Prinsip Pemasaran Gerilya yang Ampuh dan Efektif untuk Membantu Pemilik Usaha

Agar dapat menjadi seorang pemasar gerilya yang sukses, manajer harus seinovatif mungkin dalam mengembangkan strategi pemasaran ketika menciptakan ide produk dan jasa yang baru. Ingat kembali bahwa teknik pemasaran gerilya berbiaya rendah namun membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk mengalahkan pesaing.

12 prinsip pemasaran gerilya untuk membantu para pemilik usaha dalam menciptakan strategi pemasaran yang sangat ampuh dan efektif

Berikut adalah 12 prinsip pemasaran gerilya untuk membantu para pemilik usaha dalam menciptakan strategi pemasaran yang sangat ampuh dan efektif:

1. Menemukan Ceruk Pasar dan Mengisinya

Banyak perusahaan kecil yang sukses karena memilih ceruk pasar secara cermat dan mempertahankannya secara serius, serta tidak memilih untuk bersaing secara langsung dengan pesaing besarnya. Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan kecil memaksimalkan keunggulan ukuran kecilnya dan dapat bersaing secara efektif, bahkan dalam industri yang didominasi oleh para perusahaan raksasa dengan cara melayani pelanggan sasarannya secara lebih baik dibanding pesaingnya.

2. Jangan Hanya Menjual, tetapi Menghibur

Konsep pemasaran yang didesain untuk menarik pelanggan ke dalam area penjualan dengan menciptakan serangkaian pemandangan, bunyi (musik atau lagu), aroma wewangian, dan aktivitas atau pertunjukkan (demo) yang menarik dan memikat, seluruhnya harus dirancang secara efektif untuk menghibur dan menjual.

3. Berusaha Keras Untuk Menjadi Unik

Salah satu teknik dalam pemasaran gerilya yang juga efektif adalah dengan menciptakan kesan unik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan Anda. Perusahaan dapat mencapai tempat yang unik dalam pasar melalui berbagai macam cara, termasuk melalui produk dan jasa yang mereka tawarkan, iklan dan promosi yang dilakukan, tata ruang yang mereka rancang, dan melalui strategi bisnis yang mereka terapkan.

4. Berhubungan Dengan Pelanggan Pada Tingkat Emosi 

Menciptakan identitas perusahaan yang tetap tinggal di hati pelanggan merupakan strategi untuk membuat keterikatan emosional dengan pelanggan. Perusahaan yang membina hubungan secara mendalam dengan pelanggan, yang tidak hanya mendasarkan hubungan pada penjualan semata memiliki kapasitas sebagai pemasar gerilya yang luar biasa.

5. Menciptakan Identitas Perusahaan Melalui Merek

Salah satu cara yang paling efektif untuk membedakan bisnis perusahaan dari pesaing adalah dengan menciptakan sebuah identitas yang unik melalui merek. Meskipun perusahaan mungkin tidak memiliki sumber daya untuk membangun nama merek yang begitu dikenal seperti Coca-Cola, namun para manajer dapat sukses membangun suatu identitas merek bagi perusahaan mereka dalam skala yang lebih kecil di pasar yang mereka layani.

6. Membuat Blog

Blog adalah jurnal online yang selalu diperbaharui dan berisi berbagai ide pembuatnya mengenai berbagai macam topik serta link ke berbagai situs. Blog dapat menjadi bagian yang efektif dari sebuah strategi pemasaran gerilya, dimana memungkinkan pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan sejumlah besar pelanggan secara efisien. Blog-blog yang menarik perhatian para pelanggan dan calon pelanggan dapat meningkatkan keterlihatan/keberadaan dan penjualan perusahaan. Banyak perusahaan yang mendaftarkan blog mereka dan mempromosikannya di berbagai situs Web, serta kemudian mengamati para pengunjungnya memasukkan berbagai pendapat dan mengirim berbagai e-mail ke teman-teman mereka mengenai blog tersebut.

Blog dapat memfasilitasi banyak tujuan bisnis, termasuk membuat para pelanggan dapat tetap memperoleh informasi terkini mengenai berbagai produk baru, meningkatkan layanan pelanggan, dan mempromosikan perusahaan. Kini, blog semakin banyak difungsikan dalam berbagai situs Web perusahaan. Blog juga dapat memberikan informasi kepada pemilik bisnis mengenai berbagai preferensi pelanggan.

7. Fokus Pada Pelanggan

Perusahaan harus sepenuhnya memusatkan perhatian kepada para pelanggan dengan cara yang luar biasa. Perusahan harus menyadari bahwa segala sesuatu yang ada dalam perusahaan sangat bergantung kepada kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, perhatikanlah pelanggan dan binalah hubungan dengannya.

Pelanggan akan berhenti berlangganan di toko yang karyawannya memperlakukan buruk mereka. Pelanggan yang kecewa tidak pernah mengeluh tentang pelayanan yang buruk, tetapi tidak akan pernah membeli dari perusahaan itu lagi. Pelanggan yang kecewa akan menceritakan pengalaman buruknya kepada orang lain.

8. Fokus pada Kualitas

Dalam lingkungan persaingan global yang semakin ketat, kualitas merupakan syarat utama untuk meraih sukses, bahkan untuk dapat bertahan. Iklan dan promosi yang hebat sekalipun tidak akan berarti apa-apa tanpa produk yang berkualitas.

Pelanggan senantiasa mengharapkan produk dan jasa yang berkualitas. Oleh sebab itu, (dewasa ini) kualitas bukan lagi sekedar slogan melainkan menjadi tujuan strategis perusahaan dalam rangka memperoleh keunggulan bersaing yang sesungguhnya. Filosofi ini dikenal sebagai Total Quality Management, dimana perusahaan secara terus-menerus melakukan perbaikan terhadap kualitas yang diberikan kepada pelanggan.

9. Perhatikan Kemudahan dan Kenyamanan Pelanggan 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelanggan menempatkan kemudahan dalam memperoleh barang dan jasa sebagai kriteria teratas dalam membeli. Sayangnya, hanya sedikit perusahaan yang memberikan tingkat kenyamanan yang memadai, sehingga mereka gagal dalam menarik dan mempertahankan pelanggannya.

Jam buka toko yang terbatas, prosedur yang rumit untuk proses penukaran dan pengembalian barang, dan waktu menunggu yang terlalu lama untuk mendapatkan produk perusahaan merupakan beberapa contoh yang dapat menggangu kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbisnis dengan perusahaan. Perusahaan yang sukses harus melakukan segala upaya agar para pelanggan dijamin mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbisnis dengan mereka.

10. Konsentrasi pada Inovasi

Di era globalisasi dewasa ini, inovasi menjadi kunci bagi keberhasilan perusahaan. Pasar berubah dengan pesatnya dan pesaing bergerak terlalu cepat sehingga perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi

agar dapat tetap memiliki keunggulan bersaing. Jangan pernah berhenti berinovasi. Inovasi merupakan salah satu kekuatan terbesar perusahaan. Mengembangkan kreativitas secara terus-menerus dapat membuat perusahaan tetap terus eksis dan menguntungkan. Kedekatan perusahaan dengan pelanggan memungkinkan bagi perusahaan untuk mengetahui adanya perubahan pada pasar, dan mengantisipasi trennya sesegera mungkin.

11. Dedikasi pada Layanan dan Kepuasan Pelanggan 

Pelanggan yang mengalami layanan yang negatif dari perusahaan akan segera mengalihkan perhatiannya ke perusahaan lain. Perusahaan perlu menyadari bahwa layanan yang luar biasa sesuai dengan kebutuhan pelanggan merupakan senjata strategis yang ampuh.

Cara yang paling murah dan paling efektif untuk mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan melalui layanan pribadi yang ramah. Berbagai hasil survei mengenai pelanggan di sejumlah industri menyimpulkan bahwa elemen yang paling penting dalam pelayanan adalah dengan melakukan "sentuhan pribadi".

12. Meningkatkan Kecepatan 

Pelanggan dewasa ini menginginkan perusahaan melayani mereka dengan sangat cepat. Di masa lalu, memberikan produk yang berkualitas pada harga yang wajar dianggap cukup untuk memuaskan pelanggan, namun saat ini hal tersebut sudah tidak lagi mencukupi karena para pelanggan dapat menemukan lusinan produk serupa hanya dengan mencarinya di internet dalam waktu yang sangat singkat. Kecepatan telah menjadi senjata yang sangat ampuh dalam persaingan.

Perusahaan kelas dunia menyadari bahwa kecepatan dalam hal perancangan, pengembangan, pembuatan, dan penyaluran produk akan dapat meningkatkan pangsar pasar serta laba perusahaan. Perusahaan jasa juga menyadari bahwa mereka harus meningkatkan kecepatan layanannya untuk memuaskan pelanggan yang tidak sabar dan terbatas waktunya.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

7 Tips Mencari Inspirasi Nama Merek Supaya Cepat Ngetop

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya