Strategi Bisnis Mengatasi Masalah Bahan Baku yang Mengalami Kenaikan Harga

Solusi Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku Usaha

Ada beberapa masa ketika inflasi naik sehingga meng akibatkan semua harga ikut naik, termasuk harga bahan baku untuk produksi semua perusahaan. Jika sudah demikian, seringkali pebisnis mengambil keputusan untuk menaikkan harga produk mereka atau mengurangi jumlah bahan baku dengan harga tetap. Itu hal yang wajar untuk dilakukan, tapi bisa jadi kurang tepat.

Baca juga: Cara Merekrut Karyawan yang Tepat dan Berkualitas

Solusi Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku Usaha

Sebenarnya ada cara lain yang beberapa pebisnis pemula tidak tahu untuk menyiasati kenaikan harga bahan baku tersebut. Hal ini terutama sangat efektif untuk bisnis yang berkaitan dengan makanan. 

Caranya, jangan kurangi bahan baku, tapi kurangi volume produk makanan kita. Contoh paling sederhana adalah produk cokelat Beng-Beng. Harganya senantiasa berkisar di sekitar seribu rupiah. 

Padahal harga bahan baku terus naik. Tapi lihatlah ukurannya, sekarang jauh lebih kecil daripada ketika pertama kali mereka meluncurkannya.

Itu adalah cara yang bagus sekali. Semua orang masih mampu membeli, rasanya juga tetap sama karena persentase bumbu tetap. Hanya saja porsinya jadi mengecil. Jadi, perusahaan tetap untung, sementara konsumen tidak keberatan membelinya karena harganya tetap.

Contoh lain adalah dalam hal bisnis buku. Beberapa penerbit mengakali kenaikan bahan baku dengan mengganti kertas yang biasa digunakan. 

Misalnya biasanya menggunakan kertas berukuran tebal, sekarang lebih tipis. Kualitas tulisan tetap sama, begitu juga dengan hasil cetakan, tetapi harga bisa ditekan sehingga bisa lebih murah ketika ditawarkan kepada pasar.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Kurangi porsi makanan Anda, tapi jangan pernah mengurangi bumbunya. 

Dengan begitu, di tengah semua produk pesaing yang mengalami kenaikan harga, kita akan menjadi pemimpin pasar karena rasa dan harga sama sekali tidak berubah. Untuk bisnis lain juga pasti ada caranya dengan metode serupa. Anda hanya harus menemukannya.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

54 Ide Peluang Usaha Jasa yang Unik, Kreatif, Inovatif, Menguntungkan, dan Tanpa Modal

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

7 Tips Mencari Inspirasi Nama Merek Supaya Cepat Ngetop

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli