Strategi utama untuk mengembangkan dan mempertahankan pelanggan yang loyal

Pemilik usaha sebaiknya fokus pada cara-cara untuk meningkatkan nilai dan layanan agar dapat mendorong pelanggan yang sudah ada melakukan lebih banyak lagi transaksi bisnis atau berbelanja dari perusahaan. Selebihnya, pertumbuhan laba dan pangsa pasar akan mengikuti dengan sendirinya. Jadi, yang memegang peranan kunci dalam keberhasilan pemasaran adalah terletak pada basis pelanggan yang ada dalam perusahaan.

Berikut adalah beberapa strategi utama untuk mengembangkan dan mempertahankan pelanggan yang loyal:

  • Identifikasi pelanggan terbaik Anda dan berikan insentif agar mereka mau kembali berbelanja. Pusatkan sumber daya yang Anda miliki kepada pelanggan terbaik Anda yang paling menguntungkan.
  • Jika Anda mengecewakan pelanggan, perbaiki secepatnya. Penelitian menunjukkan bahwa pelanggan akan kembali membeli jika perusahaan menangani keluhan tersebut secara tepat dan efektif dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mengutarakan keluhannya.
  • Pastikan bahwa sistem/metode penjualan memudahkan pelanggan untuk membeli. Hilangkan prosedur yang tidak perlu,yang dapat mengganggu kesabaran pelanggan. 
  • Mendorong pelanggan agar bersedia menceritakan ketidak puasannya. Perbaiki dan cari tahu apa solusi yang diinginkan oleh pelanggan.
  • Mencoba untuk menghubungi pelanggan yang tidak lagi membeli untuk mencari tahu tentang alasan mereka meninggalkan perusahaan. Dengan cara ini, mungkin dapat terungkap masalah yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.
  • Meminta informasi dari karyawan lini terdepan tentang cara memperbaiki layanan pelanggan, karena merekalah yang sesungguhnya paling mengetahui tentang kejadian yang mengakibatkan keluhan pelanggan.
  • Tekankan bahwa setiap orang dalam perusahaan adalah bagian dari tim yang memiliki tanggung jawab untuk memuaskan pelanggan.
  • Perlu adanya komitmen total untuk memuaskan pelanggan, mulai dari manajemen puncak, dan sediakan sumber daya yang memadai.
  • Pastikan agar manajer juga sekali-kali bertemu secara langsung dengan pelanggan untuk mengenali realita yang ada.
  • Memberikan pelatihan kepada setiap karyawan tentang bagaimana menyapa dan bersikap ramah ketika bertemu dengan pelanggan.
  • Kembangkan tema layanan yang membuat pelanggan merasa memperoleh sesuatu yang khusus. Sebagai contoh, salah satu tempat usaha penginapan memberikan layanan photo gratis kepada setiap tamu yang menginap di hotel tersebut.
  • Selalu ingat bahwa pelangganlah yang membayar gaji kita, oleh karena itu berilah perlakuan khusus yang akan menarik simpati pelanggan dan membuat mereka selalu kembali.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

7 Tips Mencari Inspirasi Nama Merek Supaya Cepat Ngetop

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya