25 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan dengan Modal Kecil Untung Besar

Ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan

Seringkali perempuan berpikir terlalu rumit dan muluk muluk untuk memulai bisnis. Mau buka rumah makan misalnya, dengan anggaran mepet belum-belum sudah berpikir untuk menyewa ruko, membeli peralatan memasak, cari pegawai, harus beli ini, harus bikin itu. Tentu saja kita semua menginginkan sebuah usaha yang professional atau mendekati sempurna. Namun jika anggaran yang kita miliki pas-pasan, tak usah berencana yang muluk-muluk. Berfikirlah bagaimana bisnis bisa dimulai dengan anggaran sesuai yang kita miliki. Ini akan lebih membuat kita segera 'take action', nggak usah kebanyakan berencana.

Cermati semua yang Anda miliki. Kalau perlu catatlah. Anda akan menyadari bahwa ternyata Anda memiliki banyak hal. Mulai dari tubuh yang sehat, ilmu atau ketrampilan, tempat tinggal meskipun sebatas menyewa hingga perabotan rumah yang tak mungkin Anda sebut satu per satu. Tapi ada satu yang belum tentu Anda miliki, yaitu kemauan. Hanya dengan kemauan, apa pun yang Anda miliki saat ini dapat menjadi modal untuk membangun kerajaan bisnis Anda. Jadilah perempuan kreatif dengan memulai dari apa pun yang Anda miliki.

Ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal kecil untung besar

Berikut contoh-contoh pemanfaatan hal hal sederhana untuk memulai bisnis:
  • Ruangan atau kamar kosong. Jika Anda memiliki rumah yang lumayan besar dengan kamar yang lebih dari cukup, ada baiknya sisa ruangan atau kamar itu disewakan. Jika kamar itu letaknya di belakang, Anda bisa menyiasatinya dengan memberi akses keluar masuk lewat samping rumah. Jika pintu kamar yang akan disewakan berhadapan langsung dengan ruang keluarga, Anda bisa menutup pintu itu dan membuat pintu di sisi lain yang tidak mengganggu privasi keluarga Anda. 
  • Halaman kosong. Jika Anda memiliki halaman depan yang luas dan tak ingin mendirikan bangunan permanen di atasnya, ada baiknya halaman itu digunakan untuk membuka bisnis tanaman hias atau sentra pembibitan tanaman buah. Anda juga bisa bekerja sama dengan teman yang ahli dalam pembuatan taman. Sehingga selain menyediakan tanaman, Anda juga menawarkan jasa pembuatan dan perawatan taman. Jika koleksi tanaman Anda unik dan langka, Anda juga bisa membuka rental tanaman hias, Selain untuk bisnis tanaman hias, halaman kosong juga bisa digunakan untuk bisnis cuci mobil, motor dan karpet. Tentu saja Anda perlu mengubahnya menjadi semi permanen, misalnya dengan menyemen dan memberi atap. Namun ruang cuci ini bisa didesain sesederhana mungkin sesuai dengan kocek yang dimiliki.
  • Garasi kosong. Garasi kosong adalah tempat yang sangat fleksibel. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam bisnis. Yang paling sering adalah dimanfaatkan untuk membuka warung kelontong, warung makan, warung sembako atau isi ulang pulsa.
  • Dapur dan peralatan memasak. Jika Anda perempuan yang gemar bereksplorasi dalam menu masakan, jangan sia-siakan dapur dan peralatan memasak yang Anda miliki. Manfaatkanlah untuk memulai bisnis kuliner sesuai keahlian dan keinginan Anda. Cari menu baru yang membuat orang penasaran ingin mencicipi. Dika Anda pintar membuat bakso misalnya. Anda tak harus menjual bakso. Anda bisa menginformasikan di media cetak atau radio bahwa Anda akan mengadakan pelatihan membuat bakso, lengkap dengan kuah dan pendampingnya. Tentukan hari, jam, tempat juga tarifnya. Gunakan dapur Anda sebagai tempat prakteknya. Mudah kan? Anda tak perlu susah-susah keluar rumah, mereka yang ingin bisa membuat bakso akan datang sendiri dan membayar keahlian Anda. Semakin banyak jenis makanan yang Anda kuasai, semakin banyak pula orang yang dating pada Anda. Suatu saat Anda pun bisa mendirikan sekolah kuliner. 
  • Mesin cuci dan setrika. Sudah bisa ditebak, peralatan ini bisa untuk membuka bisnis laundry Laundry-laundy yang menjamur saat ini, sudah banyak yang memiliki fasilitas lengkap dan canggih. Jika Anda ingin tetap membuka bisnis laundry namun dengan hanya menggunakan mesin cuci dan setrika, maka sebaiknya Anda mencari lokasi yang belum banyak berdiri usaha laundry. Jika nanti bisnis laundry Anda berkembang, Anda bisa menambahkan dengan mesin pengering dan fasilitas lain.
  • Mesin jahit. Kadang nenek atau ibu mewariskan mesin jahit untuk anak perempuannya. Tapi perempuan jaman sekarang banyak yang tidak suka menjahit. Akhirnya mesin jahit tua milik nenek atau ibu hanya menganggur. Jika Anda perempuan yang bisa menjahit, jangan sia-siakan mesin jahit yang ada meskipun sudah tua. Anda bisa membuka bisnis modiste, aksesoris, jilbab, mukena, dan lain-lain. Anda bisa menukar mesin jahit tua dengan yang baru jika nanti bisnis mulai berkembang.
  • Blender. Sudah banyak yang memanfaatkan blender untuk membuka usaha jus buah. Jika Anda juga ingin membuka usaha jus buah, buatlah konsep yang berbeda dengan yang sudah ada. Misalnya, sediakan beberapa set meja kursi minimalis, sehingga konsumen tidak hanya membeli secara take away, tapi bisa sambil duduk dan ngobrol. Sedangkan untuk menu jus buah, buatlah yang variatif, tidak hanya buah diblender, tapi gunakan bahan lain untuk mempercantik penampilan.
  • Buku-buku bacaan. Jika keluarga Anda gemar membaca, tentu di rumah Anda banyak tersimpan buku bacaan. Apalagi jika anak anak Anda penggila komik dan novel. Kumpulkan buku buku tersebut, bagi sesuai isi bacaan dan sewakan. Anda perlu menambah fasilitas tempat membaca yang nyaman, sehingga selain tempat menyewa buku juga menjadi perpustakaan. Lengkapi perpustakaan dengan koleksi buku terbaru dan best seller. Anda bisa memasang tarif tertentu untuk pengunjung yang ingin menikmati fasilitas perpustakaan. Jika koleksi buku keluarga Anda kurang lengkap, Anda bisa menghubungi distributor atau penerbit untuk memperoleh buku-buku baru dengan harga miring.

Berikut ini 25 ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal kecil untung besar

  1. Rumah makan
  2. Catering
  3. Toko makanan kecil, snack dan minuman
  4. Produsen kue dan jajanan pasar
  5. Produsen keripik dan rempeyek
  6. Warung tenda
  7. Kursus memasak
  8. Gorengan Plus
  9. Mr. Potato
  10. Dunia Buah
  11. Bimbingan Belajar
  12. Kursus Bahasa Asing
  13. Taman Bermain
  14. Taman Kanak-kanak
  15. Les Privat Komputer Anak-anak
  16. Salon Keluarga
  17. Salon Anak-anak
  18. Salon Muslimah
  19. Perawatan Tubuh
  20. Desain Grafis
  21. Desain Web 
  22. Butik Muslim
  23. Retailer Baju
  24. Kado dan Parsel Aneka Momen
  25. Aksesori Wanita dan Remaja
Jika suami Anda berprofesi kantoran, maka pilihan Anda untuk menjadi business woman sudah sangat tepat. Anda bisa menyeimbangkan jadwal bisnis Anda dengan jadwal kantor suami Anda. Bayangkan jika Anda berdua sama-sama kerja di dua kantor yang berbeda. Mungkin sulit untuk mengompromikan jadwal ketika harus mendampingi anak dalam acara-acara penting di sekolah Bicarakan dan mintalah dukungan suami Anda pada saat Anda berencana membuka usaha. Yakinkan suami Anda bahwa dengan berbisnis, Anda tetap bisa menjalankan peran sebagai istri dan ibu yang baik bagi anak-anak. Jika dari awal suami sudah bilang OK, maka saat Anda mengalami kesulitan dalam berbisnis, yakinlah suami Anda akan menjadi partner terdekat dan terbaik Anda.

Suatu saat jika bisnis Anda berkembang dan Anda memiliki penghasilan lebih besar dari suami, tetaplah Anda menghormati dan menghargai sang suami. Anda patut berterima kasih padanya karena telah memberikan kesempatan dan dukungan pada Anda untuk bruntusan dan mengembangkan bisnis.

Dengan membina hubungan yang romantis dengan suami, sebenarnya Anda sedang memudahkan diri Anda sendiri. Suatu saat jika Anda harus melakukan kegiatan bisnis mendadak, pembantu sedang pulang suami pun tak kan keberatan menggantikan Anda menyuapi anak-anak, mencuci piring atau mengurus baju-baju kotor. Dia akan melakukannya dengan senang hati karena yakin bahwa Anda adalah istri yang sayang dan hormat pada suami, bukan istri yang sombong karena bisnisnya melejit.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Industri Kreatif: Pengertian, Contoh, Manfaat, Konsep dan Perkembangannya

3 Keuntungan dan Kelemahan dalam Memilih Tenaga Kerja yang Tidak Terlatih

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya