih komponen mana yang mengandung emas. Contoh komponen yang berpotensi mengandung emas adalah IC (IntegratedCircuit) dari sebuah alat elektronik.

Langkah selanjutnya setelah memilih komponen ada beberapa cara, berikut ini merupakan cara yang tergolong sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan ialah asam nitrit, kain parasit dan air raksa. 

Komponen yang berpotensi mengandung emas yang sudah dipilih tersebut dimasukkan kedalam wadah berisi asam nitrit, yang akan menyebabkan cairan yang tadinya bening berubah warna menjadi hijau. Ini disebut proses pelarutan, karena semua unsur dalam komponen akan larut kecuali emas. 

Selanjutnya dilakukan penyaringan dengan cara menuangkan cairan asam nitrit yang telah mengandung emas tadi di atas kain parasit, setelah itu air raksa dituangkan di atas kain parasit yang terdapat serpihan emasnya sambil kain digoyangkan hingga serpihan emas dengan air raksa menyatu. Kemudian peras air raksa sampai yang tersisa adalah serpihan berwarna putih.

Setelah itu lakukanlah proses pembakaran yang mana serpihan warna putih tadi di masukkan kedalam wadah dari tanah liat kemudian dibakar dengan api yang bersuhu tinggi hingga serpihan tersebut melebur menjadi butiran emas.

Terakhir adalah melakukan proses pendinginan, proses pendinginan ini dilakukan dengan cara memasukkan butiran emas yang didapat dari proses pembakaran kedalam air. Setelah selesai, butiran emas kuning telah Anda dapatkan.

Namun tetap ingat bahwa setiap usaha punya kelebihan dan kekurangan, keunggulan dan resikonya masing-masing. Begitupun dengan usaha mendulang emas dari sampah elektronik ini.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk