60 Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja

Kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan saat interview kerja. Sehingga kita harus benar-benar memperhatikan dan mempersiapkan diri akan pertanyaan wawancara kerja yang biasanya bisa menjebak, dan kita harus mempunyai jawaban yang tepat dan benar, agar tes wawancara berhasil dengan memuaskan dan kita dapat diterima kerja di tempat yang kita inginkan. Berikut ini findira sudah mengumpulkan berbagai macam pertanyaan yang sering di tanyakan saat interview   beserta jawaban dan alasannya. 

Baca juga: Tips persiapan menghadapi interview kerja

Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Coba jelaskan siapa diri Anda?

Usahakan jawabannya Anda rangkum dalam kalimat yang dapat menunjang pekerjaan yang dipilih. Tidak salah jika menceritakan tentang prestasi sewaktu Anda bekerja di kantor lain, ataupun sasaran karir yang Anda miliki sehingga Anda berkeinginan sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Hal ini akan memberi nilai tambah pada Anda.

Contohnya pengalaman Eliana Burton, staf humas sebuah hotel berbintang di New York . Eliana mengatakan "Saya Eliana Burton, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di koran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak, berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang membaca dan traveling. Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekadar memberi referensi yang sedang laris untuk koran kampus saya."

Apa kelebihan yang Anda miliki?

Jangan menjawab kelebihan yang tidak menunjang pekerjaan Anda. Walaupun Anda orangnya sangat pintar dalam memasak, jangan ungkapkan jika Anda melamar sebagai seorang manajer karena kelebihan yang Anda miliki bukan termasuk dalam kualifikasi seorang manajer. Jika Anda menjawab "saya pandai memasak serta meracik bumbu" berarti hal itu Anda ungkapkan saat Anda melamar menjadi koki atau Juru masak.

Apa kelemahan yang Anda miliki?

Jawaban yang tepat untuk Anda kemukakan adalah kelemahan bukan suatu hal yang perlu saya cemaskan. Saya sadar, saya termasuk orang yang tidak begitu penyabar dalam menghadapi teman satu tim yang bekerja secara lambat. Tetapi daripada saya frustasi memikirkan hal tersebut lebih baik saya membantu mereka untuk menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi saat bekerja. Hal itu akan membuat saya bergerak lebih maju daripada saya frustasi dan tidak melakukan apa-apa."

Jawaban ini menggambarkan bahwa sebenarnya Anda adalah seorang yang mudah marah akan kelambatan kinerja teman Anda. Tetapi dibalik kelemahan, Anda dapat mengubah kelemahan tersebut menjadi suatu kelebihan. Sehingga Anda mendapat poin plus dalam hal ini.

Bagaimana Anda bisa menangani stress?

Cukup menjawab "jika saya stres dalam bekerja akibat kerjaan yang menumpuk maka saya akan memotivasi diri saya untuk segera menyelesaikan tugas tersebut karena semua itu adalah tanggung Jawab saya". Dengan jawaban seperti ini berarti Anda sadar akan tugas serta tanggung jawab dari seorang karyawan.

Berapa banyak Anda bisa menghabiskan waktu untuk bekerja?

Jawaban yang paling aman yaitu jangan menjawab jumlah jam yang pasti. Tetapi jawablah bahwa Anda siap bekerja sebanyak jam yang ditentukan oleh perusahaan. Tetapi konsekuensinya, Anda harus siap bekerja lebih di luar jam kerja pada umumnya tanpa mendapat tambahan uang lembur. Untuk itu berhati-hatilah dalam menjawab.

Mengapa Anda harus melamar pekerjaan di tempat kami? 

Jangan asal menjawab "ya karena saya suka dengan perusahaan yang bapak pimpin" karena jawaban ini menandakan Anda belum siap untuk bekerja pada perusahaan itu. Setidaknya Anda harus tahu visi dan misi perusahaan tersebut untuk bekal menjawab pertanyaan ini, jika Anda sudah mengetahui visi dan misinya maka Anda cukup menjawab "ingin bersama sama mengembangkan dan memajukan perusahaan ini sesuai dengan visi dan misi yang sudah ada”.

Anda juga bisa mengalihkan perhatian pewawancara dengan cara Anda mengajukan pertanyaan pada pewawancara tentang keunggulan perusahaan tersebut, sehingga pewawancara menilai Anda cukup lihai dan berminat untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Berapa gaji yang Anda minta jika diterima pada perusahaan kami?

Jangan menyebutkan nominal yang tinggi dan membuat Anda terlihat sebagai orang yang tamak dan serakah. Tanyalah pada orang yang mengetahui informasi gaji tentang pekerjaan tersebut.

Lalu Anda cukup menjawab "tentunya perusahaan ini sudah memilki standar gaji bagi posisi pekerjaan yang ditawarkan" atau Anda pun bisa memberitahu pewawancara bahwa Anda akan membicarakan masalah ini nanti jika Anda sudah diterima pada posisi yang ditawarkan.

Tetapi terkadang pewawancara memaksa kita untuk menyebutkan nominal yang kita inginkan. Hindari untuk menyebut angka pasti, jawab saja berkisar antara Rp.. sampai dengan Rp. . Perlu Anda ingat! Jawab sesuai standar gaji di perusahaan yang sejenis karena jika kita menyebut kisaran yang terlalu tinggi dapat membuat pewawancara mengangkat dahi mereka serta jika kita menjawab terlalu rendah pewawancara akan menganggap kita sebagai pekerja murahan. Untuk itu berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan ini.

Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang terdahulu?

Jawaban dari Anda akan mempengaruhi pola pikir para pewawancara. Anda tidak boleh menjelek-jelekkan perusahaan Anda yang dahulu. Jawablah secara diplomatis walaupun Anda keluar dari perusahaan yang terdahulu akibat sebuah masalah.

Anda harus dapat menjelaskan alasan Anda pindah ke perusahaan yang baru karena ingin meningkatkan kinerja Anda ataupun karena sesuatu hal yang mempunyai nilai positif. Jangan sekali-kali Anda menjawab "Saya bosan dengan bos saya yang terlalu mengatur di perusahaan yang lama". Karena jawaban seperti ini akan membuat wawancara berpikir negatif tentang diri Anda.

Mengapa Anda memilih universitas tersebut dan memilih jurusan tersebut?

Langkah awal yang harus Anda ceritakan adalah tentang tujuan hidup Anda atau sesuatu hal yang Anda harapkan sehingga Anda memilih universitas serta jurusan yang Anda pilih. Anda tidak perlu membeberkan alasan yang akan menjebak diri Anda sendiri, seperti alasan Anda terpaksa kuliah karena dipaksa oleh orang tua atau ikut-ikutan teman. Karena jawaban seperti ini menggambarkan bahwa Anda tidak punya tujuan hidup. Hal ini akan mengurangi nilai Anda pada saat wawancara.

Mengapa perusahaan kami harus menerima Anda?

Jangan memberikan jawaban terlalu umum. Seperti jawaban "saya seorang yang pekerja keras untuk itu saya merasa pantas untuk bekerja di perusahaan ini." Hindari jawaban seperti itu. Anda harus bisa memperlihatkan keunikan Anda yang belum tentu orang lain memilikinya tentunya yang dapat menunjang pekerjaan Anda.

"Saya seorang yang mudah berkomunikasi dengan orang lain. Saya pintar dalam mengambil hati mereka untuk bisa berbincang-bincang lama dengan saya. Kebanyakan mereka pun juga menanggapi apa yang menjadi topik bahasan saya saat itu, untuk itu saya merasa pantas untuk melamar posisi sales pada perusahaan bapak". Jawaban seperti ini menggambarkan bahwa Anda adalah seseorang yang pandai berkomunikasi.

Apa yang Anda ketahui tentang industri yang Anda lamar?

Anda dapat menjawab dengan jawaban "Selama ini saya telah melakukan riset dan mengetahui misi pada industri ini. Selain itu saya juga sudah akrab dengan produk-produk yang dihasilkan pada industri ini serta saya juga mengetahui pesaing. pesaing industri Anda. Bahkan saya telah mempelajari perjalanan karir serta kesuksesan kedua orang yang mendirikan industri Anda. Saya pun tahu bahwa pada saat ini industri Anda akan bersiap-siap meluncurkan produk baru. Untuk itu saya berminat untuk bergabung pada industri ini".

Jawaban ini menggambarkan bahwa Anda memang sudah mengetahui seluk beluk industri yang Anda lamar. Dengan begitu perusahaan tidak perlu lagi menerangkan pada Anda tentang visi, misi, masalah maupun tujuan yang akan mereka capai.

Apa rencana Anda lima tahun ke depan?

Agar pada saat menjawab pertanyaan ini Anda bisa menyelaraskan antara impian yang Anda ingin capai dengan target jangka panjang perusahaan yang Anda lamar. Jangan sampai jawaban Anda menyimpang dari apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Misalnya saja perusahaan yang Anda lamar memiliki target jangka panjang yaitu produknya cabang di luar negeri. Maka jawaban Anda yang sesuai adalah "Rencana saya 5 tahun ke depan adalah saya ingin tinggal di luar negeri serta di sana saya ingin menjadi pemimpin cabang dari perusahaan Anda. Itulah rencana yang saya ingin capai".

Apa yang ingin Anda tanyakan tentang kami? 

Untuk itu jangan sia-sia kan kesempatan ini. Inilah saatnya Anda untuk mengajukan pertanyaan tentang perusahaan yang Anda lamar. Misalnya saja tentang kepemimpinannya serta aturan-aturan yang ada di perusahaan tersebut. Jangan terlalu banyak memberikan pertanyaan pada pewawancara.

Cukup tiga atau empat pertanyaan sudah cukup buat kesempatan yang diberikan oleh pewawancara. Karena tujuan Anda disini adalah untuk wawancara bukan untuk bertanya tentang seluk beluk perusahaan ataupun mencari informasi tentang perusahaan ini. Tetapi jika Anda diberi waktu, gunakan waktu itu sebaik mungkin.

Jelaskan posisi ideal apa yang Anda inginkan?

Pewawancara pasti akan mengeliminasi Anda di saat Anda tidak bisa menjawab dengan tepat pertanyaan ini. Karena perusahaan tidak mau menerima karyawan yang tidak tahu akan tugas yang harus mereka jalankan. Jika Anda melamar sebagai seorang guru di salah satu sekolah maka Anda harus bisa menjelaskan tentang tugas apa yang harus di ampu oleh seorang guru.

Salah satunya yaitu Anda harus bisa membuat suasana kelas menjadi kondusif sehingga siswa-siswi nyaman dalam menerima materi yang Anda berikan serta materi yang Anda berikan dapat mereka rekam atau pahami dengan baik.

Apakah Anda bisa bekerja pada week end?

"Saya akan mengikuti peraturan perusahaan, jika memang weekend mengharuskan karyawannya tetap masuk, maka saya akan mengikuti peraturan tersebut. Tetapi jika tidak ada peraturan tersebut, namun pada saat-saat tertentu karyawan diharuskan bekerja pada saat weekend saya sanggup dengan syarat harus ada pemberitahuan terlebih dahulu serta ada tambahan penghasilan atau sering disebut uang lembur". Ini adalah jawaban paling aman dalam menjawab pertanyaan ini jika Anda tidak mengetahui peraturan di sebuah perusahaan yang Anda lamar.

Apakah Anda bersedia mengikuti pelatihan dan pendapatan sertifikat?

Anda cukup menjawab “Saya bersedia mengikuti pelatihan atau pendapatan sertifikat guna menunjang kinerja saya".

Apakah hobi Anda?

Misalnya saja Anda melamar posisi manajer. Maka hobi yang tepat untuk Anda kemukakan adalah sepak bola. 

Dalam artian, saat bermain sepak bola Anda dituntut untuk merancang strategi bermain. Seorang manajer harus mampu menghandle karyawannya seperti ia menghandle bola di lapangan. Seperti itulah contoh jawaban yang sesuai dengan pekerjaan atau bidang yang Anda lamar.

Apa yang Anda inginkan dari pekerjaan ini?

Calon Bos Anda ingin mengetahui apakah yang Anda harapkan dari pekerjaan tersebut. Untuk menjawabnya, Anda harus dapat menekankan sisi positif dari pekerjaan Anda, dan kenapa Anda melamar pekerjaan tersebut.

yang perlu diingat, meskipun terdapat sisi negatif dalam pekerjaan tersebut, jangan sekali-kali disebutkan. 

Menurut Anda, kemampuan apa saja yang harus dimiliki untuk jabatan yang sedang Anda lamar?

Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang pekerjaan yang sedang Anda lamar. Karena setiap pekerjaan memerlukan jenis kebutuhan yang berbeda.

Kemampuan atau keterampilan yang diperlukan dapat meliputi, tanggung jawab, kesungguhan, kepemimpinan, keterampilan berkomunikasi, keterampilan interpersonal, keterampilan logika, keterampilan analisis, keterampilan komunikasi, dan masih banyak yang lain.

Apa yang dapat Anda sumbangkan untuk pekerjaan ini?

Calon bos Anda ingin mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan untuk pekerjaan tersebut. Anda pun tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini. Pada saat bos Anda menanyakan tentang sumbangan yang dapat Anda berikan, di sinilah Anda bisa mengemukakan kelebihan Anda dan prestasi-prestasi yang dapat mendukung Anda dalam pekerjaan tersebut.

Bagaimana Anda dapat meraih kesuksesan dengan pekerjaan Anda?

Calon bos Anda tentu saja ingin mengetahui, apa saja yang dapat Anda lalukan untuk dapat meraih kesuksesan dengan pekerjaan Anda. Untuk itu, kemukakan jawaban yang menyatakan bahwa Anda adalah tipe orang yang menyukai kesuksesan dan akan meraih kesuksesan. Nyatakan bahwa Anda adalah orang yang tekun dan rajin, sehingga sebelum Anda sukses, Anda tidak akan berhenti.

Apa yang Anda sukai dan tidak Anda sukai dari pekerjaan ini?

Setiap pekerjaan tentu saja tidak hanya memiliki hal yang positif, namun juga hal yang negatif. Anda harus berhati-hati ketika menjawab pertanyaan yang seperti ini. Jangan sekali-kali menyatakan bahwa Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Katakanlah, jika Anda sangat menyukai pekerjaan tersebut. Nyatakan pula jika Anda adalah jenis orang yang menyukai tantangan baru yang akan memberikan pengalaman yang berarti dalam hidup Anda.

Mengapa Anda memilih karier di bidang (...)?

Pertanyaan mengapa Anda memilih karier di bidang ( ..) adalah pertanyaan yang harus Anda jawab mengenai hal. hal positif yang ada pada pekerjaan tersebut. Misalnya saja pekerjaan ini adalah jenis pekerjaan yang sangat saya sukai karena menantang dan selalu memberikan semangat pada hidup saya ketika mengerjakannya.

Mengapa Anda ingin merubah karier Anda dari pekerjaan sebelumnya?

katakanlah jawaban yang bijak, tanpa menjelekkan karier Anda yang sebelumnya.J awaban tersebut berasal dari kemampuan Anda sendiri. Tekankan jika Anda memiliki kemampuan lain selain karier Anda yang sebelumnya. Katakan jika Anda memiliki keterampilan dan kemampuan di karier yang baru, sehingga Anda ingin merubah arah karier Anda.

Apakah pendapat Anda mengenai perusahaan Anda sebelumnya?

Meskipun Anda sebelumnya tidak menyukai pekerjaan dan perusahaan Anda sebelumnya, jangan sekali pun menyatakan hal tersebut pada calon bos Anda. Anda harus tetap menjawab hal-hal yang positif terkait perusahaan Anda sebelumnya. Katakan pada calon bos Anda jika perusahaan Anda sebelumnya memberikan kontribusi yang banyak bagi Anda, terutama dalam hal pengalaman.

Coba Anda terangkan struktur perusahaan Anda yang sebelumnya, terangkan pula Anda berada pada bagian yang mana, dan bagaimana cara Anda bisa cocok di dalamnya?

Pertanyaan yang seperti ini ditanyakan pada Anda karena bos Anda ingin mengetahui apakah perusahaan yang sebelumnya berada pada tingkatan yang sama pada perusahaan yang baru. Hal ini juga untuk menunjukkan bahwa Anda siap untuk berada pada posisi baru tersebut.

Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk memperoleh pekerjaan yang baru?

Jenis pertanyaan yang demikian adalah jenis pertanyaan yang menjebak, karena calon bos Anda ingin mengetahui berapa lama Anda menjadi pengangguran. Meskipun Anda menjadi pengangguran sebelum bekerja di perusahaan, katakanlah apa adanya jika Anda memang tidak bekerja di perusahaan. Namun selain itu, Anda juga harus menerangkan pekerjaan sampingan Anda sebelum bekerja di perusahaan. Hal ini akan menjadi poin bagi Anda, karena meskipun Anda menganggur cukup lama, Anda mengisinya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Anda lebih menyukai bekerja di perusahaan yang kecil, menengah atau besar?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui posisi perusahaan yang Anda lamar, apakah perusahaan besar, menengah atau kecil. Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang kecil, katakanlah jika Anda menyukai perusahaan tersebut karena suasana dengan tim yang kecil sangat menyenangkan dan Anda tertarik. Jika Anda melamar di sebuah perusahaan besar, katakan jika Anda menyukai dan menikmati stabilitas kerja yang tinggi.

Apa yang Anda cari pada pekerjaan baru Anda?

Jawaban yang Anda berikan haruslah sesuai dengan perusahaan yang Anda lamar. Yang lebih umum, Anda dapat menjawab jika Anda ingin mencari pekerjaan yang dapat menggunakan keterampilan-keterampilan Anda. Selain itu di tempat pekerjaan baru, Anda ingin mencari pengalaman dan keterampilan yang baru pula.

Apakah yang menurut Anda menjadi pekerjaan ideal Anda?

Anda harus menjawab dengan menyampaikan kriteria-kriteria yang telah mereka tetapkan dalam perusahaan untuk mencari pekerja baru. Terangkan, jika pekerjaan yang ideal bagi Anda adalah pekerjaan yang menantang, dapat melatih keterampilan-keterampilan Anda, dapat mendapatkan keterampilan baru, lingkungan yang nyaman, dan rekan kerja yang nyaman pula. Selain itu pekerjaan yang ideal adalah pekerjaan dengan karier yang baik, dan penghasilan yang baik.

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan posisi lain di tempat yang lain?

Anda harus menjawab jujur dengan pertanyaan ini. Bila Anda sedang tidak mempertimbangkan posisi lain, jangan menjawab ya. Begitu pula jika Anda memang sedang mempertimbangkan posisi lain, Anda harus tegas menjawab dengan ya. Namun, yang perlu diperhatikan, setelah menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus menerangkan lebih lanjut dengan jawaban tersebut.

Apa pendapat Anda tentang manajer di perusahaan Anda sebelumnya?

Meskipun manajer Anda adalah orang yang menyebalkan dan Anda tidak menyukainya, Anda tidak boleh mengatakan hal yang demikian pada calon bos Anda. Anda harus mengatakan jika mantan manajer Anda sebelumnya adalah orang yang bertanggung jawab dan Anda dapat belajar banyak darinya. Selain itu kemukakan juga jika manajer Anda mampu berkomunikasi dengan baik pada Anda.

Apakah Anda melihat diri Anda adalah seseorang yang berhasil?

Untuk pertanyaan ini, Anda harus menjawab dengan ya. Untuk lebih menguatkan jawaban Anda tersebut, Anda harus menerangkan hal-hal yang membuat Anda menjadi orang yang berhasil. Di antaranya kemukakan jika Anda mempunyai prestasi pada bidang pekerjaan Anda tersebut.

Apakah kesuksesan terbesar Anda dan bagaimana mencapaianya?

Jika Anda adalah seorang yang telah berpengalaman dalam pekerjaan Anda sebelumnya, kemukakan prestasi Anda yang paling sukses, dan ceritakan pula perjalanan Anda untuk mencapai itu semua. Kemukakan jika Anda adalah orang yang pantang menyerah sebelum menjadi seseorang yang sukses dan berhasil. Selain itu kemukakan juga prestasi-prestasi yang dapat Anda capai selama Anda bekerja. Prestasi yang dapat Anda raih juga merupakan kesuksesan karena tidak mudah untuk mengejar prestasi.

Bagaimana Anda dapat memperbaiki diri Anda?

Pertanyaan ini adalah jenis pertanyaan tentang mengenali diri sendiri, karena ketika Anda mengetahui dan mengenal diri Anda kelebihan serta kekurangan Anda, maka Anda akan dapat mengatasinya dan tahu jalan keluar dari masalah yang Anda hadapi. Namun meskipun Anda mengetahui kelemahan pada diri Anda, jangan sekalipun menyatakan hal negatif tersebut pada pewawancara Anda.

Apakah Anda seseorang dengan bakat memimpin?

Setiap orang mempunyai kemampuan untuk memimpin dirinya dan orang lain, Bakat seorang pemimpin bukan merupakan bakat turunan, namun dapat dilatih. Oleh karenanya, jika Anda memiliki kemampuan tersebut, jelaskan pada calon bos Anda jika Anda mempunyai bakat memimpin. Untuk membuktikan perkataan Anda tersebut, Anda harus menjelaskan pada calon bos Anda, pencapaian apa saja yang pernah Anda capai selama menjadi pemimpin. Selain itu boleh juga Anda menjelaskan sikap seorang pemimpin, di antaranya adalah peduli dengan bawaan dan mau mendengarkan.

Anda adalah tipe orang yang mampu bekerja dengan tim, atau tipe orang yang hanya bisa bekerja sendirian?

Untuk pertanyaan seperti ini, jangan menjawab bahwa Anda mampu bekerja dengan tim atau Anda adalah tipe orang yang tidak bisa bekerja dengan tim. Jawablah jika Anda senang pada pekerjaan yang dikerjaan dengan orang lain, dan pekerjaan yang Anda kerjakan sendiri. Anda harus menjawab demikian, karena tidak semua pekerjaan dapat dikerjakan sendiri, dan tidak semua pekerjaan dikerjakan secara berkelompok.

Apakah Anda tipe orang yang memerlukan orang lain untuk memotivasi diri sendiri?

Ketika menjawab pertanyaan apakah Anda adalah tipe orang memerlukan orang lain untuk memotivasi diri sendiri, jawablah jika Anda tidak memerlukan orang lain untuk memotivasi diri sendiri, dan Anda dapat memotivasi diri sendiri, karena motivasi yang paling besar adalah motivasi yang berasal dari diri sendiri.

Apakah Anda tipe orang yang cepat bergabung dengan tim baru?

Jawablah ya dengan pertanyaan tersebut. Jelaskan bahwa Anda adalah tipe orang yang pandai bergaul dan pandai menyesuaikan diri dalam segala situasi.

Apakah Anda dapat bertindak sesuai inisiatif Anda sendiri?

Katakanlah jika Anda dapat bertindak menurut inisiatif sendiri tanpa perintah dari orang lain.

Apakah Anda dapat memotivasi orang lain?

Katakanlah jika Anda adalah seseorang yang mampu memotivasi orang lain dengan cara Anda sendiri. Berikan jawaban jika Anda akan berusaha untuk dapat berguna bagi orang lain, salah satunya adalah adalah dengan memotivasi orang lain. Berikan contoh jika Anda mampu memotivasi orang lain, salah satunya dengan memuji hasil dari pekerjaan orang lain tersebut.

Apakah Anda adalah tipe orang yang senang bersaing?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tergantung pada jenis pekerjaan Anda. Jika Anda adalah seorang yang harus bekerja dengan tim, maka jawablah jika Anda adalah orang yang dapat bekerja untuk kebaikan bersama dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Jika Anda bekerja pada bagian promosi, kemukakan jika Anda sangat menyukai persaingan dan tantangan. Karena persaingan akan membuat diri Anda lebih berkembang dan lebih baik dari orang lain.

Apakah Anda siap jika diberi tanggung jawab yang besar? 

Untuk menjawabnya Anda perlu menjelaskan tanggungjawab apa saja yang dibebankan kepada Anda dan tunjukkan bagaimana cara Anda mengatasinya. Selain itu jawablah pertanyaan jika Anda mampu diberi tanggung jawab yang besar dan tidak akan menyianyiakan tanggung jawab tersebut. Jawablah jika Anda akan melaksanakan tanggung jawab yang diberikan kepada Anda dengan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan bos Anda dan juga orang lain.

Apakah Anda dapat bekerja di bawah tekanan?

Anda dapat bertanya pada calon bos Anda tekanan apa saja yang mungkin terjadi pada pekerjaan tersebut, kemudian jawablah ya jika memang Anda mampu mengatasi berbagai macam tekanan dari pekerjaan Anda tersebut.

Apakah Anda dapat bekerja dengan orang yang lebih tua atau lebih muda dari Anda?

Jelaskan jika Anda adalah orang yang bisa bekerja dengan siapa pun tidak memandang usia atau pengalaman kerja. Jelaskan pula banyak keuntungan dari mampu bekerja dengan orang yang lebih tua atau lebih muda. Dengan bekerja pada orang yang lebih tua dan cenderung lebih berpengalaman daripada Anda, Anda dapat mengambil banyak pengalaman dari orang tersebut, begitu pula jika Anda bekerja dengan orang yang lebih muda, jika Anda dapat memperoleh berbagai macam kelemahan dari kelebihan orang yang lebih muda tersebut.

Bagaimana cara Anda bergaul dengan rekan kerja Anda atau dengan manajer Anda?

Kemukakan, jika Anda adalah tipe orang yang mampu berkomunikasi dengan orang lain secara baik. Sehingga Anda dapat bergaul dengan baik dengan manajer dan juga dengan teman kantor Anda.

Hal menarik apa yang sering Anda lakukan di luar kerja?

Jika pertanyaan dari calon bos Anda adalah demikian, makan calon bos Anda ingin mengetahui apakah hobi atau kesenangan Anda. Anda jika bisa menjawab kesenangan-kesenangan Anda di luar kerja yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Jika Anda adalah orang yang sering berpindah kerja, berapa lama Anda akan bertahan pada pekerjaan ini? 

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mungkin saja ditanyakan jika Anda adalah seseorang yang kerap berpindah-pindah tempat kerja. Untuk menjawab pertanyaan ini, kemukakan jika Anda sedang mencari pekerjaan untuk jangka panjang. Kemukakan pula dalam jangka panjang tersebut Anda dapat banyak belajar dan berkembang bersama.

Apakah sebelumnya Anda pernah dipecat?

Jika memang sebelumnya Anda pernah dipecat, Anda harus menjawab jika Anda memang dipecat. Jika Anda dipecat karena perusahaan Anda sebelumnya kolaps tidak menjadi masalah. Namun jika Anda dipecat karena kesalahan Anda sendiri, Anda harus menerangkan namun jangan menampakkan diri Anda seseorang yang lemah meskipun dipecat.

Jelaskan jika memang kesalahan diri Anda sendiri yang menyebabkan Anda dipecat, Anda harus menjelaskan bahwa Anda telah menyadari kesalahan tersebut dan Anda dapat mengoreksi kesalahan Anda sendiri. Selain itu katakan juga jika Anda telah belajar dari kesalahan tersebut dan dapat memperbaiki diri.

Apakah Anda terlalu tua untuk pekerjaan ini?

Katakan meskipun Anda lebih tua dibandingkan yang lain, Anda memiliki pengalaman kerja yang lebih banyak dari orang yang lebih muda dari Anda. Terangkan sejalan dengan bertambahnya umur Anda, Anda juga mendapatkan pengalaman yang semakin banyak. Jelaskan jika pengalaman tersebut mampu memberikan kontribusi bagi perusahaan tersebut. Dan dengan pengamalan berbagai macam program dapat berjalan lebih cepat dibandingkan oleh orang yang memiliki pengalaman yang lebih sedikit.

Apakah Anda mau jika ditugaskan dengan berpindah-pindah?

Jika Anda mau dipindah tugaskan demi memenuhi tugas Anda katakan jika Anda mampu dan mau. Namun jika Anda tidak ingin berpindah kerja, katakan jika Anda tetap ingin di perusahaan tersebut.

Apakah Anda sering sakit?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur. Jika Anda adalah tipe orang yang mudah sekali sakit dan dalam jangka waktu tertentu, katakanlah demikian. Karena Anda akan sulit mengelak jika keadaan Anda memang demikian. Namun jika Anda tidak memiliki penyakit yang serius dan membutuhkan perhatian yang lebih, Anda juga harus mengatakan yang sebenarnya.

Berapa gaji yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda sebelumnya?

Jika gaji yang ditetapkan pada perusahaan yang Anda lamar lebih tinggi dari gaji Anda yang sebelumnya, atau sesuai dengan gaji Anda yang Anda tetapkan, Anda akan merasa lebih tenang. Namun jika gaji yang akan Anda terima lebih sedikit dari gaji Anda sebelumnya, mintalah pada mereka, jika membicarakan gaji terlebih dahulu Anda harus mengetahui tugas dan tanggung jawab Anda di perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat bertanya pada calon bos Anda, berapa range gaji yang ditetapkan perusahaan tersebut, karena setiap perusahaan mempunyai range sendiri-sendiri mengenai gaji.

Hal apa yang menjadi motivasi Anda sehingga melamar pekerjaan di perusahaan ini? Apakah motivasi Anda ingin mencari uang tambahan, mencari pengalaman atau menambah pengalaman?

Jenis pertanyaan ini adalah pertanyaan yang menjebak. Jika Anda menjawab motivasi bekerja pada perusahaan ini karena mencari uang tambahan, maka asumsi calon bos Anda, Anda sudah mempunyai pekerjaan lain di luar pekerjaan yang sekarang Anda lamar. Jika Anda menjawab jika Anda hanya ingin mencari pengalaman, maka sama saja Anda menjelaskan jika Anda hanya bermain-main. Untuk menjawab pertanyaan di atas, Anda harus mampu menjawab jika Anda memang benar-benar ingin bekerja pada perusahaan tersebut. Jelaskan jika Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut sehingga mendapatkan penghasilan yang dapat Anda gunakan dengan baik. Pertanyaan ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan Jika Anda adalah seseorang yang mampu bekerja keras dan dapat melaksanakan tanggung jawab dengan sebaik baiknya.

Apakah Anda bersedia mengikuti pelatihan yang diadakan oleh perusahaan?

Pertanyaan yang diajukan calon bos Anda terkait pelatihan, karena calon bos Anda ingin mengetahui apakah Anda mudah dibentuk untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh perusahaan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Anda harus menjawab jika Anda adalah orang yang mau mengikuti pelatihan. Karena pelatihan tersebut akan menjadikan pengalaman bagi Anda yang akan menguntungkan perusahaan dan juga diri Anda.

Apa kelebihan utama Anda?

Pertanyaan apa kelebihan utama Anda mirip dengan kemampuan apa yang Anda miliki. Namun, kelebihan utama adalah kemampuan utama yang Anda miliki, dan boleh jadi kelebihan itulah yang Anda banggakan. Jika mendapat pertanyaan yang demikian, Anda harus menjawab kelebihan utama Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda ingin melamar sebagai sekretaris, maka segala hal yang terkait pekerjaan sekretaris harus menjadi kelebihan Anda.

Apa kekurangan Anda yang paling jelas?

Setiap orang pasti mempunyai kekurangan, tidak terkecuali Anda. Akan lebih baik jika berkata jujur untuk mengatakan kekurangan yang dimiliki. Selain itu, jangan lupakan untuk menyertakan solusi dari kelemahan tersebut. Utarakan kelemahan yang bersifat konkret saja, misalnya, Anda lemah dalam mengingat, oleh karena itu, Anda membutuhkan buku catatan kecil untuk membantu pekerjaan Anda sehari-hari.

Buku catatan kecil tersebut selain bisa untuk membantu dalam mengingat, juga membantu menjadi orang yang disiplin dan teratur dalam waktu. Setelah mengungkapkan hal tersebut, susul dengan kemukakan kelebihan yang Anda miliki.

Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?

Pertanyaan mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama adalah pertanyaan yang bagi sebagian orang sulit dijawab, apalagi bila berhubungan dengan gaji. Oleh karena itu jangan sekalipun menyebutkan hal yang negatif tentang alasan meninggalkan kantor yang lama. Meskipun alasan yang digunakan adalah alasan yang bernada negatif, namun Anda tetap harus menyampaikan dengan nada positif. Misalnya saja dengan mengatakan jika Anda ingin berkembang lebih baik dari perusahaan yang sebelumnya, dan jelaskan kenapa perusahaan yang baru Anda masuki tersebut, memberikan kesempatan untuk Anda berkembang.

Adakah contoh kegagalan Anda?

Setiap orang pasti pernah gagal, tidak terkecuali Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjelaskan tentang kegagalan Anda. Yang lebih penting dari menjelaskan kegagalan, Anda juga harus bisa menyampaikan solusi dari kegagalan Anda tersebut.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik