Bagaimana Cara Mencari Relasi Bisnis?

Bagaimana Cara Mencari Relasi Bisnis?

Hampir tidak ada pebisnis yang berjuang sendirian tanpa peran jaringan. Siapa yang menguasai pasar, dialah yang menguasai bisnis.

Jadi, jangan pernah memasuki bisnis jika Anda tidak mau bersosialisasi karena membangun jaringan dan relasi adalah salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan bisnis. Sebesar apa pun modal Anda, Anda tidak akan mampu bertahan sendirian tanpa membangun relasi dan jaringan.

Baca juga: Jumlah Modal yang Paling Aman untuk Berbisnis

Cara mendapatkan relasi yang banyak/networking

Anda harus belajar untuk bersosialisasi, terutama dengan pebisnis lainnya. Jika tidak, Anda akan miskin informasi pada apa pun yang terjadi pada perkembangan bisnis. 

Kalau itu terjadi, Anda akan terlambat dalam merancang strategi ketika sesuatu terjadi. Jadi, relasi bukan hanya tentang bekerja sama, tapi juga berbagi informasi.

Meski persaingan tetap terjadi, para pebisnis akan melakukan nya dengan sehat. Di luar, mereka tetap berbagi informasi dengan apa yang terjadi yang memiliki pengaruh pada bisnis mereka dan Anda. 

Terutama berkaitan dengan ancaman, misalnya peraturan pemerintah yang baru, impor produk sama yang lebih murah dari produk lokal, dan lain sebagainya. Dengan berbagi informasi seperti itu, di kemudian hari mereka bisa membuat merancang strategi bersama untuk menghadapinya.

Bisnis adalah juga tentang saling menolong dan berkeluarga. Jadi, jangan segan untuk menanam investasi untuk menolong bisnis lain. 

Siapa tahu pada suatu saat, kita juga membutuhkan pertolongan dan bisa bekerja sama dengan mereka. Lagipula, seringkali hanya karena berniat menolong dengan melakukan investasi, malah berujung keuntungan yang besar juga pada akhirnya.

Sayangnya, beberapa pebisnis menjalin relasi hanya dengan pebisnis lain yang lebih maju dan menghindari pebisnis yang eksistensinya kurang. Padahal bisa jadi kondisi bisnis seseorang pada masa sekarang tidak bagus, tapi di masa depan sanggup menyalip bisnis lain. 

Tentu saja yang menjalin relasi dengan mereka sejak awalah yang akan mendapat keuntungan dari relasi yang dibangun.

Jadi, jangan pilih-pilih dalam membangun relasi. Kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Siapa tahu pebisnis yang kita anggap remeh sekarang, malah menjadi pemimpin pasar lima atau sepuluh tahun lagi.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk