Rumus yang digunakan Wirausahawan untuk Menganalisis sebuah Usaha

Rumus yang digunakan Wirausahawan untuk Menganalisis sebuah Usaha,  Baik dari Peluang Keuntungan dan Kerugian. Dalam menentukan sebuah usaha itu baik untuk di jalani atau tidak,memiliki resiko yang tinggi atau rendah, semua itu punya rumusnya. Kali ini findira akan mencoba menuliskan rumus yang di pakai para pengusaha sukses dalam menentukan usaha yang nantinya akan dijalani.

Baca juga: Analisa usaha bengkel motor

Tuliskan rumus yang digunakan seorang wirausahawan dalam menganalisis sebuah usaha baik dari peluang keuntungan dan kerugian

Rumus singkat dan mudah untuk menganalisa sebuah peluang usaha adalah dengan menggunakan Anlisis SWOT.

Analisis SWOT merupakan sebuah singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman).

Menganalisis sebuah Usaha

Contoh Penggunaan Anlisis SWOT dalam sebuah Peluang Usaha 

Untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik seperti apa contoh SWOT sebenarnya, kami akan memberikan contoh kasus yang bisa dipelajari

Bakpiafindira, Tempat oleh-oleh khas Indonesia di sekitaran yogyakarta. Mereka menjual kue khas indonesia seperti bakpia dengan berbagai rasa, serta bermacam-macam oleh-oleh khas jogja lainnya.

Restoran ini berencana untuk membuka cabang pertamanya di pusat kota magelang dan sangat fokus pada pengembangan model bisnis yang akan membuatnya mudah berkembang dengan cepat dan membuka kemungkinan waralaba. Pada tabel terlihat seperti apa contoh analisis SWOT mereka:

Strength (Kekuatan) Weakness (Kelemahan) Opportunity (Kesempatan/Peluang) Threat (Ancaman)
Lokasi: Pusat kota magelang yang sibuk Kekurangan modal: Persetujuan pinjaman dari bank dan tidak ada investor Pertumbuhan daerah: kota magelang tumbuh sebesar 8,5% setiap tahun, dan sebagai kota wisata sekaligus kota pelajar Kompetisi: tempat jual oleh-oleh serupa memiliki pelanggan setia
Keunikan: Bakpiafindira merupakan Makanan tradisional indonesia yang sehat, dan oleh oleh untuk wistawan lokal dan asing Kurangnya reputasi: Brand Bakpiafindira belum cukup terkenal Target pertumbuhan pasar: Pelajar, wisatawan, dan warga lokal yang terus bertumbuh Masalah pada saat pembukaan: pelanggan mungkin tidak kembali lagi
Pengelolaan: Memiliki keterampilan dalam pembuatan pakpia dan manajemen yang sudah mumpuni Kurangnya alat penunjang dalam bisnis: masih menggunakan proses akuntansi manual Masalah pembuatan laporan keuangan: belum menggunakan software akuntansi

Kesimpulan

Berikut ini adalah beberapa strategi potensial untuk pertumbuhan untuk membantu Anda memikirkan bagaimana menerjemahkan SWOT Anda ke dalam sasaran yang dapat ditindaklanjuti.

Oleh-oleh Bakpiafindira: Strategi potensial untuk pertumbuhan
  • Pertimbangkan untuk mencari investor. Bakpiafindira dapat memilih opsi ini untuk mendapatkan modal yang lebih besar.
  • Buat rencana pemasaran. Karena Bakpiafindira ingin menjalankan strategi pemasaran khusus, menargetkan mahasiswa, wisatawan, dan keluarga lokal dengan menekankan bahwa pilihan makanan mereka sehat dan nyaman, tentunya restoran harus mengembangkan rencana pemasaran yang lebih menarik.
  • Rencanakan pembukaan perdana Bakpiafindira yang besar. Bagian penting dari rencana pemasaran itu adalah pembukaan perdana Bakpiafindira, dan strategi promosi yang diperlukan untuk mendapatkan target pasar tersendiri.
  • Rencanakan menggunakan software akuntansi untuk memudahkan transaksi Bakpiafindira dan mempercepat laporan keuangan yang minim kesalahan.
Dengan sasaran dan tindakan Anda yang tepat dalam pengelolaan bisnis seperti contoh bisnis Bakpiafindira, akan lebih mudah menyelesaikan rencana strategis untuk bisnis Anda. Tindakan yang Anda hasilkan dari rumus analisis SWOT Anda, akan cocok dengan bagian tonggak dari rencana pengembangan usaha Anda dan akan memberi Anda fondasi konkret pada bisnis.

Dari rumus swot tersebut bisa kita dapatkan banyak pelajaran untuk menjadi sukses dalam usaha, tidak hanya terfokus pada satu strategi saja, kita juga bisa mendapatkan strategi dari banyak hal. Semoga  Rumus yang digunakan Wirausahawan untuk Menganalisis sebuah Usaha bisa bermanfaat untuk pembaca yang budiman. Trimakasih atas kunjungannya semua.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Apa yang dimaksud dengan 5A dalam Skema Usaha Jasa Pariwisata?

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Pertanyaan Tentang Segmentasi Pasar yang Belum Anda Tahu

18 Game Android yang Menghasilkan Uang Asli Langsung ke Rekening Tanpa Modal

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya

5 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang harus diketahui dan dipatuhi oleh Perusahaan

Contoh Teks Mempromosikan Produk Seperti Pakaian, Kecantikan maupun Elektronik

Warung Sembako Modal 5 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya