Analisa Usaha Bengkel Motor Yang Dibutuhkan Dalam Bisnis

Anda bingung cari usaha tetapi Anda minat dengan otomotif? Bukalah usaha bengkel motor. Dengan mengotak-atik motor untuk memperbaiki bagian atau mesinnya, Anda sudah dapat memperoleh penghasilan yang cukup. Bila Anda ragu, Anda dapat mempelajari analisa usaha bengkel motor dalam menghasilkan pendapatan yang produktif. Ada beberapa analisa yang menarik mengenai usaha bengkel ini untuk Anda. Analisa ini dapat memberikan gambaran secara luas mengenai usaha bengkel motor. Berikut beberapa analisa usaha bengkel motor yang perlu dipelajari :

Analisa Usaha Bengkel Motor

Inilah Analisa Usaha Bengkel Motor Untuk Anda

1. Tidak Membutuhkan Tempat Yang Sulit 

Anda tidak perlu mencari tempat khusus untuk melakukan usaha ini. Asal Anda punya tempat yang cukup di halaman rumah Anda, Anda sudah dapat membuatnya menjadi bengkel motor. Kriteria halaman yang perlu dicermati adalah luas dan cukup untuk tempat alat-alat reparasi serta tempat perbaikan motor. Dengan halaman yang cukup luas, beberapa motor bisa diletakkan secara berderet-deret dan dapat diperbaiki secara bersamaan dengan karyawan-karyawan Anda.

2. Dapat Diawali Dengan Mudah 

Tidak perlu khawatir untuk menjalankan bisnis bengkel ini, Anda dapat mengawalinya dengan mudah. Pertama Anda membuka usaha kecil-kecil terlebih dahulu, yakni memberitahu kepada teman atau tetangga Anda bahwa Anda akan memulai usaha bengkel. Atau Anda dapat meminta kerabat terdekat Anda tersebut untuk mempromosikan bengkel Anda kepada wilayah-wilayah terdekat. Setelah Anda dapat dengan konsisten dan rutin menjalani usaha bengkel, Anda dapat mempromosikannya secara luas. Yakni dengan memasang banner atau meminta kerabat terdekat untuk mempromosikan secara luas. Pada tahap ini, Anda dapat mempromosikannya lewat website.

3. Tidak Membutuhkan Modal Yang Besar 

Pada awal Anda membuka bengkel, Anda hanya fokus untuk reparasi saja, yakni memperbaiki sistem atau bagian yang rusak. Anda tidak perlu membeli bahan-bahan keperluan motor lainnya seperti onderdil, oli, ban dalam, atau bagian-bagian motor lainnya. Hal ini untuk menghindari keperluan membeli modal yang besar. Ketika peralatan reparasi sudah cukup, seperti tersedianya obeng, tang, dan sebagainya, Anda dapat memulai bisnis dengan segera. Berikut ini rincian modal usaha bengkel motor Anda hanya perlu menekuninya dalam jangka waktu tertentu hingga Anda dapat menutup modal dan membeli alat dan bahan keperluan lainnya.



4. Dapat Dilakukan Kapan Saja 

Usaha bengkel motor tidak terikat pada waktu kerja. Anda dapat melakukannya kapan pun Anda mau dan sempat untuk meluangkan waktu. Namun perlu diperhatikan untuk menyesuaikan waktu dengan jam-jam aktif dimana pada saatnya orang-orang bekerja. Biasanya motor lebih padat pada waktu pagi hingga sore hari, sedangkan waktu senja dan setelah itu, relatif berkurang. Namun bila Anda mau untuk membuka bengkel pada sore hingga menjelang malam hari, tidak menjadi masalah.

5. Tidak Membutuhkan Persyaratan Khusus

Bila pekerjaan lainnya membutuhkan syarat minimal ijazah SMA atau sarjana, untuk membuka bengkel motor bisa dilakukan oleh semua kalangan, bahkan bagi yang belum lulus jenjang sekolah menengah sekalipun. Tidak ada persyaratan akademik khusus, karena Anda dapat memulainya dengan bebas, asal punya tempat dan modal. Namun perlu diperhatikan mengenai kualifikasi dan kemampuan diri bekerja dalam bidang otomotif tersebut, agar pelayanan reparasi dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan pelanggan. Bila belum dapat menguasai teknik-teknik dalam reparasi motor, dapat berlatih lebih lanjut. Karena kualifikasi atau kemampuan dalam reparasi sangat menentukan kepercayaan konsumen terhadap Anda.

Itulah beberapa analisa usaha bengkel motor yang perlu Anda ketahui. Terdapat beberapa hal menarik mengenai usaha bengkel motor, yang membuat Anda tidak kesulitan untuk memulai usahanya. Maka bila Anda tertarik dengan hal yang berhubungan dengan otomotif, maka tidak ada salahnya mencoba usaha bengkel motor yang ringan ini.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk