Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis

Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis

Walaupun memulai sebuah bisnis harus dilakukan secepat nya, bukan berarti tanpa ada pertimbangan. Tetap harus ada pertimbangan. Melakukan sesuatu dengan persiapan hasilnya akan berbeda jauh.

Apa saja yang harus dipertimbangkan sehingga dalam memulai dan melaksanakan tidak terlalu berisiko mengalami kerugian bahkan kebangkrutan?

Baca juga: Bisnis apa yang bagus untuk jangka panjang?

Modal tentu saja menjadi satu yang utama. Tidak harus berjumlah besar karena tiap bisnis juga memiliki tingkat besar kecil. Jadi, banyak juga modal yang bukan berupa uang dalam jumlah besar. Meski demikian, semakin banyak modal uang, tentu saja semakin bagus. Sebagai catatan, modal harus sesuai dengan budget yang sudah direncanakan, kalau bisa kalikan tiga. 

Oleh karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, seperti kenaikan harga, biaya promosi, mengurus perizinan, pajak, bahan baku yang bisa tiba-tiba menjadi langka, dan lain-lain. Jadi, dengan menyediakan modal yang lebih banyak, itu bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika ternyata ada biaya lain yang belum dihitung atau ada kenaikan harga dari barang-barang yang kita butuhkan.

Survei pasar. Ini tidak kalah penting. ngan pernah memulai usaha tanpa melakukan survei pasar terlebih dahulu. Kalau bisnisnya hanya kecil, seperti berjualan pulsa, tentu saja survei pasarnya juga dalam skala kecil. Akan tetapi, kalau bisnisnya membuka restoran atau hotel, surveinya juga lebih detail seperti lokasi, saingan, tempat-tempat dekat lokasi, daya jangkau masyarakat, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal lain yang harus menjadi pertimbangan, tetapi modal dan survei pasar adalah dua yang paling utama. Lalu, bisa dilanjutkan dengan pertimbangan tenaga kerja, kerja sama, promosi, dan lain sebagainya.

Jangan lupa, kalau bisa, bukalah bisnis Anda secepatnya. Persiapan dan pertimbangan bisnis memang penting, tetapi kalau tidak ada eksekusi sama sekali untuk membuka bisnis tersebut, sama saja Anda rugi waktu, uang, tenaga, dan pikiran. Melakukan perencanaan, persiapan, sampai mempertimbangkan berbagai hal, kalau tidak dilaksanakan, sama saja tidak ada gunanya sama sekali. Buang-buang waktu saja.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Industri Kreatif: Pengertian, Contoh, Manfaat, Konsep dan Perkembangannya