Contoh Wawancara Kerja dan Jawaban Singkat

Contoh Wawancara Kerja

Di bawah ini adalah contoh dialog atau percakapan wawancara kerja beserta jawaban yang bisa digunakan untuk menjawabnya. Contoh-contoh di bawah ini, dapat Anda jadikan referensi, jika Anda dipanggil untuk wawancara kerja. Jawaban yang ada pada contoh wawancara kerja, tidak selalu harus sesuai dengan yang ada pada contoh wawancara kerja, namun Anda bisa menambahi atau pun mengurangi sesuai dengan situasi dan jenis pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Baca juga: Tips persiapan menghadapi interview kerja

Contoh dialog interview kerja

B: Menurut Anda, kemampuan apa saja yang harus dimiliki untuk jabatan yang sedang Anda lamar?

A: Menurut saya, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan juga kepemimpinan akan diperlukan dalam pekerjaan ini.

B: Hal apa yang Anda sukai dan tidak Anda sukai dari pekerjaan ini?

A: Saya menyukai semua hal tentang pekerjaan ini, karena pekerjaan ini penuh dengan tantangan baru dan setiap saat memberikan pengalaman bagi saya. Tidak ada hal yang tidak saya sukai dari pekerjaan itu. Oleh karena itu saya sangat menyukai pekerjaan ini.

B: Anda lebih memilih bekerja pada perusahaan kecil, menengah atau atas?

A: (jawaban yang Anda berikan, bisa disesuaikan dengan perusahaan yang Anda lamar sekarang ini). Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan kecil, Anda dapat menjawab, saya menyukai bekerja dengan suasana kekeluargaan seperti ini. Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan menengah, Anda bisa menjawab dengan, saya senang bekerja dengan tim yang selalu bersemangat. Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang besar, Anda bisa menjawab dengan, saya menyukai dan sangat menikmati bekerja di perusahaan yang besar dengan kinerja yang tinggi.

B: Apakah yang Anda cari pada sebuah pekerjaan baru dan meninggalkan pekerjaan yang lama?

A: Saya sedang mencari sebuah pekerjaan baru yang mana pada pekerjaan baru tersebut, saya dapat menggunakan kemampuan dan keterampilan saya dengan maksimal. Selain itu, pada pekerjaan baru tersebut saya juga akan mendapatkan keterampilan yang baru.

B: Menurut Anda, apakah pekerjaan yang ideal bagi Anda?

A : Pekerjaan yang ideal bagi saya adalah pekerjaan yang menggunakan semua kerja yang saling mendukung satu sama kemampuan dan keterampilan saya dalam bekerja. Selain itu pekerjaan dengan gaji yang pantas, lingkungan yang nyaman, teman lain. Selain itu juga pekerjaan yang akan memberi saya keterampilan-keterampilan yang baru.

B: Menurut Anda, bagaimanakah pendapat Anda tentang manajer Anda yang terdahulu?

A: Manajer saya yang terdahulu adalah orang yang terbuka dan bertanggung jawab. Darinya saya dapat belajar banyak dan berkomunikasi dengan baik.

B: Apakah yang Anda anggap sebagai keberhasilan Anda?

A: Saya menjadi orang berhasil jika saja mampu bekerja dengan baik dan mendapatkan prestasi pada bidang pekerjaan saya.

B: Bagaimana Anda menangani kritik dari orang lain?

A: Saya selalu berpikir, jika kritikan itu adalah hal yang penting untuk menjadi diri yang lebih baik. Maka dari itu, dengan kritikan dari orang lain tersebut, saya akan memperbaiki setiap hal yang saya kerjakan.

B: Jika Anda menjadi manajer, seperti apakah

A: Saya akan menjadi manajer yang bertanggung jawab serta peduli dengan bawahan saya. Selain itu saya juga akan menjadi pendengar yang baik.

B: Apakah Anda dapat bekerja sama dengan orang lain ataukah hanya dapat bekerja sendirian?

A: Saya senang dengan kedua situasi tersebut, karena ada saatnya saja harus bekerja sendiri, dan ada saatnya pula saya bekerja dengan orang lain.

B: Apakah Anda adalah tipe orang yang dapat memotivasi diri Anda sendiri ataukah Anda membutuhkan orang lain?

A: Ya, saya adalah tipe orang yang mampu memotivasi diri Anda sendiri.

B: Apakah Anda bertindak berdasarkan inisiatif Anda sendiri?

A: Ya, saya bertindak dengan inisiatif saya sendiri. 

B: Apa saja yang dapat memotivasi diri Anda?

A: Kritikan dari orang lain, kesempatan untuk mempelajari hal baru dan juga semangat kerja bersama.

B: Apakah Anda dapat memotivasi orang lain?

A: Ya, saya dapat memotivasi orang lain. Saya harus memberikan mereka dukungan dan juga bantuan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

B: Apakah Anda dapat bekerja di bawah tekanan?

A : Ya, saya dapat bekerja di bawah tekanan.

B: Apakah Anda keberatan jika harus bekerja dengan orang yang lebih tua dari Anda?

A: Saya tidak merasa keberatan jika bekerja dengan orang yang lebih tua dari saya.

B: Kenapa Anda mau bekerja dengan orang yang lebih tua dari Anda?

A: Saya tidak boleh membedakan dengan orang yang lebih tua atau tidak.

B: Berapa lama Anda akan bertahan pada pekerjaan yang baru ini?

A: Saya sedang mencari kesempatan jangka panjang untuk bekerja, di mana saya dapat belajar dan berkembang. Menurut saya, perusahaan inilah yang akan memberikan saya kesempatan untuk belajar dan berkembang.

B: Apakah Anda merasa terlalu tua untuk pekerjaan ini?

A: Saya rasa tidak, karena kemampuan dan pengalaman yang saya miliki selama ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dibandingkan dengan orang yang lebih mudah dari saya.

B: Berapa gaji yang Anda cari sekarang ini?

A: Saya yakin, dengan kemampuan saya, saya akan berada pada range tertinggi gaji perusahaan yang telah ditentukan. Atau jika pertanyaan ini ditanyakan pada awal wawancara Anda dapat menjawab,sulit untuk membicarakan gaji sekarang ini, sebelum mengetahui posisi dan tanggung jawab saya

B: Apakah Anda mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan ini?

A: Ya tentu, namun belum semua, dan saya ingin mengetahui lebih banyak lagi.

B: Mengapa Anda memilih profesi ini?

A: Saya sangat menyukai hitungan sejak SMP, : kemudian berlanjut pada jenjang SMA dan setelah menjadi sarjana. Saya menyukai semua mata pelajaran yang berhubungan dengan hitungan, dan saya bahagia dengan hal itu.

B: Apa Anda mengetahui kelemahan Anda?Bagaimana cara Anda untuk memperbaikinya?

A: Ya, saya mengetahui kelemahan saya. Saya kesulitan di dalam menghafal hal baru. Namun saya percaya bahwa setiap kekurangan pasti ada jalan keluarnya. Saya sudah dapat mengatasi kelemahan saya tersebut dengan lebih banyak membaca dan belajar, semakin saya sering membaca dan belajar, semakin lama pula saya ingat.

B: Bagaimana Anda dapat menangani kegagalan Anda?

A: Setiap orang tidak pernah terlepas dari kegagalan, begitu pula saya. Namun disetiap kegagalan tersebut, pasti ada kesempatan untuk berusaha.

B: Bagaimana Anda dapat menyakinkan orang untuk setuju dengan pandangan Anda?

A : Saya akan menjelaskan pandangan saya secara jelas dan terperinci, selain itu saya juga terbuka dengan pertanyaan. Saya juga siap untuk bernegosiasi dan menerima masukan dari orang lain, dan orang lain pun dapat menerima pandangan saya.

B: Apa yang ingin Anda capai dalam lima tahun ke depan?

A: Dalam lima tahun ke depan, saya ingin menjadi bagian penting dari perusahaan. Saya juga ingin mendapatkan proyek yang menantang.

B: Apakah menurut Anda, Anda mempunyai keterampilan yang cukup untuk bekerja pada perusahaan kami?

A: Ya, saya mempunyai keterampilan yang cukup di bidang ini. Saya berpengalaman selama lima tahun dalam hal desain. Saya tahu, bagaimana membuat desain yang menarik dan orang lain pun akan tertarik dengan desain saya tersebut. Setiap kali saya membuat desain, pelanggan saya pasti terlihat puas dengan hasil pekerjaan saya.

B: Berapa lama Anda bisa beradaptasi dan mulai bekerja dengan produktif?

A: Saya akan belajar dengan cepat, karena saya adalah seorang pembelajar yang cepat. Untuk beradaptasi dengan perusahaan dan aturan-aturan perusahaan, saya juga akan belajar dengan cepat. Untuk jenis pekerjaan nyata dan sesuai dengan keterampilan yang saya miliki, saya juga dapat belajar dengan cepat.

B: Jika teman Anda ada yang melakukan suatu kesalahan apa yang akan Anda lakukan?

A: Jika hal tersebut terkait aturan perusahaan, saya akan mengingatkan teman saya tersebut, dan jika dia tidak dapat berubah saya akan melaporkan pada atasan.

B: Bagaimana Anda menangani seorang teman yang selalu berpikir, dialah yang terbaik?

A: Bila hal tersebut tidak mencampuri kinerja saya, saya akan membiarkannya saja. Namun bila hal tersebut sudah mencampuri kinerja saya, saya akan berbicara dengannya untuk bertukar pikiran.

B: Jika ada 3 orang dalam tim Anda, dan Anda berpikir bahwa dapat separuh dari pekerjaan tersebut, apakah yang akan Anda lakukan?

A: Hal tersebut tergantung pada keadaan yang saya hadapi. Jika bos saya pikir saya dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut, saya tidak akan mengeluh jika bekerja lebih banyak dari kedua teman saya yang lain.

B: Mengapa Anda berhenti pada pekerjaan Anda yang sebelumnya?

A: Tidak ada waktu pasti pada perusahaan saya sebelumnya, hal tersebut mengacaukan ritme kerja saya. Jika saya memang belum menyelesaikan tugas saya, saya akan lembur, namun tidak untuk kerja tanpa waktu yang pasti. Saya sudah berbicara pada atasan saya untuk membicarakan hal ini, namun tidak ada perubahan apa-apa. Sehingga saya mulai mencari pekerjaan baru.

B: Apa yang Anda sukai dari bos Anda yang terdahulu?

A: Bos saya adalah orang yang baik dan bertanggung jawab. Dia selalu mau mendengarkan pendapat dari bawahan. la membuat kami merasa nyaman dan bersemangat meskipun pekerjaan menumpuk.

B: Apakah yang tidak Anda sukai dari bos Anda sebelumnya?

A: Kadangkala sangat sulit memahami ritme kerja bos saya, meskipun begitu saya memahami bos saya mempunyai tanggung jawab yang besar.

B: Mengapa Anda dipecat dari pekerjaan Anda yang sebelumnya?

A: Saya memberi potongan harga pada salah seorang pelanggan kami, karena pelanggan tersebut pelanggan yang setia dan saya ingin membuatnya senang. Namun hal tersebut membuat perusahaan kami menjadi rugi. Saya setuju jika hal tersebut adalah kesalahan saya, seharusnya saya bertanya pada atasan saya terlebih dahulu. Meskipun begitu saya sudah menyadari kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya.

B: Bila Anda telah bergabung dengan perusahaan kami, namun ada perusahaan lain yang memberikan gaji yang lebih tinggi, apakah Anda akan meninggalkan perusahaan kami?

A: Bila saya menerima gaji dari perusahaan Anda, maka saya menyukai perusahaan tersebut, dan saya tidak berniat untuk meninggalkannya.

B: Pada pekerjaan Anda sebelumnya, Anda telah bekerja selama lima tahun tanpa adanya promosi. Apakah ada penjelasan dari kejadian tersebut?

A: Tidak ada pertumbuhan dari perusahaan saya selama beberapa waktu terakhir, sehingga tidak ada yang dipromosikan. Oleh karena hal tersebut, saya melamar di perusahaan Anda.

B: Berapa gaji yang cocok bagi Anda?

A: Saya sudah mengecek perusahaan ini dengan posisi . Mendapat gaji yang berkisar antara ... sampai dengan ... Saya tidak terlalu terpaku pada jumlah tertentu. Tergantung tanggung jawab dari kerja, dan saya mau bernegosiasi untuk itu.

B: Apakah reaksi Anda, jika saya mengatakan bahwa sejauh ini wawancara Anda sangat buruk?

A: Saya terkejut dan sedih karena hasil dari wawancara tidak seperti yang saya harapkan. Saya telah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh agar dapat diterima di perusahaan ini. Bolehkah saya bertanya, dimanakah presentasi saya yang Anda anggap tidak mencapai standar yang telah ditetapkan? Bila Anda dapat menunjukkan hal tersebut kepada saya, mungkin saya dapat mengulangi atau membetulkan kesalahpahaman yang ada.

B: Hal-hal jelek apa yang telah Anda dengar dari perusahaan kami?

A: Hal terburuk yang pernah saya dengar adalah, betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan ini dan betapa ketatnya wawancara kerja yang dilakukan.

B: Kenapa saya harus mempekerjakan Anda?

A: Karena saya memiliki pengetahuan, pengalaman serta kemampuan dan keterampilan yang dapat saya gunakan sebaik-baiknya di perusahaan ini.

B: Bila Anda mencari seseorang untuk bekerja? Apa yang Anda cari darinya?

A: Saya mencari orang yang memiliki keterampilan dan juga inisiatif yang tinggi. Selain itu juga mampu beradaptasi dengan baik.

B: Menurut Anda, apakah tugas manajer yang paling sulit?

A: Menjalankan apa yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan

B: Katakan kepada saya, siapakah diri Anda?

A: Saya lahir di Yogyakarta. Pada umur sebelas tahun keluarga saya pindah ke Jakarta. Saya masuk sekolah Internasional dan mendapatkan nilai tertinggi. Dari sekolah menengah pertama, saya sangat menyukai berhitung sampai sekarang ini. Untuk itu saya memilih mengambil jurusan yang berhubungan dengan berhitung.

B: Mengapa Anda memilih gelar sarjana Anda seperti sekarang ini?

A: Saya sangat menyukai desain, oleh karena itu, saya pun melanjutkan sekolah untuk mendapat gelar sarjana di bidang tersebut.

B: Bagaimana cara Anda memimpin sebuah kelompok untuk dapat mencapai tujuan tertentu?

A: Langkah awal saya untuk dapat memimpin adalah mengenal masing-masing bawahan saya dengan baik dan mengetahui karakternya. Selanjutnya saya menyusun strategi untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

B: Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

A: Saya rasa, kemampuan yang saya punyai akan sangat berguna jika saya bekerja di perusahaan ini, dan itulah yang saya cari.

B: Bagaimana Anda mengukur kesuksesan Anda sendiri?

A: Saya mengukur kesuksesan saya dengan uang yang saya peroleh. Saya dapat menyelesaikan setiap pekerjaan saya dengan hasil yang maksimal. Saya merasa sukses dengan pekerjaan saya, jika pelanggan saya terpuaskan dengan pelayanan saya.

B: Apa yang telah Anda lakukan untuk mempersiapkan wawancara ini?

A: Saya telah membaca brosur perusahaan Anda, pergi ke perpustakan dan mempelajari laporan tahunan. Saya mencari tahu tentang perusahaan Anda.

B: Kenapa kami harus menawarkan pekerjaan ini kepada Anda?

A: Sejak dahulu saya sudah menyukai bidang ini dan mengambil gelar sarjana pada bidang yang ini pula. Saya yakin kemampuan saya pada bidang ini.

B: Mengapa Anda melamar pada perusahaan kami?

A: Karena saya rasa, posisi yang ditawarkan cocok bagi saya.

B: Apakah Anda pernah bekerja pada bidang ini sebelumnya?

A: Ya, saya pernah

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik