Langsung ke konten utama

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

Konsep A3 dari Pelayanan Prima

Jelaskan secara singkat konsep A3 dari pelayanan prima! Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan produsen/penjual untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang harmonis dan langgeng dengan para pelanggan. Salah satunya adalah dengan melakukan pelayanan prima berdasarkan konsep A-3, yaitu sikap (attitude), perhatian (attention), dan tindakan (action).

Baca juga: Cara memberikan pelayanan yang terbaik

Jelasankan Secara Singkat Konsep A3 dari Pelayanan Prima!

1. Pelayanan prima berdasarkan konsep sikap (attitude)

Sikap karyawan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Dalam dunia bisnis, sikap karyawan menunjukkan kepribadian seseorang dan citra perusahaan. Ini karena pelanggan akan menilai perusahaan dari kesan pertama ketika berhubungan dengan orang
orang (karyawan) yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

Sikap yang perlu dimiliki oleh karyawan berdasarkan konsep pelayanan prima adalah  sebagai berikut.  

  • Rasa memiliki (sense of belonging terhadap perusahaan.  
  • Rasa kebanggaan terhadap pekerjaan.  
  • Loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan. 
  • Ingin menjaga martabat dan nama baik perusahaan. 

Berikut ini adalah beberapa pengertian sikap  

  • Sikap merupakan cerminan perilaku seseorang ketika berhadapan dengan orang lain karena sikap berkaitan dengan suatu kondisi yang ada di dalam diri seseorang. 
  • Sikap merupakan ekspresi suasana hati seseorang kepada orang lain.  
  • Sikap merupakan kumpulan perasaan, keyakinan, dan kecenderungan perilaku secara relatif berlangsung lama yang ditujukan kepada orang, ide, objek atau kelompok orang orang tertentu.

Sikap terdiri dari tiga aspek adalah sebagai berikut.  

  • Keyakinan (aspek kognitif), merupakan apa yang dipikirkan dan diyakini seseorang mengenai suatu objek sikap. Apa yang dipikirkan dan diyakini tersebut belum tentu benar. Dalam hal ini, aspek keyakinan yang positif akan menumbuhkan sikap positif, sedangkan  aspek keyakinan yang negatif akan menumbuhkan sikap negatif. 
  • Perasaan (aspek afektif), merupakan cerminan dari perasaan senang atau tidak senang  seseorang terhadap suatu objek. 
  • Perilaku (aspek konotatif), merupakan kecenderungan seseorang mendekati suatu objek jika ia menyenangi objek tersebut.
Berdasarkan konsep sikap, untuk mewujudkan pelayanan prima kepada pelanggan perlu  memperlihatkan kemampuan diri dan penampilan seseorang atau kelompok secara optimal.

2. Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian (attention)  

Perhatian atau atensi adalah sikap yang menunjukkan kepedulian atau minat seseorang terhadap sesuatu, biasanya muncul dari ketertarikan dan dorongan hati karena pengaruh situasi yang dihadapinya.  Jadi konsep perhatian dalam pelayanan prima adalah semua aktivitas karyawan yang berkaitan dengan upaya mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, mengamati perilaku pelanggan, serta mencurahkan perhatian sepenuhnya kepada pelanggan.  Ruang lingkup konsep perhatian mencakup 3 hal, yaitu listening (mendengarkan dan memahami), observing (mengamati), dan thinking (berpikir dan mengira). Biasanya disingkat LOT (Listening, Observing, dan Thinking).

3. Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action)  

Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan merupakan rangkaian perbuatan nyata yang dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka meyakinkan pelanggan.

Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, sehingga harapan pelanggan dapat tercapai. Untuk dapat melakukan tindakan nyata, beberapa konsep tindakan pelayanan bagi pelanggan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. 
  • Mencatat pesanan pelanggan
  • Mencatat kebutuhan pelanggan
  • Menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
  • Mewujudkan kebutuhan pelanggan
  • Memberikan layanan purnajual (after sales servis)
  • Mengucapkan terima kasih dengan harapan pelanggan akan kembali. 

Begitulah penjelasan secara singkat konsep A3 dari pelayanan prima!. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Dan jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada yang membutuhkan, Terimakasih.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved