Manfaat Bekerja dalam Satu Tim

Jelaskan Manfaat Bekerja dalam Satu Tim

Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari bekerja dalam satu tim, antara lain. Terciptanya persatuan dan kebersamaan, meringankan beban pekerjaan, mempercepat penyelesaian pekerjaan, meringankan beban biaya yang di tanggung, meningkatkan produktifitas, meningkatkan efektifitas pekerjaan, mendorong berkembangnya kreatifitas dan inovasi, meningkatkan hubungan interpersonal relationship, meningkatkan rasa tanggung jawab, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan dapat memberikan manfaat finansial. Jelaskan Manfaat Bekerja dalam Satu Tim? 

Baca juga: Prinsip prinsip bekerja dalam satu tim

Jelaskan Manfaat Bekerja dalam Satu Tim

1. Terciptanya Persatuan dan Kebersamaan

Dalam sebuah tim, berkumpul orang-orang dengan bermacam perbedaan, baik perbedaan watak, sifat, karakter maupun keahlian. Perbedaan tersebut menjadi sebuah dinamika yang sangat penting dalam tim. Dengan bekerja dalam satu tim, perbedaan-perbedaan tersebut dapat disatukan, sehingga rasa persatuan dan kebersamaan antar anggota tim akan tercipta. 

2. Meringankan Beban Pekerjaan

Beban pekerjaan yang banyak dan berat terasa lebih mudah dan ringan apabila dikerjakan dengan bersama-sama (dalam tim). Contoh: mengangkat meja jika dilakukan oleh satu orang terasa sangat berat bahkan bukan tidak mungkin orang tersebut tidak dapat mengangkatnya. Namun, jika dilakukan oleh banyak orang maka pekerjaan tersebut dapat mudah dilakukan.

3. Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan

Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama juga akan lebih cepat diselesaikan, dibandingkan jika pekerjaan tersebut diselesaikan seorang diri. Contoh: pekerjaan mengecat dinding yang sangat luas, jika dilakukan oleh satu orang baru dapat selesai dalam beberapa hari, tetapi jika dilakukan oleh beberapa orang, maka pekerjaan tersebut dapat selesai lebih cepat.

4. Meringankan Beban Biaya yang Ditanggung

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan biaya, baik materiil maupun immateriil. Biaya tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, baik yang berasal dari dalam tim maupun yang berasal dari luar tim. Jika biaya tersebut dibebankan kepada satu orang, akan terasa berat, tetapi jika dibebankan kepada banyak orang tentu akan terasa lebih ringan.

5. Meningkatkan Produktivitas 

Dengan bekerja dalam satu tim akan lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan tepat waktu, jumlah yang diselesaikan juga lebih banyak, dan kualitas yang dihasilkan akan jauh lebih baik. Bahkan para peneliti menemukan bahwa pengaruh kelompok kerja (tim) terhadap produktivitas sama besarnya dengan pengaruh seorang manajer. Contoh: sebuah perusahaan garmen (pakaian jadi), diminta untuk menyelesaikan permintaan pakaian jadi dalam jumlah yang banyak dengan batas waktu yang diinginkan oleh pemesan. Tentu hal ini akan sangat sulit jika dikerjakan oleh satu atau dua orang. Perlu satu tim yang tangguh untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan tepat waktu. Jika hal itu tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan, suatu kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Untuk itulah bekerja dalam tim sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas.

6. Meningkatkan Efektivitas Pekerjaan

Bekerja dalam tim memungkinkan adanya pembagian kerja yang disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki setiap anggota tim (the right man on the right place). Pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang tepat, tentu hasilnya akan jauh lebih baik dan kemungkinan terjadinya kesalahan sangatlah kecil. Hal ini tentu sangat efektif dalam melakukan suatu pekerjaan karena mendayagunakan seluruh kemampuan dalam satu tim. 

7. Mendorong Berkembangnya Kreativitas dan Inovasi

Kerja sama yang dilakukan oleh seluruh anggota tim membuat mereka mengeluarkan semua kemampuan dan keahlian yang dimiliki demi suksesnya tujuan yang diharapkan oleh tim. Hal ini tentu akan menumbuhkan kreativitas anggota tim. Dari kreativitas ini akan menimbulkan inovasi inovasi baru untuk kemajuan tim.

8. Meningkatkan Hubungan Interpersonal Relationship 

Hubungan interpersonal relationship artinya hubungan antar manusia atau hubungan antar pribadi. Dengan bekerja dalam satu tim membuat setiap anggota tim saling berhubungan, sehingga mereka akan lebih mengenal karakter yang dimiliki setiap individu dengan beragam perbedaan. Anggota tim belajar bagaimana menghargai perbedaan, tidak memaksakan kehendak sendiri, terbuka akan kritik dan saran, bersedia menolong dan mau ditolong.

9. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Pembagian tugas sangat penting ketika bekerja dalam satu tim. Dengan adanya pembagian tugas ini, tiap anggota akan bekerja dengan sungguh-sungguh karena mereka mempunyai tanggung jawab masing-masing. Jika di antara anggota ada yang tidak bertanggungjawab dengan baik tentu akan memberikan suatu citra yang buruk terhadap diri mereka sendiri dan mereka tentu tidak menginginkannya.

10. Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan

Pelanggan adalah raja. Mereka ingin dilayani secepatnya. Mereka ingin dihargai. Kebutuhan pelanggan ini tentu tidak bisa dilayani oleh satu orang saja. Apalagi jika pelanggan berjumlah sangat banyak. Mereka tidak ingin antri sampai berjam-jam tentunya. Oleh sebab itu diperlukan kerja sama antar anggota, agar kebutuhan para pelanggan dapat terpenuhi.

11. Dapat Memberikan Manfaat Finansial

Pada akhirnya, jika semua anggota tim sudah bekerja dengan sungguh-sungguh, mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki, bertanggung jawab terhadap komitmen mereka, maka dengan sendirinya finansial/keuangan mereka akan meningkat/bertambah seiring dengan peningkatan produktivitas anggota tim. Kemapanan finansial ini menjadi salah satu ukuran kesuksesan yang diraih. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya