Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate beserta Jawabannya yang Baik dan Benar

pertanyaan interview kerja fresh graduate

Bagaimana jika Anda tidak punya cukup pengalaman kerja untuk dijadikan contoh? Inilah masalah yang dihadapi oleh para lulusan baru (fresh graduate) saat wawancara. Solusinya adalah dengan menggali semua pengalaman yang Anda miliki disekolah/kampus/universitas meskipun pengalaman tersebut sangatlah berbeda dari apa yang mereka harapkan Anda miliki. Tidak masalah jika pengalaman tersebut Anda dapatkan dari luar tempat kerja. Yang penting di tahapan ini dalam karier Anda adalah bahwa Anda memiliki kompetensi yang dibutuhkan dan bahwa Anda bisa menunjukkan, dengan contoh yang sesuai, bagaimana, kapan, dan di mana Anda telah mempergunakannya. Jika sebuah perusahaan mengundang Anda untuk wawancara, berarti mereka percaya Anda memiliki potensi yang berguna bagi mereka. Tugas Anda adalah memastikan mereka memiliki semua alasan untuk percaya bahwa Anda akan memenuhi potensi tersebut dengan menceritakan kepada mereka bahwa Anda pernah melakukannya sebelumnya. Siapkan wawancara dengan mengulas:

  • Kualifikasi. pendidikan dan pelatihan Anda merupakan faktor yang sangat penting. Jelaskan apa yang telah Anda pelajari, bagaimana hal tersebut telah memengaruhi dan mengubah Anda, dan bagaimana teori-teori yang Anda dapatkan akan cocok dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Proses pembelajaran dan belajar yang sebenarnya juga penting. Kemampuan menanyakan pertanyaan yang tepat untuk memecahkan masalah, misalkan, kedisiplinan yang diperlukan dalam belajar untuk menghadapi ujian, dan pentingnya bergaul dengan orang orang dari latar belakang yang berbeda-beda merupakan elemen-elemen yang layak diperhitungkan dan dipergunakan dalam contoh untuk mengilustrasikan keterampilan dan kualitas Anda.
  • Prestasi. Pertimbangkan semua prestasi Anda, bukan hanya prestasi akademik Anda. Pikirkanlah tentang semua tugas khusus, kewajiban atau tanggung jawab yang pernah Anda lakukan, dan semua tantangan yang pernah Anda atau tim Anda hadapi. Sertakan setiap hal yang memperlihatkan Anda sebagai individu yang bertanggung jawab, memiliki keuletan, kesungguhan, inisiatif, dan keaktifan. 
  • Pengalaman kerja. Setiap jenis pengalaman kerja akan memperlihatkan bahwa Anda sudah terbiasa dengan kebutuhan fundamental dalam dunia kerja seperti ketepatan waktu, bisa mengikuti instruksi, bertanggung jawab, berinteraksi dengan orang lain, dsb. Sertakan seluruh pekerjaan akhir pekan dan liburan pekerjaan sukarela, skema penempatan kerja dan pengalaman kerja. Pikirkanlah hal-hal praktis yang Anda pelajari dari pengalaman Anda dan bagaimana berbagai keterampilan ini bisa digunakan pada situasi kerja mana pun. 

Telah segala kelebihan Anda dan tetapkan hal tersebut dalam pikiran Anda sembari memperhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut. Jangan lupa bahwa semangat keterbukaan pikiran, dan antusiasme yang harus Anda tunjukkan sebagai orang baru di pasar pekerjaan merupakan poin kunci andalan Anda. 

Contoh Pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya

Mengapa Anda memilih program studi yang Anda ambil? 

Cobalah untuk menghubungkan bidang studi yang Anda pilih dengan jenis pekerjaan yang sedang Anda lamar tersebut, serta dengan minat dan selera Anda.

Pewawancara mencari:
  • Alasan yang dipikirkan dengan baik yang menunjukkan bahwa Anda mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi untuk kemudian membuat sebuah keputusan - kualitas yang berguna dalam diri seorang pegawai. 
  • Sebuah tindakan yang dipertimbangkan, dan komitmen pada tindakan tersebut, alih-alih bertindak berdasarkan keterburu-buruan. 
  • Kepedulian terhadap kekuatan, minat dan bakat Anda. 
  • Penghargaan terhadap apa yang telah Anda pelajari, kemampuan untuk menarik sebuah alasan, kesimpulan, menganalisis, meneliti, dan berkomunikasi, serta beberapa teori dan keterampilan tertentu. 
  • Kemampuan untuk menyelaraskan tujuan ke depan dengan tindakan saat ini. 
  • Kemampuan untuk memenuhi beberapa tantangan dan mencari atau mengembangkan keterampilan dan kualitas untuk mengatasinya - juga merupakan kualitas yang berguna dalam diri seorang pegawai. 
Cakuplah poin di atas sebanyak yang Anda bisa dalam jawaban Anda:
  • Gambarkan proses yang telah Anda jalani untuk memutuskan bidang studi dan/ atau mata pelajaran yang tepat untuk Anda. 
  • Uraikan dengan singkat semua faktor relevan yang Anda pertimbangkan bagaimana Anda mencari beragam informasi, berbicara dengan orang lain dan mendapatkan masukan dari mereka, menimbang pro dan kontra, dan mengambil keputusan. 
  • Berikan empat atau lima alasan spesifik mengapa Anda memilih bidang studi/ mata pelajaran yang Anda tekuni. Fokuskan pada aspek-aspek yang berkaitan dengan karier seperti apa yang bidang studi/mata pelajaran mungkinkan untuk Anda lakukan di masa depan dan bagaimana hal tersebut mengembangkan kekuatan dan bakat alami Anda.
  • Gambarkan bagaimana mata pelajaran tersebut menantang Anda serta keterampilan dan kualitas yang Anda kembangkan untuk memenuhi tantangan tersebut. 
Gunakan proses yang sama jika mereka menanyakan bagaimana Anda memilih kampus atau universitas.

Apa bidang studi favorit Anda? Aspek mata pelajaran mana yang paling membuat Anda tertarik?

Pilih pelajaran yang memiliki relevansi dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar tersebut. Jangan melantur dan panjang lebar tapi berbicaralah dengan antusias - Anda diminta untuk menceritakan apa yang Anda sukai. Jika memungkinkan, ceritakan kepada pewawancara setiap hal yang Anda lakukan untuk mengembangkan minat Anda yang lain di luar mata pelajaran tersebut dan mengikutinya di waktu tersendiri. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki inisiatif, energi, dan komitmen. 

Apakah Anda merasa pendidikan Anda telah mempersiapkan diri Anda untuk bekerja? Apa yang telah Anda pelajari yang Anda anggap akan berguna di sini?

  • Berikan penjelasan singkat yang merinci pengetahuan dan keterampilan yang Anda belajar yang relevan dengan pekerjaan tersebut. 
  • Jelaskan bahwa mengenyam pendidikan tidak hanya mengajari Anda fakta-fakta spesifik tetapi juga mengajari Anda bagaimana belajar, mendapatkan keterampilan baru, dan menerapkannya.
  • Jelaskan dengan singkat bagaimana pendidikan telah mendewasakan dan mengembangkan diri Anda - membuka pikiran Anda, memperkenalkan Anda dengan tantangan, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dsb. 
  • Jelaskan bagaimana pendidikan Anda telah mengajari Anda pertimbangan praktis seperti disiplin diri, memprioritaskan pekerjaan, memenuhi target dan tenggat waktu, dll.
  • Jelaskan bagaimana Anda mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan interpersonal - berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda, berperanserta dalam diskusi dan mengemukakan pendapat Anda, melakukan presentasi di hadapan kelompok atau kelas, mengikuti instruksi, mengajukan pertanyaan, mengklasifikasikan informasi, dst. 
  • Cantumkan pula pengalaman saat Anda bekerja dalam sebuah tim dan/atau mengemban posisi kepemimpinan. 
  • Jangan lupakan keterampilan komputer yang Anda pelajari. 
  • Tekankan betapa Anda memiliki keinginan yang besar untuk menerapkan teori ke dalam ke pekerjaan tersebut.
Ilustrasikan setiap poin di atas dengan contoh-contoh singkat jika memungkinkan. 

Apa yang Anda sukai dari pekerjaan akhir pekan/liburan Anda? 

Jika pekerjaan tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini, fokuskan pada elemen yang sesuai dan yang akan berguna dalam pekerjaan tersebut. Jika tidak tekankan pada hal-hal yang dapat diterapkan secara umum yang Anda nikmati seperti:
  • Bekerja dengan baik. 
  • Menjadi bagian dari sebuah tim. 
  • Mempelajari keterampilan-keterampilan baru. 
  • Mengemban tanggung jawab. 
  • Bekerja dengan publik. 
  • Menghadapi tantangan atau menangani tugas yang sulit. 
Ilustrasikan poin-poin Anda dengan contoh-contoh untuk menambatkannya dalam dunia nyata.

Apa yang paling tidak Anda sukai dari pekerjaan akhir pekan/liburan Anda? 

Jangan sampai Anda mengatakan pekerjaan tersebut membosankan. Anda bus mengelak sedikit dengan sopan - ulas dengan singkat hal-hal yang Anda nikmati dan yakini akan berguna untuk pekerjaan di masa depan dan kemudian katakan betapa Anda sangat mengharapkan untuk memulai karier yang Anda inginkan.

Apa yang Anda cari dalam sebuah pekerjaan? 

Anda mencari:
  • Kesempatan untuk memulai karier pilihan Anda. 
  • Peluang untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan. 
  • Peluang untuk memberikan kontribusi valid bahkan jika harus dari level yang paling bawah sekalipun. 
  • Kesempatan untuk mempergunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah Anda dapatkan dan menerapkannya ke dalam praktik. 
Jelaskan mengapa posisi ini menawarkan hal-hal tersebut. 

Mengapa Anda pikir Anda akan menyukai jenis pekerjaan ini?

Apa yang membuat Anda berpikir Anda akan sukses di bidang ini? Anda sudah harus membaca deskripsi pekerjaan secara menyeluruh dan mencari tahu jenis pekerjaan ini. Cocokkan talenta, bakat, kualitas, dan pelatihan Anda dengan persyaratan pekerjaan tersebut.

Contoh

"Saya paham bahwa pekerjaan ini membutuhkan orang yang berikan tiga atau empat kualitas pribadi yang dibutuhkan), yang memiliki (berikan tiga atau empat contoh keterampilan dan bakat yang dibutuhkan), dan yang memiliki berikan pelatihan dan/atau kualifikasi apa yang dibutuhkan). Saya yakin saya memenuhi persyaratan tersebut dengan baik. Saya memiliki [uraikan dengan singkat kualitas personal, keterampilan, dan talenta Anda, dan ilustrasikan dengan contoh tentang bagaimana, kapan, dan di mana Anda telah menggunakannya). Saya juga memiliki (uraikan dengan singkat pelatihan Anda) , yang telah mengajarkan saya sebutkan sebuah faktor). Saya yakin dengan dukungan dan pelatihan dari perusahaan ini saya mampu memberikan kontribusi nyata!."

Bagaimana tanggapan Anda mengenai memulai karir dari bawah?

Anda harus realistis. Betapapun bagusnya pelatihan Anda, Anda masih harus mempelajari teknik atau prosedur dasar atau khusus. Satu-satunya jawaban yang mungkin adalah Anda tidak keberatan sama sekali. 

Contoh 

"Saya menyadari bahwa setiap orang harus memulai segala sesuatunya dari bawah jika ingin benar-benar menguasai bidang (apa yang Anda pilih). Jadi, saya sama sekali tidak keberatan memulainya dari bawah. Namun saya berharap saya pun mampu bergerak ke atas."

Bagaimana tanggapan Anda mengenai pekerjaan rutin?

Lagi-lagi, pertanyaan ini menguji realisme Anda. Kebanyakan pekerjaan melibatkan elemen rutinitas - apalagi pekerjaan untuk tingkat awal. Perlihatkan kesedihan Anda untuk menguasai hal-hal dasar terlebih dahulu, sebelum berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi. 

Contoh

"Saya memahami bahwa banyak tugas yang akan saya lakukan jika Anda memilih saya, merupakan tugas-tugas rutin. Saya tidak bermasalah dengan hal itu, karena hal itu memberi saya kesempatan untuk mengokohkan pondasi saya dalam bekerja dan mengenal pekerjaan ini. Saya berharap tugas-tugas rutin tersebut akan lebih menjadi tanggung jawab seiring dengan saya mengalami kemajuan dan berkembang dan menjadi lebih berguna bagi perusahaan."

Bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain? 

Pewawancara khawatir Anda hanya bergaul dengan orang-orang seumur Anda dan kurang berpengalaman dalam bergaul dengan orang lain di tempat kerja Anda. Tentu saja Anda bisa bergaul dengan baik dengan orang-orang dari berbagai usia, status, dan latar belakang tapi Anda harus mendukung pernyataan tersebut dengan beberapa contoh. 

Contoh

"Saya yakin saya mampu bergaul dengan orang lain dan saya rasa orang-orang yang mengenal saya akan mengatakan hal yang sama. Saya pernah harus bekerja sama dengan orang dari latar belakang yang berbeda saat (berikan di mana Anda lemah harus melakukannya - kampus perjalanan pekerjaan sukarela - dan jenis orang yang berinteraksi dengan Anda). Saya rasa saya mampu beradaptasi dan terbuka dengan pengalaman pengalaman baru, yang tentu saja membantu. Misalnya, (berikan sebuah contoh mengenai kemampuan Anda berkomunikasi dalam kesulitan atau situasi yang memprihatinkan - mengatasi perbedaan bahasa, misalnya, mengajak pemimpin pengelola sekolah berkeliling mengajak sekelompok anak di bawah 10 tahun untuk bermain di luar gedung)."

Apakah Anda pernah bekerja di bawah tekanan? Bagaimana Anda mengatasinya? 

Anda mungkin heran mengapa mereka memberi pertanyaan kepada Anda yang baru saja lulus kemarin. Tapi ingatlah pada bagian bagaimana Anda mengatasinya, bukannya betapa sangat melelahkan bagi Anda.

Pewawancara ingin tahu apakah Anda 
  • Memiliki pengalaman bekerja di bawah tekanan - uraikan dengan singkat bagaimana, kapan dan di mana. 
  • Mampu mengatasinya jelaskan bagaimana Anda menjaga keseimbangan Anda. 
  • Pernah mencoba dan menguji cara-cara mengatasi stres dan tekanan untuk jangka yang lama.
Contoh

"Menurut saya, saya adalah orang yang tahan banting. Saya punya pengalaman bekerja di bawah tekanan (mendapatkan peringkat A, mengerjakan tugas akhir, misalnya]. Bahkan saya mendapati sebuah elemen ketegasan yang cukup memberikan energi. Saya mengelola tekanan tersebut dengan (menjadi terorganisir, perencanaan, memprioritaskan tugas, dll). Saya mendapati (katakan langkah-langkah praktis apa yang Anda ambil untuk melakukan persiapan - meninjau ulang apa yang perlu dilakukan, memecahnya ke dalam langkah langkah yang dikelola, dan sebagainya) akan berguna. Memobilisasi potensi yang belum tereksplorasi merupakan hal yang sangat memuaskan saat Anda meraih kesuksesan sebutkan sebuah contoh singkat mengenai sebuah kejadian saat Anda berhasil melakukan sesuatu yang mustahil. Berikan contoh non-ujian jika memungkinkan - olahraga atau beberapa tantangan lainnya). Jika saya mendapati diri saya sangat tertekan, saya katakan apa yang Anda lakukan untuk menenangkan diri sesuatu yang cepat, sederhana dan efektif). Untuk jangka panjang saya melawan setiap dampak tekanan dengan (gunakan ukuran yang rasional seperti makan dengan benar, berolah raga, dll)."

Di manakah Anda melihat diri Anda lima tahun mendatang?

Pewawancara ingin mengetahui rencana karier Anda. Mereka juga ingin mengetahui apakah Anda memiliki, di satu sisi, suatu tingkatan dorongan dan ambisi dan, disisi lain, sebuah gagasan realistis mengenai apa yang diharapkan. Jika Anda telah mengumpulkan informasi mengenai pekerjaan tersebut dan bidang pekerjaan yang ingin Anda masuki, maka Anda seharusnya memiliki gagasan yang masuk akal mengenai kemajuan karier yang biasa dan posisi Anda untuk lima tahun ke depan. 

Contoh

"Dalam lima tahun ke depan, idealnya saya ingin menjadi (katakan hal yang ingin Anda lakukan). Saya pikir saya memiliki keterampilan dan kemampuan) untuk mencapainya, terutama dengan (persyaratan seperti pelatihan, pengalaman kualifikasi profesional yang spesifik, dll). Saya yakin posisi ini akan membantu saya mencapai tujuan itu karena (berikan alasan, seperti program pelatihan yang sangat baik, peluang peningkatan pemimpin bidang tersebut dll)."

Menurut Anda, apa yang mempengaruhi kemajuan ali dalam perusahaan? 

Mereka berusaha mengetahui apakah Anda memiliki gagasan yang baik mengenal cara kerja perusahaan. Dasari jawaban Anda pada: 
  • Perilaku membangun seperti komitmen, determinasi, kemauan, dll. 
  • Pengembangan keterampilan dan pengetahuan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan, dan kemampuan Anda dalam memberikan kontribusi pada perusahaan. 
  • Pengembangan profesionalitas Anda - keterandalan, kemampuan menemukan suatu cara, integritas, efisiensi, dll. 
  • Pengembangan keterampilan di tempat kerja seperti kemampuan bekerja di dalam tim, berkomunikasi, memecahkan masalah, kepemimpinan, dan sebagainya.

Apa kekuatan terbesar Anda?

Anda tidak punya pengalaman kerja dan keterampilan Anda belum teruji di tempat kerja. Bagaimana Anda bisa memberitahukan kekuatan Anda terkait dengan pekerjaan ini? Ubah kurangnya pengalaman Anda menjadi sebuah kekuatan dan tekankan potensi Anda.

Meskipun Anda belum mampu menawarkan sejumlah pengalaman dan keahlian kepada mereka, Anda bisa membawa hal-hal berikut ke dalam pekerjaan tersebut:
  • Antusiasme dan energi. 
  • Pikiran yang terbuka tanpa adanya rutinitas tetap yang harus diberantas . 
  • Kemampuan Anda untuk belajar - Anda masih terbiasa melakukannya. 
  • Kemampuan beradaptasi - Anda masih bisa dipengaruhi dan dibentuk. 
  • Kesegaran - Anda belum pernah melihatnya sebelumnya.
Sertakan poin-poin ini dalam jawaban Anda bersama dengan kualitas personal yang akan membuat Anda mampu mengerjakan pekerjaan itu dengan baik

Contoh

"Menurut saya kekuatan terbesar saya adalah (berikan tiga bakat dan kualitas personal Anda yang Anda rasa merupakan kekuatan mumi dan yang tepat untuk pekerjaan tersebut). Saya yakin saya telah mendemonstrasikannya sebelumnya dengan (berikan contoh singkat yang menunjukkan Anda menggunakan kekuatan Anda). Meski pengalaman belum menjadi kekuatan kunci saya, saya benar-benar memiliki (berikan pengalaman yang Anda miliki dan latar belakang teoritis) Selain itu, saya yakin saya mampu membawa (teruskan dengan poin poin di atas - antusiasme, pikiran yang terbuka dll) ke dalam pekerjaan tersebut."

Apa yang pernah Anda lakukan untuk menunjukkan inisiatif? 

Pilih tiga kejadian di mana Anda memperlihatkan kualitas yang berguna ini. Usahakan untuk memberikan contoh yang
  • Memperlihatkan Anda bertindak dengan tanggung jawab. 
  • Memperlihatkan kemampuan Anda memecahkan masalah. 
  • Memperlihatkan kemandirian. 
  • Menunjukkan pemikiran yang baik dan tindakan yang terencana. 
Jangan lupa untuk menceritakan keuntungan yang didapat, terutama bagi orang lain selain Anda sendiri.

Minat apa lagi yang sekarang pernah Anda sukai? 

Usahakan untuk membuat pilihan yang mencakup kisaran kualitas yang diinginkan. Meliputi: 
  • Contoh aktivitas tim. 
  • Posisi tanggung jawab yang sedang/pernah Anda pegang - kapten tim editor, bendahara. 
  • Sesuatu yang membutuhkan motivasi diri. 
  • Sesuatu yang terfokus pada komunitas. 
  • Sesuatu yang benar-benar Anda minati.
Waspadai hal-hal yang kontroversial. Jika Anda ternyata seorang pendukung perburuan atau penyabot perburuan yang berkomitmen, misalnya, ini mungkin bukan saat yang terbaik untuk memperdebatkan kasus Anda. Sebaliknya biarkan minat dan antusiasme Anda tersampaikan melalui jawaban Anda.

Pengetahuan Profesional

Selain dari pertanyaan-pertanyaan di atas, bersiap-siaplah menjawab beberapa pertanyaan spesifik berkaitan dengan:
  • Setiap mata pelajaran yang telah Anda ambil dan pengetahuan yang telah Anda raih, baik pengetahuan praktis maupun teoritis. 
  • Detail mengenai proyek yang pernah Anda tangani. 
  • Detail mengenai setiap pengalaman kerja yang Anda miliki – apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda melakukannya, dst. 
  • Setiap aktivitas ekstrakurikuler yang Anda ikuti - olahraga, tim, kelompok minat khusus, dsb. 

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik