Entitas apa saja yang dapat dipasarkan kepada calon konsumen?

Pemasaran berhubungan erat dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan orang-orang dan masyarakat. Salah satu dari definisi pemasaran terpendek adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Dengan kecerdasan pemasaran, kebutuhan pribadi atau sosial diubah menjadi peluang bisnis yang mampu menghasilkan laba.

Asosiasi Pemasaran Amerika mendefinisikan pemasaran sebagai suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menghantarkan nilai kepada pelanggan, serta mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemegang saham.

Sedangkan manajemen pemasaran diartikan sebagai suatu seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran, dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai-nilai produk yang unggul bagi pelanggan.

Kita dapat membedakan definisi sosial dan manajerial tentang pemasaran. Definisi sosial menunjukkan peran yang dimainkan pemasaran dalam masyarakat. Seorang pemasar mengatakan bahwa peran pemasaran adalah memberikan standar hidup yang lebih tinggi. Di sini terdapat definisi sosial yang mengartikan pemasaran sebagai suatu proses sosial, yang di dalamnya individu maupun kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Sedangkan menurut definisi manajerial, pemasaran sering digambarkan sebagai seni menjual produk. Akan tetapi, orang awam seringkali merasa heran kenapa mereka mendengar bahwa bagian yang paling penting dari pemasaran bukanlah penjualan. Penjualan hanyalah meruapakan puncak kecil dari gunung es pemasaran.

Orang dapat mengasumsikan akan selalu ada kebutuhan penjualan. Akan tetapi, tujuan pemasaran bukanlah untuk memperluas penjualan. Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan sehingga produk atau jasa yang ada sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan selanjutnya menjual dengan sendirinya. Idealnya, pemasaran hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Semua yang dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk atau jasa tersebut.

Apa yang Dipasarkan

Orang pemasaran terlibat dalam memasarkan sepuluh jenis entitas yang berbeda: 

1. Barang

Barang-barang fisik merupakan bagian yang terbesar dari produksi dan usaha pemasaran kebanyakan negara. Bukan hanya perusahaan yang memasarkan barang-barang mereka, melainkan juga lewat internet, bahkan individu dapat secara efektif memasarkannya.

2. Jasa

Ketika perekonomian semakin maju, maka semakin meningkat proporsi kegiatan yang difokuskan pada produksi jasa. Banyak tawaran pasar yang terdiri dari bauran variabel barang dan jasa. Pada restoran siap saji, misalnya, pelanggan mengkonsumsi baik produk maupun jasa.

3. Acara khusus (event)

Pemasar dapat mempromosikan acara-acara khusus seperti pameran dagang, pementasan seni, ulang tahun perusahaan, dan lain sebagainya.

4. Pengalaman

Seseorang dapat juga menciptakan, menggelar, dan memasarkan pengalaman. Sebagai contoh, Walt Disney World's Magic Kingdom adalah suatu pengalaman. Pelanggan dapat mengunjungi negeri dongeng, kapal bajak laut, atau bahkan rumah hantu.

5. Orang

Pemasaran selebriti telah menjadi bisnis penting. Dewasa ini, setiap bintang film besar memiliki seorang agen, seorang manajer pribadi, dan menjalin hubungan dengan agen-agen kehumasan (public relation).

6. Tempat

Kota, negara bagian, wilayah, dan bangsa-bangsa saling bersaing dengan aktif untuk menarik para turis, pabrik, kantor pusat perusahaan, dan tempat tinggal baru.

7. Properti

Properti diperjual-belikan dan hal ini menuntut aktivitas pemasaran, seperti rumah, apartemen, dan lain sebagainya. Agen real estate bekerja atas nama pemilik atau pencari properti guna menjual atau membeli real estate untuk keperluan komersial atau tempat tinggal.

8. Organisasi

Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang baik dalam benak masyarakat publik mereka. Perusahaan menghabiskan banyak uang untuk iklan identitas korporat. Mereka menggunakan pemasaran untuk mendorong citra publik mereka dan bersaing.

9. Informasi

Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai sebuah produk Ensiklopedia dan kebanyakan buku non fiksi merupakan contoh produk yang memasarkan informasi.

10. Gagasan

Setiap penawaran pasar mencakup suatu gagasan dasar. Produk dan jasa adalah platform untuk menterjemahkan beberapa gagasan atau manfaat kepada para pelanggan.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

7 Tips Mencari Inspirasi Nama Merek Supaya Cepat Ngetop

Konsep A3 dari Pelayanan Prima! Berikut Penjelasan Singkatnya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Sales Menawarkan Produk

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya