Permasalahan dalam Menentukan Tempat Usaha dan Solusinya untuk Wirausaha

Tempat usaha merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan seperti usaha jasa, industri, produksi, penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan wirausaha. Tempat usaha juga digunakan untuk penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan bisnis. Pada kesempatan kali ini findira akan menjelaskan tentang permasalahan dalam menentukan tempat usaha dan solusinya untuk wirausaha yang bingung cari tempat usaha.

Permasalahan yang akan dihadapi wirausaha dalam menentukan tempat usaha?

Sebutkan permasalahan yang akan dihadapi wirausaha dalam menentukan tempat usaha? ada beberapa masalah yang akan Anda temukan ketika ingin memilih tempat strategis untuk usaha dan masalah ini juga mempengaruhi faktor keberhasilan dan kegagalan kewirausahaan, Perhatikan masalah berikut ini,
  1. Harga property dan sewa tempat
  2. Perizinan
  3. Tingkat persaingan usaha yang sejenis
  4. Keamanan
  5. Kebersihan
  6. Tingkat Perekonomian warga sekitar
  7. Akses jalan dan fasilitas umum
  8. Pertumbuhan penduduk

1. Harga property dan sewa tempat

Ketika kita memerlukan sebuah tempat untuk sebuah usaha, katakanlah usaha makanan. Maka Anda akan membutuhkan sebuah rumah makan dengan menyediakan beberapa ruangan , seperti ruang makan dan dapur. Dengan begitu Anda harus terlebih dahulu menyiapkan konsep rumah makan terbaik untuk usaha Anda. Setelah itu Anda harus mulai menghitung berapa biaya pembuatan yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah rumah makan. Masalah yang akan di hadapi nantinya adalah keputusan untuk membeli property atau sewa.

bingung cari tempat usaha

Solusi: Harga property biasanya memiliki trend kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Jadi jika Anda memilih untuk membeli property dibandingkan dengan menyewa ini lebih baik, karena jika nanti usaha warung makan Anda tidak berkembang dan mengalami kebangkrutan, Anda bisa menjual property yang Anda miliki tersebut untuk menutupi kerugian yang terjadi.

2. Perizinan

Tidak sedikit pelaku wirausaha yang masih belum paham betul jenis perizinan yang dibutuhkan, salah satu faktornya adalah banyaknya jenis izin usaha yang ada di Indonesia dan masing-masing memiliki tahapan dan persyaratan yang berbeda-beda. Sebagai gambaran Anda bisa mengakses website Badan PTSP DKI Jakarta, ada 27 bidang dalam menu Perizinan. Untuk menu Perizinan dalam bidang Perdagangan saja sudah terdapat kurang lebih 62 jenis izin usaha. Belum lagi untuk bidang yang lainnya.

Misalnya, Anda ingin mendirikan perusahaan usaha jasa travel dan butik. Kemudian anda mendirikan PT dan memasukkan kedua bidang usaha tersebut dalam akta pendirian PT Anda. Namun ternyata saat mengurus perizinan, Anda baru tahu bahwa kedua bidang usaha itu menggunakan izin usaha yang berbeda. Usaha travel membutuhkan izin usaha yang bernama TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), sementara butik memerlukan izin usaha berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu bisnis anda. Jika bisnis anda adalah sesuatu hal yang baru, Anda perlu mengenali semua karakter dari bisnis tersebut supaya bisa mengidentifikasi jenis izin usaha yang anda butuhkan. 

3. Tingkat persaingan usaha yang sejenis

Persaingan bisnis menjadi salah satu risiko besar yang harus dihadapi para pelaku wirausaha. Bagaimana tidak, minat untuk menjalankan usaha saat ini sangat besar bahkan banyak sekali yang menjalankan usaha di bidang yang sama. Tentu hal tersebut tidak dapat dipungkiri dan dicegah oleh mereka yang telah menjalankan usahanya, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang. Persaingan usaha selain terjadi karena adanya seseorang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama juga dapat disebabkan karena beberapa hal. Seperti, ketidakmampuan pelaku usaha sebelumnya untuk menciptakan produk atau jasa yang lebih memenuhi kebutuhan pasar.

Solusi: Untuk meminimalisir resiko bisnis memang akan lebih baik jika Anda memilih tempat usaha dengan tingkat persaingan yang lebih rendah, karena hal ini akan meningkatkan peluang kesusksesan usaha Anda. Namun persaingan bisnis juga tidak selalu menjadi faktor utama kesuksesan Anda, Karena jika produk yang Anda tawarkan bisa memberukan nilai lebih dari pesaing bisnis Anda maka memilih tempat usaha yang tinggi persaingan pun tidak jadi masalah.

4. Keamanan

Di daerah perkotaan saat ini, jarang kita lihat program siskamling diterapkan. Namun di sebagian besar daerah-daerah pedesaan kegiatan ini masih secara rutin diselenggarakan. Tidak diberlakukannya sistim keamanan lingkungan di sebagian besar daerah perkotaan disebabkan oleh banyak faktor. Faktor yang paling utama yaitu karena kesibukan warga masyarakatnya terhadap pekerjaan yang tidak lagi memungkinkan diri mereka untuk menjalankan kegiatan tersebut.

Faktor penyebab yang lain bisa saja karena warga masyarakat perkotaan saat ini menganggap bahwa kondisi keamanan lingkungan di perkotaan telah sangat kondusif sehingga mereka memandang bahwa tidak perlu lagi melakukan kegiatan tersebut.

Solusi: Masalah keamanan memang sangat menghawatirkan pelaku usaha terutama terhadap preman-preman pasar yang menganggap dirinya sudah menguasai suatu lokasi. Untuk menghindari permasalahan ini sebaiknya Anda mencari lokasi yang aman dan jauh dari tindak kejahatan seperti premanisme dan lain-lain.

5. Kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Solusi: Masalah kebersihan ini sangat penting sekali untuk di lihat terutama bagi Anda yang ingin membuka sebuah usaha warung makan. Perhatikan lokasi tempat usaha Anda, apakah dekat dengan pembuangan sampah besar umum atau tidak. Pilihlah lokasi yang jauh dari pembuangan sampah dan mempunyai lingkungan yang bersih dan suasana yang nyaman.

6. Tingkat Perekonomian warga sekitar

Mudah melihat bagaimana timpangnya kelompok masyarakat yang secara ekonomi tak mendapat kesamaan akses. Saat masyarakat kelas menengah berbincang santai di Starbucks, masyarakat kelas bawah hanya menyeruput kopi di trotoar dari Abang Starling Starbucks keliling atau penjual minuman dengan sepeda, termos, rencengan minuman instan lainnya.

Solusi: Dalam hal ini Anda harus tau target pasar Anda seperti apa, jika anda ingin menjual alat elektronik mahal atau perhiasan mahal akan lebih bagus untuk mencari tempat di sekitar perkotaan atau di dalam mall. Tapi jika Anda hanya sekedar ingin menjual sesuatu produk yang terjangkau maka bisa mencari tempat selain di perkotaan, yang penting tempat usaha Anda mudah dilihat orang lain.

7. Akses jalan dan fasilitas umum

Jalan merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat. Jalan yang bagus dapat dilalui tanpa adanya sebuah hambatan, jalan yang memadai ini dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang baik. Sehingga peran pemerintah saat ini sangat dibutuhkan sekali untuk menjaga stabilitas ekonomi yang merata. Tidak hanya didaerah perkotaan tapi juga pedesaan.

Solusi: Karena akses jalan dan fasilitas umum lainnya sangat penting untuk lalu lintas perdagangan maka ini menjadi salah satu hal yang paling utama untuk Anda perhatikan. Keberhasilan tempat usaha Anda juga sangat bergantung pada lalu lintas perdagangan ini. Tidak bisa kita bayangkan jika tempat usaha kita tidak mempunyai akses jalan yang baik, bahkan jika kendaraan motor pun susah untuk melewatinya. Jadi pilihan terbaik adalah mencari tempat usaha yang mempunyai akses jalan yang lancar, bagus, dan memadai.

8. Pertumbuhan penduduk

Pada saat ini jumlah populasi manusia di dunia meningkat pesat dihitung dari tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah populasi ini juga ternyata memengaruhi berbagai aspek seperti  pembangunan ekonomi di negara-negara di berbagai belahan di dunia sebagai contoh yang konkrit saat ini. Pembangunan ekonomi akibat pertumbuhan penduduk ini memberi dampak yang berbeda-beda terhadap negara maju dan negara terbelakang serta berbagai aspek yang ditinjau terhadapnya terutama masalah standar kehidupan. 

Solusi: Jadi tingkat kesuksesan bisnis Anda juga tergantung dari pertumbuhan penduduk disekitar tempat usaha Anda. Jika Anda kesulitan mendapatkan tempat usaha yang terjangkau di daerah perkotaan, maka Anda bisa melirik daerah pedesaan yang berpotensi akan berkembang, contohnya daerah yang baru di buat gedung universitas, tempat wisata, bandara, stasiun, dan lain-lain.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Kalimat Menawarkan Produk

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya