Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Google AdSense

Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang dari Blog Menggunakan Google Adsense

Panduan cara menghasilkan uang dari blog google adsense dibahas sangat lengkap disni tahapan demi tahapan sehingga mudah untuk di pahami dan di praktekkan. Sangat bagus untuk para pemula yang ingin punya penghasilan dari aktivitas bloging.

Mencari uang dari blog bukan lah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan, karena faktanya sudah banyak blogger indonesia yang sudah sukses mendapatkan puluhan juta rupiah dengan google adsense. Bagi pemula, memang bukan hal yang mudah, karena ada banyak pembahasan yang harus kita tau dan banyak hal pula yang harus kita lakukan untuk mencapai  ketitik kesuksesan itu. Dengan panduan lengkap cara menghasilkan uang dari Blog menggunakan Google Adsense ini diharapkan teman-teman semua bisa berhasil membangun kesuksesannya.

Baik langsung saja dalam panduan lengkap kali ini akan dibahas beberapa garis besar yaitu cara membuat blog, mengganti domain, menulis konten artikel, trik mendaftar google adsense, memasang code ads kedalam html blog dan yang terakhir SEO.

1. Cara Membuat Blog

Untuk poin ini kita akan membahas cara membuat blog dengan blogger, memilih template, menganti domain.

Langkah #1 - Menuju ke https://www.blogger.com/

Langkah #2 - Sign in menggunakan akun gmail sobat yang baru, silahkan buat akun gmail terlebih dahulu

Setelah masuk menggunakan akun gmail kita akan diarahkan untuk memilih profiile

welcome to blogger

Langkah #2 - Pilih Google+ Profile lalu buat profil dengan mengisi data-data sampai selesai, lalu continue to blogger

membuat blog baru

Langkah #4 - Pilih create new blog

membuat blog baru blogspot

Keterangan

Title: Masukkan judul blog, contoh Findira
Address: Alamat blog,contoh findiraayumna.blogspot.com
Thema: Pilih Notable atau terkemuka

Selanjutnya create blog

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat blog dengan menggunakan domain blogspot.com.

2. Mengganti Domain Blogspot Menjadi TLD

Untuk yang satu ini teman-teman harus menyiapkan uang antara 50 ribu - 150 ribu, tergantung dari domain TLD (com,id,net,org) yang sobat pilih.

Saran saya gunakan domain dot COM walau harga terbilang agak mahal (biasanya 120 ribu) tapi ini lebih bagus dari domain yang lainnya.

Cara membeli domain

Langkah #1 - Daftar https://clientzone.rumahweb.com/daftar.php

Langkah #2 - Menuju ke https://order.rumahweb.com

Langkah #3 - Masukkan nama domain dan cari ketersediannya

mencari nama dan memilih domain

Keterangan:
  1. Masukkan nama domain, usahakan nama yang tidak panjang, mudah di eja dan diingat
  2. Cari domain
  3. Pilih dan centang domain com
  4. Ini berisfat pilihan, kalau ada budgate lebih tidak ada salahnya untuk di centang. Namun kalau budgate pas-pasan jangan dicentang
Menuju ke bagian bawah lalu centang untuk menyetujui privacy lalu check out

Langkah #4 - Pilih metode pembayaran

Langkah #5 - Melakukan Pembayaran sebesar total jumlah

Langkah #6 - Komfirmasi pembayaran

Setelah berhasil melakukan konfirmasi dan disetujui kita sudah bisa masuk ke billing domain untuk mengganti alamat DNS supaya domain blogspot bisa beralih ke domain TLD yang sudah kita beli.

Cara Memasang Domain TLD

Langkah #1 - Menuju ke dasbord blogger

Langkah #2 - Menuju setelan > Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

Siapkan URL pihak ke 3 untuk blog Anda

Langkah #3 - Masukkan nama domain menggunakan awalan www. Lalu save (simpan)

cname

Langkah #4 - Simpan kedalam notepad kode CNAME yang sudah saya tandai dalam kotak seperti gambar diatas.

Langkah #5 - Login ke rumahweb > my domain > manage domain

manage domain

Langkah #6 - Pilih Setting Blogspot, maka akan otomatis tersimpan DNS blogspot seperti gambar didalam tanda kotak hitam. Jadi kita tidak perlu memasukkan DNS blogspot secara manual

managed dns

Langkah #7 - Add New Record , lalu setting seperti gambar dibawah ini, lalu masukkan code yang telah kita simpan di notepad sebelumnya. lalu Add Record

managed dns 2

Langkah #8 - Kembali ke dasbord blogger seperti langkah 1 - 3, lalu save. Untuk kasus tertentu perlu waktu lama domain bisa di save, kisaran 1 - 2 jam, kadang bisa juga sampai 24 jam. Jadi sabar saja.

3. Mengisi Konten Blog

Masuk dalam pembahasan ketiga yaitu cara mengisi konten untuk monetisasi blog dengan google adsense. Diantaranya menentukan niche blog, tenplate, navigasi, artikel.

Langkah #1 - Menentukan Niche Blog

Niche blog adalah topik yang ingin dibahas didalam sebuah blog misalnya tekno, kesehatan, otomotif, SEO, Bisnis dan lain-lain. Usahakan bagi temen-temen untuk memilih satu topik saja yang sobat kuasai. Jangan buat konten yang didalamnya terdapat banyak topik dan saling bersebrangan, misalnya ada otomotif dan ada kesehatan.

Jangan buat blog dengan niche download karena nantinya akan sulit mendapat persetujuan dari adsense. Cari saja niche yang belum banyak orang pakai, sehingga kita akan mudah bersaing di google.

Langkah #2 - Memilih Template Blog

Pilih template SEO Frinedly namun dengan desain yang simple/sederhana, Memuat header, main blog, sidebar dan footer. Jangan gunakan template jenis magazine, yang menampilkan banyak kategori label dan segala macamnya. Cukup gunakan widget postingan terbaru saja tanpa menampilkan postingan dengan berbagai macam label jika tetap ingin tetap menggunakan template jenis magazine.

Saran saya gunakan template terkemuka bawaan blogger jika ingin mengambil opsi gratisan. Karena dari pengalaman ada beberapa blog yang sudah pernah approve adsense menggunakan template tersebut.

Langkah #3 - Melengkapi Navigasi

Navigasi blog merupakan suatu upaya kita untuk memaksimalkan penggunaan blog agar mudah dalam pejelajahan.

Gunakan widget seperlunya yaitu Label dan Populer post.

widget


Buat halaman baru dengan judul about, contact, privacy-policy, disclaimer

membuat post baru

Keterangan:
  • About berisi tentang tujuan blog
  • Contact berisi informasi misalnya alamat, email, no hp 
  • Privacy-policy dan Disclaimer bisa dibuat menggunakan generator ini http://www.privacypolicyonline.com/
Langkah #4 - Membuat Artikel
Artikel merupakan karangan faktual dengan panjang tertentu untuk tujuan memberikan informasi, menyampaikan fakta, menghibur, menyampaikan gagasan dan lain-lain.

mendaftarkan blog ke webmasters google

Untuk tahap awal buat lah sebanyak 20 artikel dengan tiap artikel memiliki kurang lebih 500 kata. Jangan copas artikel dari website/blog lain yang sudah di publish, ini melanggar kebijakan dan juga etika. Buat lah artikel original yang bermanfaat, bisa dengan menggunakan banyak sumber yang ditulis ulang maupun hasil pemikiran sendiri. Usahakan artikel yang dibuat memberikan manfaat yang tinggi dan bisa memecahkan masalah yang besar, sehingga diharapkan backlink yang natural dari blog lain akan berdatangan dengan sedirinya.

Publish artikel setiap minggunya 3 artikel atau 4 artikel secara konsisten. Namun sebenernya ada teknik yang lebih mudah untuk publish artikel ini tanpa perlu menunggu waktu sampai berminggu-minggu, tapi ini tergolong teknik terlarang dan tidak pantas kalau saya ajarkan disini. Jadi bersabarlah, karena sabar bisa membuat hati kita menjadi jernih. Sekali kita berbuat curang maka seterusnya kita akan susah bermain bersih, jadi harus dibiasakan dari awal bermain bersih.

4. Mendaftar ke Webmasters

Webmasters merupakan tool yang dibuat oleh perusahaan mesin telusur seperti google dan bing untuk mempermudah index, analisis dan segala macamnya untuk peningkatan performa web/blog supaya bisa maksimal pada mesin telusur. Untuk mendaftarkan blog ke webmasters cukup mudah dan gratis, berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkahnya.

Langkah #1 - Menuju ke link ini https://www.google.com/webmasters/tools/home

Langkah #2 - Login menggunakan email blog yang telah kita buat sebelumnya

Langkah #3 - Masukkan alamat blog, jika teman-teman mengaktifkan https maka masukkan alamatnya menggunakan https juga, misal https://findira.com, lalu klik tambahkan properti.

daftar webmasters

Langkah #4 - Jika sudah berhasil menambahkan alamat blog sobat, langsung klik alamat blog tersebut, lalu menuju ke peta situs , tambahkan peta situs dengan mengetik sitemap.xml lalu kirim, seperti contoh gambar dibawah

peta situs

5. Monetisasi Blog dengan Google Adsense

Googgle adsense adalah program periklanan yang diselenggrakan oleh google melalui media internet seperti aplikasi andoid dan website/blog. Pemilik blog yang bekerja sama dengan adsense akan mendapatkan bayaran perklik iklannya jika bersedia menampilkan iklan di layanan mereka.

Untuk bisa bekerjasama dengan adsense sobat harus monetisasi blog, segala keputusan penerimaan ada ditangan adsense. Tentunya ini bukan hal mudah, karena sistem kelayakan yang diambil adsense semakin hari semakin sulit. 

Banyak kasus yang ditolak oleh adsense karena tidak memenuhi syarat, contohnya konten tidak memadai, kualitas konten melanggar kebijakan, masalah navigasi blog dan lain-lain.

Untuk meminimalisir semua itu maka jangan teman-teman lakukan hal yang melanggar aturan yang dibuat adsense, baca: https://support.google.com/adsense/answer/81904?hl=id

Jika blog temen-temen dirasa sudah siap, sudah terisi 20 artikel, navigasi lengkap dan tidak melanggar kebijakan maka untuk monetisasi blog kita harus mendaftarkannya terlebih dahulu, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah #1 - Menuju ke https://www.google.com/adsense/login/in/?hl=in

Langkah #2 - Login menggunakan email blog atau email baru yang belum pernah terdaftar di adsense

Langkah #3 - Isi data-data seperti biasa. Masukkan alamat blog, untuk data pribadi seperti nama dan alamat tempat tinggal harus sesuai dengan alamat KTP

Langkah #4 - Pada bagian akhir pendaftaran sobat akan diberikan code yang harus ditempatkan di dalam blog, copy code tersebut lalu menuju ke dasbor blogger> theme > Edit HTML > pastekan tepat di bawah code <head>

penempatan code ads

Langkah #5 - Edit code tersebut pada bagian async, rubah menjadi async="async" lalu save theme

Langkah #6 - Menuju ke akun adsense lalu klik done

6. SEO

SEO atau Search Engine Optimization" (pengoptimalan mesin telusur) adalah sebuah optimasi web/blog yang bertujuan untuk supaya konten artikel yang kita buat memasuki peringkat yang terbaik di mesin telusur. 

Mesin telusur Google menjadi peringkat pertama untuk kategori pengguna internet terbanyak di seluruh dunia, itu artinya jika blog sobat berada di peringkat pertama penelusuran google untuk kata kunci populer maka siap-siap Anda menjadi jutawan.

Nmaun kalau kita masuk kedalam pembahasan SEO ini akan banyak kita temukan materi-materi yang bisa membuat kepala menjadi pusing, karena banyak faktor yang mendasari google rank.
Tapi tenang saja, saya tidak akan membahas banyak hal, cukup yang penting-penting saja dan langsung kepada inti SEO itu sendiri.

Poinnya akan saya bagi mejadi dua yaitu riset kata kunci dan back link.

Pelajaran #1 - Riset Kata Kunci

Tujuan riset kata kunci adalah untuk mencari kata kunci populer dengan persaingan yang rendah di mesin telusur.

Ada istilah PA ( autoritas halaman ) dan DA ( autoritas domain ), dalam kasus ini PA dan DA bertujuan untuk merengking nilai dari kekutan persaingan yang ada. Untuk mengetahui nilai ini dengan mudah sobat bisa menginstal plugin MOZ pada browser crome.

Walau nilai PA dan DA tidak 100% menjadi acuan utama penentuan peringkat, tapi dengan melihat kekutan lawan, kita bisa menentukan secara teknis bahwa blog kita bisa bersaing atau tidak. Jadi jangan menggunkan teory "kebetulan" untuk bersaing di mesin telusur. Kita harus punya data teknis yang telah diperhitungkan.

Menurut pendapat beberapa praktis SEO, nilai yang masih munggkin untuk kita tembus adalah nilai diantara 0-20 untuk nilai PA, sedangkan untuk DA ini sangat "bias" , jadi tidak terlalu dipermasalahkan.

Jika di halaman pertama google, rata-rata lebih dari 5 web/blog memiliki nilai PA lebih rendah dari 20 maka ini dikategorikan sebagai persaingan dengan tingkat yang rendah.

Pelajaran #2 - Back link

Backlink merupakan link yang mengarah dari blog lain ke blog kita, dengan kata lain, blog kita menjadi refrensi dari blog lain dengan menyertakan link.

Backlink sangat penting dalam membangun SEO, karena dengan backlink bisa menaikkan nilai PA sehingga nantinya bisa bersaing dengan blog lain di mesin telusur.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?
  • Membeli dari jasa backlink -  Cara ini tergolong mahal, tapi sangat praktis dan kita tidak perlu capek-capek mencari. Sangat di rekomendasikan membeli paket backlink natural, karena algoritma google semakin hari semakin ketat.   
  • Membagikan link blog ke sosial media seperti facebook, gplus, pinterest, flipboard, evernote dll
  • Membagikan link ke forum seperti microsoft, samsung, deviantart dll.
  • Jangan melakukan spam karena bisa kena pinalti google

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk