Langsung ke konten utama

Omzet Naik, Tapi Bisnis Tidak Berkembang? Ini Penyebabnya

Penyebab bisnis tidak berkembang

Jika sampai terjadi omzet naik tapi bisnis tetap tidak berkembang dan tidak memiliki tabungan atau sisa keuntungan setiap bulannya, berarti ada yang salah dalam mengelola keuangan. 

Kalau sudah begitu, seberapa pun besarnya keuntungan tiap bulan, jika tidak dikelola baik, bisnis tersebut akan tetap tidak akan ke mana-mana dan tidak memiliki modal tersimpan sebagai tabungan investasi.

Bisnis juga bukan hanya tentang berlomba meraih omzet, tetapi juga mengelola keuangannya. 

Baca juga: Cara Menentukan Budget Operasional Pengeluaran untuk Karyawan

Cara membuat bisnis anda berkembang pesat

Kuncinya untuk itu ada pada disiplin anggaran. Ini yang sering dilupakan oleh para pebisnis pemula.

Anda, sebagai pebisnis, harus menyisihkan sekian persen keuntungan untuk dikumpulkan agar kelak bisa digunakan berinvestasi maupun berekspansi. 

Tentukan persentase dari awal, berapa pun itu. Awalnya mungkin 10-30%, lalu terus naik jika keuntungan juga naik.

Jangan gunakan tabungan itu untuk alasan apa pun. 

Itu adalah masa depan Anda. Belajarlah untuk mematuhi budget yang sudah dibuat. Jadi, jika memang uang itu direncanakan untuk ditabung, jangan diambil sama sekali sampai waktunya untuk digunakan datang. 

Untuk keperluan lain, Anda bisa membuat budget-nya dari awal, yang penting tidak mengganggu budget lain yang sudah direncanakan.

Mengelola keuangan itu penting jika Anda ingin berkembang dan menambah besar saluran pundi-pundi keuangan Anda. 

Seberapapun pendapatan Anda, jika pengeluarannya sama besar, tetap saja habis. 

Akan tetapi, kalau bisa menyisihkannya untuk berinvestasi demi masa depan, percaya atau tidak, meski kesenangan Anda tertunda karena tidak bisa membeli apa yang Anda inginkan, di masa depan nanti Anda akan bisa mendapatkan berkali lipat dari apa yang ingin Anda beli sekarang tapi Anda berani menundanya.

Jadi, disiplinlah pada keuangan bisnis Anda. Menabunglah untuk masa depan perkembangan dan investasi Anda karena tidak ada cara lain agar bisnis Anda bisa berkembang di masa depan selain disiplin pada anggaran. 

Kalau Anda tidak bisa melakukannya, lebih baik Anda berhenti menjadi pebisnis sekarang juga dan kembalilah menjadi karyawan yang pendapatannya tetap sehingga mudah mengelolanya. 

Pendapatan bisnis tidak tetap dan berubah. Jika tidak mampu mengelolanya, Anda akan membangkrutkan bisnis Anda sendiri.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved