Langsung ke konten utama

Tujuan Bekerja dalam Satu Tim

Jelaskan Tujuan Bekerja dalam Satu Tim!

Jelaskan Tujuan Bekerja dalam Satu Tim! Semua makhluk yang ada di muka bumi, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia: mempunyai saling ketergantungan satu sama lainnya. Dalam ilmu sosial hal ini disebut interdependence principle. Bahkan kebanyakan ahli mempunyai simpulan bahwa tidak ada orang yang bisa bekerja sendiri, semuanya memerlukan bantuan dari orang lain.

Jelaskan Tujuan Bekerja dalam Satu Tim? 

Tujuan bekerja dalam satu tim, antara lain sebagai berikut.

1. Memanfaatkan Potensi

Setiap orang mempunyai potensi diri yang beraneka macam. Sebuah tim sepak bola, untuk mencapai suatu tujuan, menggunakan dan menyatukan potensi yang dimiliki oleh seluruh pemainnya. Ada yang bertugas sebagai penjaga gawang yang menghalau bola agar tidak masuk gawang, ada yang tugasnya di daerah pertahanan, gelandang, dan sebagai penyerang. Semuanya bersinergi, bersatu, bekerja sama, menyamakan komitmen untuk mencetak gol ke gawang lawan, Jika berhasil merupakan keberhasilan bersama, begitu pula sebaliknya

2. Bekerja Bersama-sama

Setiap orang pada dasarnya dapat melakukan sendiri suatu kegiatan atau aktivitas. Namun, ketika pekerjaan sangat banyak, baik dari segi jumlah maupun jenisnya, seseorang akan mengalami hambatan. Pekerjaan tersebut pasti akan selesai dalam jangka waktu yang lama dan kualitasnya pasti berkurang. Bekerja sama dengan orang lain memungkinkan suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat dengan kualitas yang lebih baik. Ibaratnya bekerja dengan 10 pemikiran tentu akan jauh lebih baik daripada dilakukan dengan satu pemikiran.

3. Ada Pembagian Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang yang Jelas dan Adil

Adanya tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang jelas serta adil akan memberikan dampak yang positif terhadap pekerjaan yang dilakukan dalam suatu tim, sehingga diharapkan produktivitas meningkat. Setiap anggota tim mengetahui apa, untuk apa, kapan, dengan siapa, dan bagaimana tugas harus dilakukan.

4. Untuk Memperlancar Aktivitas

Bekerja dalam tim dapat memperlancar aktivitas karena suatu aktivitas dilakukan oleh beberapa orang, sehingga hasilnya jauh lebih cepat dibandingkan jika suatu kegiatan dilaksanakan seorang diri.

5. Efisiensi

Efisiensi dalam hal ini adalah penghematan dari berbagai segi. Dengan melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama, saling membantu, dan saling melengkapi, maka penghematan dari segi waktu dan biaya akan terjadi. Dengan adanya penghematan ini, biaya produksi akan dapat ditekan dan pekerjaan yang dihasilkan pun jauh lebih banyak.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved