Langsung ke konten utama

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen merupakan sebuah studi mengenai proses keputusan yang mendorong konsumen dalam membeli dan menggunakan suatu produk. Untuk memahami perilaku konsumen, pemasar sangat bergantung pada faktor psikologi (pribadi konsumen) dan sosiologi (lingkungan). Ada empat faktor yang menjadi pengaruh utama pada perilaku konsumen, yaitu psikologis, pribadi, sosial, dan budaya. Dengan mengidentifikasi keempat pengaruh tersebut, pemasar berupaya menjelaskan pilihan konsumen dan meramalkan perilaku pembelian di masa mendatang.

Pengaruh psikologis mencakup motivasi, persepsi, dan sikap seseorang. Pengaruh pribadi mencakup gaya hidup, kepribadian, dan status ekonomi. Pengaruh sosial mencakup keluarga, pemimpin opini atau orang yang pendapatnya didengarkan oleh orang lain, dan kelompok referensi lain seperti teman, rekan kerja, dan kolega seprofesi. Sedangkan pengaruh budaya mencakup budaya (cara hidup yang membedakan satu kelompok dengan kelompok lain), subkultur (kelompok yang lebih kecil yang berbagi nilai bersama), dan kelas sosial (pemeringkatan budaya dari kelompok berdasarkan kriteria-kriteria tertentu seperti latar belakang seseorang, pekerjaan, dan pendapatan) yang digunakan pemasar untuk mempelajari perilaku konsumen.

Meskipun faktor-faktor tersebut bisa memberikan dampak besar pada pilihan konsumen, namun pengaruhnya terhadap pembelian aktual terkadang lemah. Sebagian konsumen (misalnya) memperlihatkan loyalitas merek yang tinggi sehingga mereka akan secara rutin membeli produk tersebut, seperti sajian McDonald's dimana konsumen merasa puas akan kinerja produk tersebut. Konsumen seperti ini biasanya tidak rentan terhadap faktor-faktor di atas dan tetap setia menggunakan merek pilihan mereka.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved