Prospek Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Prospek Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Salah satu usaha untuk menghasilkan ikan secara optimal dan tidak mengganggu atau merusak populasi ikan serta tempat hidup ikan adalah dengan cara melalui usaha budidaya ikan yang dikembangkan dengan baik. Keberhasilan budidaya ikan yang dilakukan secara menyeluruh dan merata tentu dapat memberikan peningkatan dari penghasilan dan taraf hidup masyarakat, khususnya orang-orang yang mengandalkan hidupnya dari usaha budidaya ikan konsumsi. 

Baca juga: Cara budidaya ikan nila

Prospek usaha budidaya ikan konsumsi air tawar

Ikan konsumsi air tawar merupakan ikan yang sudah cukup dikenal dan digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia pada umumnya. Misalnya, masyarakat di Jawa Barat yang sudah sangat tidak asing dengan ikan air tawar, begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di dekat danau, sungai, rawa, atau waduk . Bagi masyarakat setempat, selain ikan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan makan keluarga sehari-hari, ikan juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah penghasilan atau sebagai mata pencaharian dengan cara menjual ikan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Dengan berkembangnya aspek pengetahuan masyarakat, bertambahnya jumlah tiap penduduk, serta adanya peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat, maka kebutuhan pemenuhan pangan pun terus akan meningkat, terutama kebutuhan pangan dengan gizi yang cukup akan tetap harus terpenuhi. Produk ikan menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein hewani untuk berbagai kalangan masyarakat. Ikan merupakan produk yang mudah diperoleh, dengan harga yang relatif lebih terjangkau, dan hampir sebagian masyarakat menyukainya. 

Pemenuhan kebutuhan ikan air tawar di pasaran, mayoritas berasal dari hasil budidaya ikan, bukan dari hasil tangkapan. Saat ini, budidaya ikan air tawar merupakan alternatif untuk menghasilkan ikan konsumsi dengan kualitas terbaik. Budidaya ikan tergolong cukup mudah untuk diusahakan dan dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau, sehingga siapa saja bisa terjun dalam usaha budidaya ini. Tidak heran jika saat ini semakin banyak orang yang membudidayakan ikan dengan skala rumahan dan skala besar, termasuk salah satunya budidaya di pekarangan rumah. 

Sebelum Anda terjun langsung ke lapangan, pembudidaya harus mengetahui selera dan perkembangan pasar. Pada segmen mana dan Jenis ikan konsumsi apa yang akan diambil sebagai jalur usahanya. Pahami dan pelajari cara budidaya ikan air tawar konsumsi yang benar akan memungkinkan Anda mencapai keberhasilan dalam bisnis. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum memulai usaha budidaya ikan konsumsi.

  1. Pilih jenis ikan yang sangat dibutuhkan oleh pasar. Dengan demikian, konsumennya sudah pasti ada, sehingga produknya bisa mudah terserap dan terjual dipasar. Jenis ikan yang sangat mudah dijual antara lain adalah ikan lele dan ikan nila.
  2. Segmen budidaya dapat dipilih, seperti ikan ukuran konsumsi atau memenuhi kebutuhan benih ikan. Bagi pemula, pilihan untuk membesarkan ikan hingga ukuran konsumsi akan lebih mudah dijalankan. Selain itu, ruang lingkup pasarnya pun lebih banyak seperti ke konsumen langsung, pasar ikan, pedagang ikan, pasar swalayan, ataupun eksportir. 
  3. Pemenuhan kebutuhan masyarakat akan benih ikan, merupakan jenis bisnis yang membutuhkan pertimbangan yang matang, karena segmen bisnis pembenihan ini harus bisa segera diserap oleh konsumen benih yang lebih besar tingkatannya atau untuk penyediaan pembesaran hingga ukuran konsumsi. Dengan demikian pembudidaya yang bermain dalam pembenihan ikan ini harus memiliki rantai atau jalur pemasaran ke pembudidaya ikan konsumsi atau pedagang benih ikan. 

Perkembangan pasar dapat berubah-ubah dengan cepat, sehingga bagi pembudidaya yang tidak mengikuti perkembangan bisa ketinggalan informasi dengan perkembangan pasar yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya pemantauan dan survei terhadap perkembangan pasar. Perkembangan pasar dapat berupa jenis ikan konsumsi yang populer, besaran volume ikan yang ada di pasaran, dan fluktuasi harga ikan yang terjadi.

Peluang usaha tidak akan datang begitu saja tanpa adanya usaha dan kerja keras Anda sendiri. Dalam mencari prospek yang bagus, tentu dibutuhkan pertimbangan usaha yang tepat dan cocok yakni dengan kriteria sebagai berikut. 

  1. Usaha yang dipilih harus mudah diaplikasikan, yaitu dengan teknologi budidaya ikan yang mudah dan cepat untuk dikuasai bagi pemula. 
  2. Waktu perputaran modalnya cepat.
  3. Usaha yang dipilih harus merupakan produk yang menjanjikan, harganya baik dan stabil di pasaran dan tidak mudah jatuh atau membuat kerugian. 
  4. Usaha yang digeluti tidak memiliki berisiko tinggi. Seandainya pun harus mengalami banyak kegagalan namun tidak akan sampai kehilangan banyak modal.
  5. Produk ikan konsumsi yang dihasilkan harus berprospek atau laku di pasaran walau dalam kondisi pasar sedang jenuh.

Tujuan utama usaha budidaya ikan konsumsi, yaitu untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan. Sedapat mungkin keuntungan yang didapat itu cukup besar atau berlipat. Keuntungan merupakan selisih penjualan dan biaya produksi yang telah dikeluarkan. Penentuan keuntungan dapat dihitung per musim panen atau per satuan waktu seperti bulanan atau tahunan. Biasanya untuk usaha dalam skala rumah tangga akan lebih cenderung menggunakan hitungan per musim panen. 

Budidaya ikan konsumsi dapat menghasilkan keuntungan yang besar mulai dari awal usaha. Itu bisa saja terjadi apabila ikan yang dihasilkan merupakan ikan yang bernilai tinggi atau banyak diminati masyarakat, sedangkan yang memproduksi baru sedikit. Namun, biasanya usaha yang seperti ini sulit secara teknis atau membutuhkan modal investasi yang cukup besar. Namun jangan takut akan permintaan pasar, karena akan tetap ada dan jika Anda tekun dalam menjalankan usaha budidaya ini, keuntungan secara bertahap akan dapat meningkatkan keuntungan Anda. Hal ini disebabkan oleh, Anda semakin berpengalaman dalam menekan biaya produksi yang dikeluarkan. Apalagi bila Anda telah mampu mencapai bisnis dalam skala besar dengan jaringan distributor yang luas itu akan lebih mudah untuk diraih. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik