Langsung ke konten utama

11 Ide Bisnis Unik di Luar Negeri yang Menguntungkan

Bisnis unik di luar negeri

Diluar negeri seperti negara Eropa dan Amerika akan banyak Anda temukan bisnis unik yang belum ada di Indonesia. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk Anda yang ingin berwirausaha namun dengan sedikit persaingan dalam bisnis. Semakin unik dan kreatif sebuah usaha akan semakin kecil tingkat persaingan sehingga diharapkan pertumbuhan sebuah usaha bisa lebih cepat dalam meraih kesuksesan. 

Kali ini findira ingin memberikan info seputar ide bisnis unik yang ada di luar negri yang belum banyak di temukan di Indonesia. Cukup menarik bukan? Mari kita lanjut! 

Baca juga: Contoh bisnis unik dunia

11 Contoh ide bisnis unik yang ada di luar negri

Produk ramah lingkungan

Produk-produk ramah lingkungan mulai membanjiri pasar-pasar dunia. Produk-produk ini lahir dari respons dari masyarakat yang peduli akan lingkungan. Untuk pertama kalinya sejak membuat celana panjang untuk koboi lebih dari 100 tahun yang lalu, Levi's mengeluarkan produk baru ramah lingkungan yang mereka namakan Levi's Eco Jeans.

Levi's Eco Jeans terbuat dari bahan organik, kancing kancingnya terbuat dari tempurung kelapa dan tidak ada satu pun bahan yang terbuat dari besi menempel pada produknya, bahan pewarna jeans yang terbuat dari berbagai macam tumbuhan alami yang sama sekali bebas bahan kimia, dan labelnya dari kardus daur ulang. Levis Eso Jeans yang ditawarkan pada kisaran harga $140 ini ingin merangkul pelanggan yang tertarik pada produk berkualitas tinggi yang turut menjaga kelestarian lingkungan tanpa mengurangi model terbaik yang dibawa oleh merek Levi's Sebagai penemu bahan jeans, sangat penting bagi mereka untuk teras melakukan inovasi produk demi menghasilkan perubahan positif. 

Produk ramah lingkungan lainnya adalah gantungan baju yang terbuat dari kertas daur ulang Miliaran gantungan baju berbahan besi dibuang setiap tahunnya. Meskipun gantungan baju tersebut sangat ringan, murah, dan tahan lama, sebenarnya mereka tidak dapat diuraikan secara alami Perusahaan Hanger Network telah mengembangkan alternatifnya, yaitu Lo Hanger, gantungan baju yang 100% terbuat dari kertas daur ulang.

Hanger Network telah menciptakan tren baru dalam beriklan dengan memanfaatkan Eco Hangers sebagai media iklan f colour, Perusahaan-perusahaan pengiklan mendapatkan iklan produk mereka masuk ke dalam rumah sampai ke dalam kamar-kamar tidur pelanggan dengan biaya yang lebih murah dari harga sebuah perangko, sedangkan perusahaan pencuci baju (dry cleaners) mendapatkan gantungan baju gratis di mana sebelumnya mereka harus mengeluarkan banyak biaya untuk gantungan baju berbahan besi. Hasil akhirnya, para pelanggan tidak akan mengalami ketidaknyamanan dalam berurusan dengan gantungan baju berbahan besi dan yang terpenting adalah produk Hanger Network ini ramah lingkungan.

Ketika orang-orang ramai membuat lilin parafin, Michael dan Lynette Richards yang tinggal di Manhattan memproduksi lilin kacang kedelai (soy candles) yang terbuat dari minyak kacang kedelai dan minyak tumbuh-tumbuhan lainnya. Kalau lilin parafin terbuat dari sisa-sisa bahan bakar, meninggalkan kotoran/noda, dan polusi ketika mereka dibakar/dinyalakan serta mengganggu orang yang mempunyai penyakit asma dan alergi-alergi lainnya, soy candles tidak menyebabkan hal-hal negatif seperti itu.

Soy Candles menyala lebih lama dan terang, tidak beracun berpolusi sehingga ramah lingkungan, wanginya membuat mood Anda lebih baik, dan harganya kurang lebih sama dengan harga lilin parafin. Melalui perusahaannya, Heartland Candle Works, Michael dan Lynette Richards menjadi salah satu pencetus gerakan soy candles. Mereka yakin bahwa kualitas dan manfaat soy candles akan membuat lilin jenis ini semakin populer dan menjadi tren untuk beberapa tahun ke depan. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang soy candles. 

Ketika masyarakat memakai produk-produk ramah lingkungan ini, dapat dikatakan mereka turut berperan langsung dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan sumber sumber daya yang dapat diperbarui untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Adanya tren terhadap penggunaan produk produk ramah lingkungan inilah yang akan menjadikan bisnis di jalur ini sangat potensial untuk dilakukan. Temukan bisnis ramah lingkungan yang sesuai dengan keinginan Anda!

Fotokopi gratis

Sebuah perusahaan Jepang, Teracopy menawarkan jasa layanan fotokopi gratis bagi mahasiswa. Layanan luar biasa ini menjadi kenyataan dengan cara meletakkan cetak (print) iklan-iklan di balik kertas fotokopi tersebut yang pastinya lebih tebal dari ukuran kertas yang biasanya digunakan untuk fotokopi guna mencegah gambar cetak iklannya tembus pandang. Dengan biaya sebesar 400.000 yen, perusahaan yang berminat mempromosikan produk atau jasanya dapat menaruh iklan-iklan mereka yang dicetak pada 10.000 lembar kertas atau sekitar 20 rim.

Mesin fotokopi milik Teracopy ini telah ditempatkan di banyak kampus dan menjadi tren yang luar biasa bagi para mahasiswa Layanan fotokopi gratis milik Tadacopy ini ditemukan oleh dua orang mahasiswa dari Universitas Keio, yaitu Chuo dan Hosei. Usaha ini patut dicoba. Bagi mahasiswa yang tertarik untuk membuka usaha sejenis, selain mendapatkan keuntungan, Anda juga akan mendapatkan banyak pujian karena tentunya banyak mahasiswa lain yang akan berterima kasih kepada Anda. Bagi mahasiswa yang setiap minggunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk cetak dan fotokopi, hal ini tentunya akan sangat membantu jika ada layanan fotokopi gratis. Selain itu, perusahaan-perusahaan sponsor dapat menjangkau target pasar yang jelas dengan cara yang tidak biasa.

Kertas sertifikat saham dan obligasi lama

Hobi mengoleksi kertas sertifikat saham dan obligasi dikenal dengan nama scripophily. Saat ini diperkirakan kertas sertifikat saham dan obligasi) di dunia. Dibandingkan kolektor perangko yang mencapai lebih dari 15 juta orang, scripophily dipercaya akan menjadi hobi yang berkembang di masa mendatang. Mengoleksi kertas sertifikat sama menariknya dengan mengoleksi uang kuno, perangko, dan lainnya. Hobi stripophily sudah lebih lama muncul di Eropa dibandingkan di Amerika. 

Sekitar 100 ribu scripophilists (sebutan bagi kolektor) , Harga kertas sertifikat saham dan obligasi berkisar dari $1 sampai $15.000. Semakin berharganya sertifikat dilihat dari faktor faktor seperti umur, sejarah, gambar, estetika, pengelompokan industri, kondisi kertas sertifikat yang baik, jumlahnya yang sangat terbatas, adanya tanda tangan orang yang terkenal pada masa itu, dan keaslian sertifikat. Beberapa tahun terakhir, kertas sertifikat saham dan obligasi telah ditinggalkan karena komputer dianggap sangat tepat untuk menyimpan catatan kepemilikan dan keamanan bertransaksi dibandingkan menyimpannya dalam bentuk kertas. Dihapusnya kertas sertifikat saham dan obligasi menjadikannya semakin mahal harganya karena kertas tersebut tentunya menjadi barang langka,

Ternyata, obligasi-obligasi perusahaan-perusahaan tua, tidak beroperasi, atau bahkan yang bangkrut masih dapat diperjualbelikan, tetapi bukan di bursa saham melainkan diperdagangkan sebagai benda koleksi. Ada beberapa perusahaan yang melakukan transaksi bisnis jenis ini, salah satunya Scripophily dengan pendirinya,Bob Kerstein. Bob hanya menjual kertas sertifikat saham dan obligasi yang asli dan tidak mereproduksi serta memberikan jaminan seumur hidup terhadap keaslian kertas-kertas koleksi tersebut. Mungkin Anda menganggap saham dan obligasi tersebut sudah tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya masih banyak orang yang mencarinya dan berani membeli dengan harga yang sangat mahal untuk melengkapi koleksinya.

Anda sekarang tidak perlu khawatir atau bersedih jika pernah mempunyai saham perusahaan jasa penerbangan lama. perusahaan dot com, atau Enron, karena saham yang menurut Anda sudah tidak berarti itu ternyata sekarang mempunyai nilai yang tinggi

Usaha membeli dan menjual kertas sertifikat saham dan obligasi merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisnis menguntungkan bagi banyak orang. Banyak juga dari mereka yang memanfaatkannya sebagai suatu karya seni yang unik Mulailah mencari dokumen-dokumen penting Anda, siapa tahu Anda menemukan kertas sertifikat saham lama yang dapat menjadi awal suatu bisnis baru bagi Anda Bagi Anda yang tertarik untuk menjalani bisnis ini sekaligus mencari harta karun yang terlupakan, sebagai alternatif, Anda juga mengunjungi Stock Search International, Selamat berburu!

Hadiah kejutan untuk anak anak

Apakah Anda tahu bahwa anak-anak merasa sangat A senang ketika mendapatkan surat/menerima paket Ipos dari seseorang? Hal tersebut menjadikan mereka sangat spesial dan terbukti ketika adik saya mengirimkan surat kepada Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter dan mendapatkan balasannya Itu semua menandakan bahwa seseorang di luar sana cukup peduli untuk mengirimkan mereka suatu surat/paket pos, ditambah perasaan mereka akan adanya kejutan dan rasa keingintahuan tentang apa yang ada dalam surat/paket tersebut Christine Nicholls dan usahanya yang ia namakan Creative Kids at Home sangat menyukai ide membuat suatu produk yang dapat membahagiakan anak-anak Ia dan anaknya sangat suka membuat kerajinan secara bersama sama dan menikmati ide mengirimkan sesuatu ke anak-anak lain. Paket kerajinan dapat dikirim melalui surat dan anak-anak menyukai sesuatu yang mereka buat sendiri. Bisnis ini sangat sesuai dengan kriteria yang Christine inginkan. Tidak ada pertemuan atau kunjungan ke klien. Pengembangan produk dilakukan di meja dapur mereka dan ia hanya beriklan pada empat majalah. Pelanggan dapat menelepon atau mengunjungi situs Web-nya untuk melakukan pemesanan Christine mengirimkan paket tersebut ke acara ulang tahun, kado-kado kejutan untuk liburan, dan ketika hujan deras mengguyur di mana biasanya anak-anak merasa bosan berada di rumah. Christine sangat senang mendengar betapa bahagianya anak-anak ketika paket mereka tiba.

Konsultan perilaku binatang peliharaan

Bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan seperti kucing, mungkin sering menganggapnya sebagai sahabat Anda. Anda sering berbicara dengannya seakan-akan ia mengerti. Cathic juga kerap melakukan hal yang sama dengan kucingnya dan ia terkejut pada suatu hari ketika ia sedang bersiap-siap pergi kencan, ia tidak bisa menemukan maskaranya meskipun telah mencarinya di mana-mana. Lantas, ia iseng menanyakan kepada anak kucing peliharaannya untuk mencari maskara. Lima menit kemudian ia terkejut sekali, si anak kucing kembali dengan membawa maskaranya. Itulah pertama kalinya ia menyadari bahwa kucing dapat mengerti apa yang dibicarakannya. 

Cathie memanfaatkan penemuannya ini menjadi lahan bisnis konsultasi yang ia beri nama "Connect With Your Cat the Cabbie Way", yaitu bagaimana berhubungan dengan kucing Anda dengan cara Cathic. Idenya cukup sederhana, yaitu bicaralah dengan kucing Anda, mereka akan mendengarkannya. Metode Cathie mencakup cara-cara yang masuk akal dan dengan cinta kasih kepada kucing serta sesuatu yang tidak boleh dilakukan dalam dunia kucing, seperti mengancam, berteriak, dan lain-lain. Hukuman hanya diberikan sangat minim, seperti hukuman siram air, dan itu juga diberikan kepada kucing yang nakal. Cathic percaya kucing adalah hewan istimewa yang harus diperlakukan dengan hormat dan sabar sama halnya ketika kita berbicara kepada orang lain. Penghargaan dan pujian juga harus diberikan jika kucing berkelakuan baik.

Ketika timbul masalah perilaku pada kucing klien, Cathie mengumpulkan data-data kesehatan kucing kliennya dan menuliskan secara detail hal-hal yang harus si klien bacakan 
kepada kucingnya setiap hari, menjelaskan kenapa si klien tidak menyukai perilaku si kucing. Biasanya dalam kurun waktu tidak lama si kucing klien sudah dapat mengubah perilakunya. Dari hari ke hari, semakin banyak teman Cathic yang tahu kemampuan Cathie dalam menangani masalah perilaku kucing, Apa pun masalahnya terhadap kucing, ia menyelesaikannya dengan pendekatan pribadi ala pembicaraan kucing pada setiap kucing peliharaan kliennya.

Cathic mengenakan biaya sekitar $35 sampai $53, bergantung pada masalahnya, namun untuk konsultasi awal gratis. Di situs Web-nya ia mengatakan bahwa saat ini ia menerima konsultasi via telepon yang didesain khusus untuk Anda dan kucing Anda dengan biaya $150 per jamnya. Dengan Cathie Way, Anda dan kucing Anda akan merasakan hubungan yang jauh lebih dekat dan semakin baik. Cathie hanya mengkhususkan jasa pelayanan pada masalah perilaku kucing dan bukan pada masalah kesehatan kucing. Bisakah Anda bayangkan publisitas gratis yang ia dapatkan dari ide ini? Saya rasa cukup banyak pecinta kucing yang bisa Anda jadikan pelanggan bagi bisnis jenis ini.

Koki pribadi

Ð’agi Anda yang mempunyai pengalaman memasak selama bertahun-tahun, mungkin bisa mencoba menggeluti usaha Michael dengan Rent Your Chef yang merupakan jasa profesional koki pribadi yang akan datang ke rumah Anda untuk menyiapkan, menyajikan menu pilihan, bahkan mencuci semua piring kotor hingga dapur Anda terlihat bersih seperti semula sementara tamu Anda mencicipi hidangan penutup, Ketika acara selesai, Rent Your Chef memberikan hadiah sertifikat kepada kliennya sebagai kenang-kenangan dan tanda bahwa Rent Your Chef pernah memasak untuk kliennya.

Michael bekerja dengan hitungan per jam dan merupakan sebuah alternatif dari biaya makanan yang tinggi di restoran, catering, dan makanan untuk dibawa pulang (take away). Michael tidak menentukan standar menu untuk pelayanan di rumah, melainkan menyesuaikan menu apa pun berdasarkan selera dan anggaran dari kliennya. Sesuai permintaan klien, Michael akan datang dengan menawarkan portofolio dari menu, gambar, dan referensi terbaru maupun yang telah ada sebelumnya.

Setelah klien menyetujui, Michael akan langsung memulai segalanya yang diperlukan untuk menjadikan acara makan malam klien dikenang oleh klien dan tamu-tamunya. Sebagai alternatif, Michael juga ternyata dapat menjadi koki yang tidak terlihat (invisible thef), menyiapkan segalanya sebelum acara makan-makan dimulai, menyajikan makanan dengan baik dan benar, sehingga seolah-olah klien lah yang memasaknya secara pribadi. 

Buket permen

Margaret McEntire memulai bisnis buket permen dengan nama Candy Bouquet di garasinya pada -tahun 1989 dengan seribu dolar dan sebuah mimpi. Ide uniknya adalah menciptakan buket sejenis buket bunga, mengganti bunga dengan permen penuh warna dan coklat yang dibungkus dan diletakkan pada tangkai dan ranting sehingga menyerupai bunga-bunga dan dihias dengan aksesori yang menarik. Bertahun-tahun ia telah membuat berita dan menjadi sumber berita dengan suksesnya yang luar biasa sebagai presiden dan pendiri dari Bouquet International. 

Konsep ini benar-benar baru bagi masyarakat umum dan Margaret pada awalnya membuat kreasi ini untuk diberikan kepada teman-temannya pada saat mereka berulang tahun atau ketika sedang berada di rumah sakit. Namun, semakin bertambahnya orang-orang yang melihat buket permen buatannya, ia mulai menerima banyak pesanan, sejak itu lahirlah bisnis buket permen ini. Harga buket permen buatannya berkisar antara $25 sampai $250 per buket.

Setiap hari penjualannya semakin meningkat sampai akhirnya banyak yang menanyakan tentang kesempatan bisnis waralaba. Ia memutuskan untuk terus mengembangkan sampai akhirnya dapat menawarkan bisnis yang kini menjadi salah satu perusahaan terbaik yang menawarkan bisnis waralaba. Buket permen adalah hadiah alternatif yang lezat sebagai pengganti bunga dan cocok untuk acara spesial dan hadiah untuk perusahaan-perusahaan Margaret dan buket permennya menggunakan permen dan aksesori terbaik untuk sebuah hadiah unik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Hotel hewan bintang 6

Jika ingin mengirimkan hewan Anda ke luar negeri, Anda akan merasa lega karena MAS Kargo menyediakan layanan jenis ini. MAS Kargo yang merupakan layanan divisi kargo via udara dari Malaysia Airlines ini memperkenalkan layanan eksklusif lainnya untuk pelanggannya yang sangat berharga, yaitu Animal Hotel.

Animal Hotel merupakan tempat layanan terpadu berupa hotel hewan seluas 1.248 m yang secara khusus melayani pengiriman semua jenis hewan hidup, seperti kucing, anjing, ikan, burung, juga termasuk kuda, reptil, serangga, bahkan singa. Termasuk di dalamnya penanganan dan akomodasi hewan hidup untuk impor, transit, dan ekspor. Mereka juga menyediakan laboratorium hewan dan ruangan ber-AC.

Hotel hewan MAS Kargo ini merupakan satu-satunya hotel hewan di Asia, satu dari tiga hotel hewan bintang enam di dunia, dan hotel terbaik di antara dua hotel hewan lainnya, yaitu yang terdapat di London Airport dan Amsterdam Airport yang hanya menawarkan layanan biasa untuk hewan. Hotel hewan MAS Kargo ini beroperasi 24 jam dan didirikan dengan tujuan menciptakan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien dalam hal pengiriman hewan. 

Kenyamanan, keamanan, dan kebersihan hotel hewan ini merupakan prioritas utama bagi "tamu-tamu" hotel yang istimewa, di mana mereka akan terus-menerus diperhatikan selama menginap di hotel ini.

Parfum hewan

Tangan pernah merasa bersalah sedikit pun jika Anda dianggap aneh oleh orang lain, termasuk oleh keluarga Anda sendiri. Marilyn Meissler ingin setiap orang tahu bahwa ia bukan orang aneh ataupun gila karena ia hanyalah wanita yang menyukai bau dari hewan sigung. Anda mungkin bertanya tanya, benarkah? Ya, ini benar-benar nyata. Marilyn yakin bukan hanya dia yang merasa demikian. Ia membuktikannya dengan memasang iklan di koran USA Today dengan tulisan, "Keluarga dan teman-teman saya berpikir bahwa saya adalah satu-satunya orang di dunia yang menyukai bau hewan sigung. Saya ingin membuktikan mereka salah, jadi kalau Anda atau seseorang yang Anda kenal menyukai bau hewan sigung, mohon tanggapannya." Ternyata dari iklan tersebut sebanyak 70 pembaca menanggapinya. Setelah itu, iklan tersebut ditanggapi juga oleh koran besar lainnya sebagai bahan berita dan publisitas itu menghasilkan lebih dari 600 surat yang meminta produk produk hewan sigung. Namun, Marilyn tidak siap dengan tanggapan-tanggapan dan permintaan-permintaan tersebut. 

Marilyn tidak membuang kesempatan dan dengan cepat ia mulai membuat perusahaannya sendiri, Whiffy Inc., yang sekarang menjual berbagai macam pernik hewan sigung, termasuk kaos tas, buku cerita anak, dan tentunya parfum hewan sigung yang dijualnya seharga $19,95. Pada akhirnya, Marilyn berhasil membuktikan kepada orang banyak termasuk keluarganya bahwa ia tidak aneh, kalaupun aneh, ia bukan orang aneh satu-satunya yang menyukai bau hewan sigung. Jadi jika Anda mempunyai selera yang aneh atau sedikit berbeda dengan orang-orang pada umumnya, sebaiknya Anda mulai mencoba mengekspresikan diri Anda. Yakinkan diri Anda bahwa produk atau jasa yang akan Anda jual telah ditunggu oleh para pelanggan di luar sana Yang harus Anda ingat, selalu saja ada pasar hampir untuk semua produk dan jasa apa pun!

Alat transportasi khusus wanita

Layaknya cerita dan pengalaman para wanita yang menjadi korban ketika berada dalam alat transportasi umum telah menyebar ketakutan di mana-mana. Ketika Tina Dutta mendengar putrinya tidak nyaman menjadi orang terakhir yang berada dalam taksi pada waktu malam hari, ia menyadari pentingnya keamanan untuk semua kaum wanita. Tina bergegas melakukan penelitian, mengumpulkan dana, dan mulai mendirikan perusahaan Pink Ladies di United Kingdom pada tahun 2005 bersama rekan bisnisnya, Andrea Winders, yang mempunyai bisnis sewa mobil. Pink Ladies dengan armada mobil bermerek Renault Kangoo mengedepankan keamanan dalam layanan transportasi, baik untuk penumpang maupun pengemudinya. Pink Ladies hadir untuk meminimalisasi risiko-risiko yang ada, baik ketika perjalanan berbelanja maupun ketika pulang malam dari suatu acara atau kerja.

Lantas, apalagi yang membuat Pink Ladies spesial? Meskipun mereka sering diindikasikan dengan Pink Ladies Taxi atau Pink Ladies Cab, mereka bukanlah perusahaan yang memberikan layanan taksi dan tidak berkeinginan menjadi perusahaan taksi, melainkan jasa sewa mobil dengan nama Pink Ladies Private Hire yang mengharuskan orang berlangganan (membership).

Pink Ladies dengan kebijakannya hanya wanita" tidak menerima penumpang pria, kecuali anak-anak di bawah umur 13 tahun. Lebih penting lagi, pengemudi mereka semuanya adalah wanita dan berseragam merah muda (pink). Setiap taksi dicat dan menggunakan interior kulit berwarna merah muda. Pink Ladies juga dilengkapi dengan teknologi tercanggih seperti GPRS pelacak kendaraan dan navigasi satelit.

Salon pembasmi kutu kepala

Lingkungan luar rumah yang penuh kuman atau kutu sering kali membuat orang tua khawatir ketika anak anak mereka kembali ke rumah dari aktivitas luar rumah. dengan ramuan yang ampuh dan perawatan dengan sisir khusus sampai kulit kepala, dari waktu ke waktu memang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Hal inilah yang dilakukan oleh Marie Botham dan Michelle Wolff dengan bisnis salon uniknya, Hair Fairies, yang merupakan satu-satunya salon pembasmi kutu kepala.

Salon Hair Fairies didesain untuk anak-anak dengan suasana yang benar-benar asyik dan dilengkapi fasilitas seperti game boy, video, dan sebuah tempat duduk yang nyaman dan menarik, Meskipun harganya cukup mahal untuk jasa salon, sekitar $65 per jam atau $250 untuk panggilan ke rumah, beberapa orang tua ada yang mengatakan salon mereka adalah sebuah anugerah Tuhan dan anak-anak merasa senang ketika harus kembali ke salon Hair Fairies. Sejak tahun 1999, mereka telah membasmi parasit-parasit yang mengancam kebersihan dan kesehatan kulit kepala anak-anak, bahkan pada tahun yang sama salon mereka telah direkomendasikan oleh para dokter anak.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved