Cara Berjualan Online Lewat Whatsapp

Cara Berjualan Online Lewat Whatsapp

Berjualan online melalui WhatsApp dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pelanggan baru. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai berjualan online melalui WhatsApp:

Memulai berjualan online melalui WhatsApp

  1. Buat profil bisnis Anda di WhatsApp dengan menambahkan informasi mengenai bisnis Anda, seperti nama bisnis, deskripsi singkat, alamat website, dan kontak.
  2. Tambahkan kontak pelanggan Anda ke daftar kontak bisnis Anda di WhatsApp. Anda dapat menambahkan kontak secara manual atau dengan mengimpor daftar kontak dari aplikasi lain, seperti Google Contacts atau Excel.
  3. Buat daftar produk atau layanan yang ingin Anda jual, dengan menambahkan gambar, deskripsi, dan harga untuk setiap produk atau layanan.
  4. Buat grup WhatsApp dengan pelanggan yang sudah terdaftar sebagai kontak bisnis Anda. Anda dapat menggunakan grup ini untuk mengirim pesan promosi, mengumumkan penawaran khusus, dan menjawab pertanyaan pelanggan.
  5. Manfaatkan fitur pesan broadcast di WhatsApp untuk mengirim pesan ke seluruh kontak bisnis Anda secara bersamaan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengirim pesan promosi atau pemberitahuan penting.
  6. Buat katalog produk atau layanan di WhatsApp dengan menggunakan fitur katalog bisnis. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melihat daftar produk atau layanan yang tersedia dan melakukan pembelian langsung melalui WhatsApp.
  7. Buat link QR atau tautan yang mengarah ke profil bisnis Anda di WhatsApp, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menambahkan Anda sebagai kontak bisnis. Anda dapat membagikan link ini di website atau di media sosial Anda.
  8. Manfaatkan fitur pembayaran di WhatsApp untuk menerima pembayaran dari pelanggan secara online. Fitur ini tersedia di beberapa negara dan dapat mempermudah proses pembayaran bagi pelanggan.

Cara membuat pesan promosi yang menarik melalui WhatsApp

Untuk mengirim pesan promosi yang menarik melalui WhatsApp, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  • Buat pesan yang menarik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menarik. Misalnya, "Hai, kamu suka produk-produk kecantikan yang berkualitas dan aman untuk kulit? Kami punya produk-produk terbaik yang cocok untukmu. Dapatkan diskon spesial hari ini hanya dengan menggunakan kode promo KECANTIKAN2022".
  • Tambahkan gambar atau video yang menunjukkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini akan membantu pelanggan memahami produk atau layanan Anda dengan lebih baik dan memberikan visual yang menarik.
  • Berikan penawaran khusus atau diskon untuk pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda melalui WhatsApp. Ini dapat meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda.
  • Sertakan tautan yang mengarah ke website atau halaman produk Anda. Ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Jangan lupa untuk menambahkan kontak bisnis Anda di pesan promosi Anda, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda jika terdapat pertanyaan atau ingin melakukan pemesanan.

Contoh pesan promosi yang menarik yang dapat Anda kirim melalui WhatsApp adalah:

"Hai, kamu suka produk-produk kecantikan yang berkualitas dan aman untuk kulit? Kami punya produk-produk terbaik yang cocok untukmu. Dapatkan diskon spesial hari ini hanya dengan menggunakan kode promo KECANTIKAN2022. Cek produk-produk kami di [tautan ke website atau halaman produk]. Chat kami di sini [kontak bisnis] untuk informasi lebih lanjut atau untuk melakukan pemesanan."

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai berjualan online melalui WhatsApp dengan efektif dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh WhatsApp, agar Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Bentuk Laporan Keuangan Perusahaan Perorangan yang Sederhana

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya