Strategi Bisnis Angkringan yang Terbukti Menguntungkan

Strategi bisnis angkringan

Banyak orang memandang sebelah mata jenis bisnis warung angkringan ini. Mungkin lantaran kesannya hanya buat golongan ekonomi menengah ke bawah. Kadang pula terdapat yg mempertanyakan apa untungnya membuka bisnis angkringan. Padahal, justru bisnis inilah yg jauh lebih prospektif dibanding bisnis sejenisnya (kuliner).

Sejarahnya, angkringan berasal dari kata "angkring" atau "nangkring", berarti duduk menggunakan posisi nyaman. Angkringan jadi istimewa, lantaran hubungan sosial yg terjadi di dalamnya. Warung yg sanggup dijadikan model sebuah sistem paling sederhana yg sebenarnya pantas sebagai contoh buat interaksi sosial, dan sanggup meliputi seluruh aspek. Egaliter atau sederajat merupakan karakteristik umum masyarakat yang suka dengan angkringan, tidak peduli siapa pun yg berkunjung. Jika dia telah tiba ke angkringan, dia wajib  siap berbaur tanpa melihat jabatan doktor, insinyur, pengacara, haji, atau yg lainnya. Belajar mendengar orang lain sekaligus belajar mengungkapkan pendapat pun sebagai kegiatan biasa yg tidak membosankan. Inilah yg menciptakan masyarakat angkringan yg akrab. 

Bagi siapa saja yg ingin memulai bisnis menggunakan kapital bisnis kecil - kecilan, warung makan angkringan sebagai pilihan terbaik. Sebelum memulai bisnis ini, yg wajib  kita lakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan survey lokasi pada wilayah yg akan di tempati. Setelah itu, kita mencari orang yg sanggup menyuplai bahan dari sajian kuliner angkringan. Jika kita bisa menciptakan sajian kuliner sendiri, maka itu akan lebih menguntungkan.

Baca juga: 99 Peluang Usaha Modal dibawah 10 juta Rupiah

Modal Awal Bisnis Angkringan

Warung makan angkringan mungkin identik dengan khas kuliner Yogyakarta, tetapi konsep bisnis warung makan ini sanggup diterapkan pada konsep apa saja. Tidak hanya pada kota Yogyakarta, pada kota kota besar lainnya juga sanggup mendirikan bisnis ini dengan baik. Membuka warung makan angkringan, relatif lebih mudah. Selain itu, modal yang diperlukan tidak terlalu 👍.

Biaya awal buat menjalankan usaha angkringan berkisar antara Rp1.000.000,00-Rp2.000.000,00. Rp1.500.000,00 Rp2.000.000,00 buat sebuah gerobak bersama alat masak dan makan lainnya. Untuk menu  sajian makanannya, lebih kurang Rp 500.000,00 (apabila ingin melengkapi sajian makan sendiri).

Menu umum dari angkringan, antara lain:

  • Nasi kucing (nasi oseng-oseng tempe atau nasi sambal teri). 
  • Aneka gorengan (tahu, tempe, pisang, ubi, & sebagainya). 
  • Sate (sate usus, sate hati, sate daging, ceker, ketua ayam, & lain-lain).
  • Aneka minuman (teh, kopi, susu, jeruk, jahe, & sebagainya).
  • Snack (kerupuk, keripik, kacang, & lain sebagainya).

Strategi Bisnis Angkringan untuk mendapatkan keuntungan yang besar

Lantas, bagaimana kita sanggup merogoh laba yang besar dari bisnis angkringan ini? Hampir menurut kebanyakan bisnis kuliner, laba diambil menurut minuman (teh, kopi, jahe, & minuman sejenisnya). Sementara, buat jenis lainnya, memang bisa menyumbang, tetapi relatif tidak terlalu signifikan.

Tinggal kini  bagaimana kita sanggup menarik perhatian pembeli saja. Dari banyak angkringan di Yogyakarta yg masuk pada kategori ramai, seluruhnya mempunyai keunikan tersendiri. Untuk itulah, apabila angkringan kita ingin menerima pelanggan yg banyak, kita memerlukan sebuah strategi yang bagus untuk membuat bisnis angkringan kita dapat bersaing dengan angkringan lainnya. Berikut ini strategi bisnis angkringan yang dapat kamu gunakan untuk membangun sebuah usaha kuliner ini. 

  • Buatlah minuman kita mempunyai cita rasa yang sangat enak dan tidak sama dengan yg lain.Terlihat strategi ini sangat sederhana, namun butuh eksperimen dan pengetahuan yang banyak untuk mendapatkan sebuah cita rasa minuman yang enak dan pas di hati rakyat. 
  • Pilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang berada di sekitar kuliner dengan harga yang terbilang cukup mahal. Atau bisa juga mencari lokasi di sekitar perkantoran dan kost-kostan. 
  • Kebersihan merupakan hal yang harus terus diperhatikan. Kebersihan merupakan salah satu strategi yang bagus untuk membuat pengunjung merasa betah. 
  • Pelayanan yang ramah, cepat, dan efektif akan membuat konsumen merasa dihargai. 
  • Menggunakan harga yang kompetitif untuk setiap hidangan menu angkringan. 
Begitulah strategi bisnis kuliner yang bisa Anda terapkan dalam memulai usaha angkringan ini. Jika menurut Anda ada strategi yang lebih ampuh dari pembahasan di atas, silahkan komen ya! Terimakasih. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Kata-kata Cara Mempromosikan Barang Seperti Baju, Tas, dan Sepatu