Penyebab Omzet Bisnis Tidak Kunjung Naik

Penyebab Omzet Bisnis Tidak Kunjung Naik

Jangan menyalahkan pasar dulu jika omzet kita tidak naik. Kelesuan pasar memang kadang terjadi pada suatu waktu, tetapi jika omzet kita hanya stagnan terus dari berdiri sampai bertahun tahun kemudian, berarti bukan pasar yang lesu, tetapi bisnis kita yang lesu karena kelesuan pasar hanya terjadi pada jangka waktu tertentu, tidak sampai bertahun-tahun. 

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis

Penyebab Omzet Bisnis Tidak Kunjung Naik

Jadi, jika sampai bertahun tahun omzet bisnis kita stagnan, ada masalah besar di sana dan itu secepatnya harus diperbaiki.

Beberapa evaluasi yang harus kita lakukan adalah tentang produk, harga, dan promosi. Tentu saja Anda harus memper timbangkan faktor lain untuk evaluasi, tapi jangan lewatkan tiga hal ini.

Evaluasi produk kita, jika produk lain terus berkembang (handphone misalnya) dan kita tetap seperti itu saja, ya tentu saja omzet kita akan stagnan atau malah mengalami kemunduran. Bagaimanapun juga, konsumen selalu mencari yang lebih baik, bukan yang ketinggalan zaman karena tidak berkembang.

Kemudian tentang harga, di era perang harga agar lebih murah ini, Anda juga harus terus mempertimbangkan apakah harga produk Anda bisa bersaing atau tidak. Kalau pesaing lebih murah dengan kualitas tidak beda jauh, tentu saja semua akan memilih produk pesaing. Jadi, buatlah produk Anda bisa bersaing. 

Tidak harus lebih murah, tetapi harus terjangkau pasar dan disesuaikan dengan kualitas yang Anda tawarkan.

Terakhir dan paling penting adalah promosi atau pemasaran. Kemungkinan besar, masalahnya di sini. Promosinya tidak berinovasi sama sekali, padahal pasar dengan cepat berubah. Tren sudah tidak sama dengan waktu pertama kali Anda melakukan promosi. 

Jadi, tentu saja Anda tidak akan bisa melakukan strategi yang sama berulang-ulang. Tren berubah maka strategi yang digunakan juga harus berubah. Jika masalahnya adalah itu, harus dilakukan perubahan besar pada cara berpromosi.

Terpenting adalah harus ada perubahan besar jika memang omzet tidak pernah naik sama sekali. Jangan puas pada kondisi yang penting untung meski omzet stagnan. Belum tentu juga kondisi tetap untung itu berlangsung selamanya. Siapa tahu setahun lagi malah menurun? 

Jadi, sebagai pebisnis Anda harus tetap berpikir jangka panjang, termasuk terus meningkatkan omzet dan mengembangkan sayap bisnis atau ekspansi dengan membuka cabang. Satu-satunya cara adalah terus berinovasi dengan strategi yang sesuai dengan perkembangan pasar.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako