Usaha Budidaya Merpati Hias yang Cepat dan Menguntungkan

Budidaya Merpati Hias

Cara budidaya Merpati Hias yang cepat dan menguntungkan menurut sebagian orang mengelola peternakan merpati hias merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak bisa dipungkiri banyak kalangan ingin membudidayakan merpati hias ini dikarenakan harga burung merpati hias yang fantastis bahkan mampu menyentuh 20jt per ekornya.

Baru-baru ini burung merpati hias jenis Merpati kipas sedang booming dan banyak diminati oleh pegiat merpati hias, hal ini tidak lain juga dikarenakan oleh harga burung ini yang saat tinggi sehingga dapat menjadi lahan bisnis untuk beberapa orang.

Nah dalam artikel kali ini, saya akan membagikan tips untuk anda Memulai Usaha Budidaya Merpati Hias yang Baik. Budidaya Merpati Hias sebetulnya sangat mudah karena burung merpati hias ini mudah sekali perawatannya dan tidak memakan waktu yang banyak, Untuk memulainya anda harus tahu dulu mulai dari Sistem kendang, Makanan, peralatan yang diperlukan, dan perawatannya.

Baca juga: Peluang usaha ternak

Budidaya Merpati Hias

Sistem Kandang Pembudidayaan Merpati Hias. Untuk pertama-tama mari kita bahas mengenai beberapa sistem kandang untuk proses pembudidayaan merpati hias ini, yaitu :

  1. Sistem Kandang Koloni. Sistem kandang koloni ini merupakan sistem kandang yang besar, sehingga semua merpati hias dapat dijadikan menjadi satu, dengan sistem kandang koloni seperti ini perawatan merpati hias akan lebih cepat tidak terlalu lama memakan waktu.
  2. Sistem Umbaran. Sistem umbaran ini yaitu dimana Merpati Hias akan dilepas dialam terbuka atau biasa juga disebut dengan liaran. Dengan sistem ini proses pembudidayaan akan lebih murah karena heman dipakan dan efisien dalam waktu dan tenaga.
  3. Sistem Baterai Polier. Sistem kandang baterai Polier ini yaitu sitem kandang tertutup dan dibuatkan untuk sepasang merpati hias saja. Keunggulan menggunakan sistem Kandang baterai ini yaitu lebih hemat tempat karena bisa disusun, dan lebih terkontrol bila merpati mengalami sakit.

Pakan Merpati Hias

Untuk pakan yang diberikan kepada merpati hias sebenarnya sangat sederhana yakni hanya diberi pakan jagung saja, akan tetapi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk proses pertumbuhannya dan proses bereproduksi si merpati hias ini sebaiknya diberikan makanan yang mengandung banyak vitamin. Kami sarankan pakan yang bagus dengan campuran seperti ini Jagung gilingan, Beras Merah, Milet Putih, Kacang Ijo, Konsentrat dengan komposisi bahan 1:1 semua.

Peralatan Penunjang Proses Budidaya Siapkan beberapa peralatan untuk proses pembudidayaan merpati hias ini, peralatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Wadah Anti Tumpah dan Wadah Minum. Pakan merpati hias perlu ditempatkan dalam wadah yang anti tumpah, air minum juga jangan sampai tumpah, agar pakan serta minuman tidak meninggalkan sisa karena bisa menambah kotor kendang/ polier merpati hias.
  2. Wadah Tarangan untuk Angkrem. Wadah tarangan diperlukan untuk angrem telur merpati yang selanjutnya akan melindungi piyek merpati hias hingga dewasa, merpati akan bereproduksi/ berkembang biak dengan lancer.
  3. Sekop tangan untuk membersihkan kotoran. Kebersihan kendang juga perlu diperhatikan agar terhindar dari bakteri atau virus, peralatan sederhana contohnya sapu lidi, sekop tangan.
  4. Kandang polier untuk Idukan. Kandang polier untuk indukan diupayakan terpisah dengan piyekan, kandang untuk indukan khusus agar bisa berkembang biak dengan lancar tidak terganggu dengan piyekan. Kandang piyekan terpisah untuk memberi ruang tumbuh besar.

Perawatan Merpati Hias

  • Untuk perawatan kebersihan kandang, kesehatan merpati hias harus tetap dijaga, Kesehatan merpati hias juga tergantung akan kebersihan kandang. Kesehatan merpati hias akan terjaga jika kandangnya juga bersih. Berikut tips untuk anda menjaga kebersihan kandang yaitu :
  • Dijadwalkan rutin semisal seminggu sekali untuk membersihkan kandang dari kotoran, sisa-sisa pakan dan juga bulu. Supaya kuman atau bakteri tidak mudah berkembang biak.
  • Semprot kandang merpati hias dengan disinfektan seminggu sekali, agar kandang tetap steril dan juga terbebas dari virus maupun kuman penyebab penyakit, bisa juga semprotkan ke merpati hias langsung asal jangan terlalu banyak.
  • Posisikan kandang agar terkena sinar matahari secara langsung saat pagi hari agar si merpati dapat pancaran sinar matahari yang cukup. Selain itu usahakan kandang tidak kena angin secara langsung.
  • Beri lampu pada kandang supaya pada malam hari bisa menerangi aktifitas si merpati hias anda, karena merpati juga beraktifitas pada malam hari.
  • Berikan jamu merpati untuk menambah stamina, menambah keket giring, menambah birahi, nafas lebih panjang, stut tambah berani, tambah mental dalam berlomba.

Demikianlah penjelasan mengenai tips memulai budidaya merpati hias yang baik dan benar. Semoga artikel dari saya ini dapat membantu para pegiat merpati ataupun masyarakat yang akan membudidayakan Merpati Hias ini.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Industri Kreatif: Pengertian, Contoh, Manfaat, Konsep dan Perkembangannya

3 Keuntungan dan Kelemahan dalam Memilih Tenaga Kerja yang Tidak Terlatih

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya