Syarat Tata Hubungan Suatu Organisasi agar Berjalan Baik

Syarat yang Harus Diperhatikan agar Tata Hubungan Suatu Organisasi Berjalan Baik

Syarat-syarat yang harus diperhatikan agar tata hubungan dalam suatu organisasi dapat  berjalan dengan baik adalah sebagai berikut. Kali ini findira akan membahas tentang organisasi yang penting untuk Anda ketahui. Sehingga dengan mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan organisasi. 

Baca juga: Prinsip-prinsip bekerja dalam satu Tim

Syarat yang Harus Diperhatikan agar Tata Hubungan Suatu Organisasi Berjalan Baik

1. Sinkronisasi tujuan organisasi  

Hubungan dalam organisasi akan harmonis jika terdapat sinkronisasi antara tujuan  organisasi dengan tujuan pribadi para anggota organisasi.

 2. Suasana kerja yang kondusif 

Setiap pemimpin organisasi wajib mengusahakan terciptanya suasana kerja yang  menyenangkan atau harmonis sehingga dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan. 

Suasana yang kondusif ini dapat tercipta melalui:  

  • pengembangan hubungan kerja yang harmonis, 
  • pekerjaan yang menarik, penuh tantangan, dan tidak monoton,  
  • lingkungan kerja yang nyaman dan di perlakuan yang adil.  

3. Penghargaan sebagai manusia  

Setiap manusia ingin dihargai atau diperlakukan sebagai manusia yang berhak atas pengertian, pengakuan, dan penghargaan.  

4. Pengembangan kemampuan  

Setiap karyawan berhak atas kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya Pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara, misalnya melalui pendidikan, pelatihan, kursus-kursus, maupun on job training (OT). Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mengetahui minat, bakat, keahlian, dan batas-batas kemampuan  karyawannya agar dapat ditempatkan pada suatu diklat yang tepat. 

5. Bekerja pada tempatnya (The right man on the right place)  

Untuk mencapai hasil yang maksimal dan untuk menyamankan kondisi karyawan dalam bekerja, seorang pemimpin harus dapat menempatkan karyawannya pada tempat yang  tepat sesuai dengan kemampuan bakat, keahlian, dan kecakapannya. 

6. Pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan  

Karyawan yang energik biasanya tidak menyenangi pekerjaan yang sifatnya rutin atau monoton karena akan membosankan. Sebaliknya, pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan akan menumbuhkan daya imajinabsi. kreativitas, dan menambah gairah dalam bekerja sehingga pekerjaan yang dihasilkan akan lebih maksimal, penuh inisiatif, serta inovasi

7. Pengakuan dan penghargaan atas pelaksanaan tugas

Seorang pemimpin harus pandai mengakui dan menghargai karyawannya yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Bentuk penghargaan tersebut dapat berupa ucapan terima kasih kenaikan pangkat, kenaikan gaji, pemberian hadiah, ataupun pemberian piagam penghargaan.

8. Informalitas yang wajar dalam hubungan kerja

Seorang pemimpin yang baik harus dapat memelihara keseimbangan antara hubungan formal dan hubungan informal dalam organisasinya. Hal ini penting karena apabila hubungan informal lebih menonjol, kesan yang terlihat adalah pemimpin kurang berwibawa, Sebaliknya, apabila hubungan formal yang lebih menonjol. akan terlihat adanya jarak dan kekakuan dalam hubungan kerja sehingga memungkinkan timbulnya hambatan dalam mencapai tujuan organisasi

9. Fasilitas yang memadai

Setiap organisasi pasti mengharapkan karyawannya dapat bekerja dengan baik Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi organisasi untuk memenuhi kebutuhan fasilitas yang memadai untuk setiap karyawannya

10. Balas jasa yang setimpal

Setiap karyawan berhak atas upah/gaji dari setiap usahanya. Upah/gaji yang dimaksud hendaknya dapat menjamin tingkat hidup yang layak bagi diri dan keluarganya. Upah gaji yang tidak cukup dapat menurunkan produktivitas karyawan sehingga menimbulkan ketidakharmonisan dalam tata hubungan organisasi.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Rincian Modal Toko Sembako Kurang dari 10 Juta