8 Etos Kerja Profesional

Jelaskan Delapan Etos Kerja Profesional

Menurut Janson H. Sinamo (Pakar Etos Kerja yang terkenal dengan 8 Etos Kerja Profesionalnya), etos kerja adalah seperangkat perilaku positif, yang berakar pada kesadaran yang terang, keyakinan yang mantap dan komitmen teguh pada sekumpulan prinsip, paradigma, dan wawasan kerja yang komprehensif.

Baca juga: Perbandingan karakter orang sukses bekerja

Jelaskan Delapan Etos Kerja Profesional

Berikut ini delapan etos kerja profesional.

1. Kerja adalah rahmat Tuhan (Aku bekerja ikhlas penuh syukur)

Pekerjaan apa pun, baik itu pengusaha, dokter, guru, karyawan bahkan buruh kasar sekalipun adalah rahmat dari Tuhan. Anugerah itu harus diterima tanpa syarat, seperti halnya bernapas, dimana Anda menghirup oksigen dari udara.

Bakat dan kecerdasan yang memungkinkan Anda bekerja adalah anugerah. Dengan bekerja Anda akan menerima gaji atau upah sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan bekerja Anda mempunyai banyak teman dan kenalan, punya kesempatan untuk menambah ilmu dan wawasan. Semua itu anugerah yang patut untuk disyukuri. Sangat tidak bijak dan sangat tidak bertanggung jawab apabila Anda bekerja asal-asalan atau bermalas-malasan.

2. Kerja adalah amanah (Aku bekerja benar penuh tanggung jawab) 

Apa pun pekerjaan Anda, semua adalah amanah. Amanah adalah kepercayaan. Anda bekerja sebagai seorang resepsionis adalah amanah yang harus Anda jalankan dengan sebaik-baiknya. Kerja bukanlah sekadar pengisi waktu, tetapi perintah Tuhan.. Etos ini membuat Anda bekerja dengan sepenuh hati dan menjauhi tindakan tercela, misalnya korupsi dalam berbagai bentuknya.

3. Kerja adalah panggilan (Aku bekerja tuntas penuh integritas)

Jika pekerjaan Anda disadari sebagai panggilan, Anda harus berpikiran bahwa Anda akan melakukan pekerjaan itu dengan semua kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki. Dengan begitu hasil karya yang Anda hasilkan akan menjadi karya yang baik karena dibuat dengan kemampuan terbaik pula.

4. Kerja adalah aktualisasi (Aku bekerja keras penuh semangat)

Aktualisasi diri artinya pengungkapan atau pernyataan diri. Hal-hal yang harus diaktualisasikan adalah kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kemauan untuk maju. Tunjukkanlah lebih dulu kualitas pekerjaan yang Anda lakukan sebelum menuntut terlalu banyak imbalan yang besar. Meski kadang membuat lelah, bekerja merupakan cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan membuat Anda merasa dibutuhkan. Bekerja jauh lebih menyenangkan daripada duduk berdiam diri atau melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

5. Kerja adalah ibadah (Aku bekerja serius penuh kecintaan) 

Dalam semua agama, semua orang diharuskan untuk berusaha. Bekerja merupakan salah satu usaha yang dilakukan. Sehingga kerja merupakan ibadah kepada Tuhan YME. Dengan kata lain, setiap aktivitas yang Anda lakukan pada hakikatnya mencari keridoan Tuhan semata. Setiap ibadah kepada Tuhan harus direalisasikan dalam bentuk tindakan, sehingga aktivitas bekerja juga mengandung nilai ibadah. Kesadaran ini pada akhirnya akan membuat Anda bisa bekerja secara ikhlas, bukan demi mencari uang atau jabatan semata.

6. Kerja adalah seni (Aku bekerja cerdas penuh kreativitas) 

Kesadaran ini membuat Anda menikmati pekerjaan seperti halnya melakukan hobi atau kegemaran.

7. Kerja adalah kehormatan (Aku bekerja tekun penuh keunggulan)

Kerja adalah sesuatu yang sangat berarti. Walaupun dengan bekerja Anda akan mendapatkan imbalan materi, tetapi materi bukanlah semata-mata yang dicari dalam bekerja. Kadang mata menjadi "silau" melihat uang, sehingga terkadang uang bisa membuat seseorang menjadi lupa akan jati diri sebenarnya. Bukan masalah tinggi rendah atau besar kecilnya suatu profesi, tetapi yang lebih penting adalah etos kerja. Dalam arti penghargaan terhadap apa yang Anda kerjakan. apabila memberikan rasa bangga di dalam diri, maka itu akan memberikan arti besar. Sekecil apa pun pekerjaan Anda, itu adalah sebuah kehormatan. Jika bisa menjaga kehormatan dengan baik, maka kehormatan yang lain yang lebih besar akan datang pada Anda. 

8. Kerja adalah pelayanan (Aku bekerja penuh kesabaran)

Manusia diciptakan dengan dilengkapi oleh keinginan berbuat baik. Apa pun pekerjaan Anda, pedagang, polisi, bahkan penjaga mercusuar, semuanya bisa dimaknai sebagai pengabdian kepada sesama. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Contoh Bentuk Laporan Keuangan Perusahaan Perorangan yang Sederhana

Perbandingan Karakter Orang Sukses Bekerja dan Berwirausaha