Langsung ke konten utama

Keuntungan dan Kerugian Budidaya Ikan Cupang

Pembahasan kali ini sangat menarik bagi saya, dikarenakan usaha budidaya ikan cupang merupakan salah satu usaha yang mudah untuk dijalankan dan bisa juga menjadi hobi dikalangan pecinta ikan hias air tawar. Ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri dan tidak banyak ikan hias air tawar lainnya yang memilikinya. Dulu semenjak saya masih kecil, ikan cupang tidak lebih hanya sekedar ikan sawah yang di fungsikan untuk pertarungan demi pertarungan. Namun di jaman sekarang ini, sudah banyak pembudidaya ikan cupang yang berperan sangat aktif dan menghasilkan ikan cupang yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Namun dalam pembahasan kali ini findira akan menjelaskan Keuntungan dan Kerugian budidaya ikan cupang. Mari kita lanjut!

Baca Juga : 70 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan yang Unik, Mudah, dan Menghasilkan

Bagiyang pemula di dunia budidaya cupang mungkin akan kebingungan dengan banyaknya jenis dari ikan cupang ini. Berikut ini saya berikan gambar untuk mempermudah teman teman mengenali jenis - jenis ikan cupang berdasarkan ciri ciri bentuk sirip dan ekornya.

jenis ikan cupang

Cukup indah dan menarik bukan! begitulah ciri ciri umum dari ikan cupang yang perlu kamu ketahui sebelum membududayakan ikan cupang. Selanjutnya findira akan membahas keuntungan dan kerugian budidaya ikan cupang.

Keuntungan budidaya ikan cupang

Budidaya ikan cupang terbilang cukup mudah jika kita sudah paham tentang karakteristik ikan ini. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa keuntungan yang didapatkan dari budidaya ikan cupang hias.
  • Memiliki nilai jual tinggi, khususnya bagi ikan cupang yang memiliki kombinasi warna yang indah serta jarang ditemukan. Apalagi ketika ikan cupang tersebut memenangi sebuah kontes ikan hias, maka harga jual bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu ekornya.
  • Ikan cupang sangat mudah beradaptasi di air tawar baik dalam kondisi indoor maupun outdoor, dan lebih kuat daya tahannya ketimbang ikan hias lainnya. Karena ikan hias ini bisa bernafas di dalam air maupun di luar air ketika air mengalami kekurangan oksigen.
  • Mudah di kembang biakkan, kita hanya membutuhkan ikan yang sehat dan cukup umur untuk sukses membudidayakan ikan ini. lalu ketersediaan pakan yang cukup untuk burayak ikan seperti artemia dan infusoria. Dan pakan untuk ikan dewasa seperti pelet baby shrimp, pelet tubifex worm, kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra.

Kerugian budidaya ikan cupang

Setelah kita mengetahui keuntungan yang didapat dari breeding ikan cupang. Maka ada juga kerugian yang kalian tau dalam usaha budidaya ikan hias ini.
  • Ikan cupang merupakan ikan teritorial, dimana ikan penjantan dewasa tidak bisa di satukan dalam satu aquarium atau wadah karena akan terjadi perkelahian antara pejantan untuk memperebutkan sebuah teritorial. Sehingga supaya ikan cupang jatan bisa hidup dengan baik diperlukan banyak tempat atau soliter dan lahan yang agak luas untuk membudidayakan ikan ini.
  • Faktor cuaca terkadang bisa mempengaruhi, cuaca yang agak dingin dan hujan akan membuat ikan cupang rentan terkena penyakit jamur dan juga akan sulit mendapatkan pakan hidup untuk ikan cupang.
  • Faktor kurangnya ilmu dalam budidaya juga bisa menyebabkan banyak terjadi kesalahan dan banyak terkeluarnya modal yang seharusnya bisa di minimalisir. Terlebih pada pemberian pakan. 

Kesimpulan

Usaha budidaya ikan cupang jika kita timbang dengan keuntungan dan kerugiannya masih terbilang workted untuk dijalankan, Asalkan Anda sudah paham betul teorinya. Ketika Anda sudah paham cara kerjanya maka usaha budidaya ikan hias ini pun akan terbilang mudah dan bisa menghasilkan keuntungan untuk Anda.  

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved