Industri Kreatif: Pengertian, Contoh, Manfaat, Konsep dan Perkembangannya

Peluang usaha di bidang kewirausahaan menjadi pilihan dan solusi dalam mengembangkan ekonomi kreatif. secara lebih detail tentang Industri Kreatif yang merupakan penggerak utama dari Ekonomi Kreatif. Pada saat ini ekonomi kreatif sedang berkembang bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Guna mencapai ekonomi kreatif yang tersentra, pemetaan sentra-sentra industri kreatif yang memungkinkan tumbuhnya daerah kreatif dapat berkembang dan terkoordinasi, dari kegiatan produksi sampai pemasaran dan terus meningkatkan kualitas agar mampu bersaing.

Industri Kreatif

Kreativitas manusia sebagai sumber daya ekonomi yang memiliki nilai dan manfaat yang tinggi untuk peningkatan perekonomian Indonesia. Industri kreatif merupakan salah satu solusi dalam pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan daya cipta dan kreasi seseorang. Kali ini findira akan menjelaskan
  1. Pengertian Industri kreatif
  2. Contoh Industri kreatif
  3. Manfaat Industri kreatif
  4. Konsep dan Perkembangannya

1. Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan kreativitas seseorang atau sekelompok orang dalam menghasilkan karya inovatif. Karya yang dihasilkan dalam industri kreatif sangat beragam, dari yang sangat sederhana sampai yang sangat rumit, namun semuanya memiliki keunikan dan unsur kebaruan.

Industri Kreatif

Setiap manusia diciptakan Allah subhanahu wa ta'ala dengan beragam keunikan individu dan daya kreatif. Setiap wirausaha yang memiliki kreavitas, dan kemampuan bekerja sama dengan baik di dalam kelompok, berpeluang untuk menghasilkan produk inovatif, yang memiliki keunikan dan kebaruan serta memiliki peluang pasar. 

2. Contoh Industri Kreatif

Contoh industri kreatif di Indonesia dibagi dalam 14 sub sektor, 14 sub sektor tersebut adalah: 
  • Desain
  • Fesyen
  • Kerajinan
  • Penerbitan dan percetakan
  • Televisi dan radio
  • Musik
  • Film
  • Video dan fotografi
  • Periklanan
  • Layanan komputer dan pirant lunak
  • Pasar dan barang seni
  • Seni pertunjukan
  • Riset dan pengembangan
  • Permainan interaktif. 

3. Manfaat Industri Kreatif

Perkembangan industri kreatif membuat perubahan yang sangat signifikan terhadap gaya hidup dan perekonomian dunia khususnya di Indonesia. Perubahan ini telah memberikan berbagai manfaat seperti munculnya inovasi dan kreativitas baru untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berikut beberapa manfaat industri kreatif :
  • Menjadi pengerak utama dari Ekonomi Kreatif
  • Solusi dalam pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu 
  • Menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan daya cipta dan kreasi seseorang
  • Mengangkat kearifan lokal dan mengkreasi potensi lokal yang memiliki nilai-nilai kultural, dikembangkan menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah
  • Tumbuhnya daerah kreatif yang berkembang dan terkoordinasi

4. Konsep dan Perkembangannya

Perkembangan industri kreatif (creative industry) mencakup 14 macam dapat membawa arena baru untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi sumber daya manusia yang ada. Kreativitas manusia sebagai sumber daya ekonomi yang memiliki nilai dan manfaat yang tinggi untuk peningkatan perekonomian Indonesia.

Kekuatan industri kreatif saat ini diantaranya industri kreatif berbasis teknologi digital atau disebut Digital Company (DiCo). Industri kreatif digital terdapat games, education, animation, software, dan social media (GEMASS). Kemandirian dalam menggali ide, memilih potensi produk yang dapat bersaing baik di tingkat lokal maupun global dapat meningkatkan keanekaragaman produk yang memiliki nilai dan daya saing tinggi dalam memenuhi kebutuhan.

Baca Juga : 12 Daftar Startup Indonesia Untuk Pengembangan UMKM

Industri kreatif digital di bidang pendidikan (Education), dapat dikembangkan antara lain sistem informasi aplikasi pendidikan, media pembelajaran interaktif, promosi produk, pariwisata, dan budaya. Mencipta game dalam industri games di Indonesia terbilang masih cukup muda yang telah ditangani oleh developer game yang memiliki kualitas tinggi dan semangat kuat. Passion dan hobi yang dikembangkan melalui pengetahun dan ketrampilan di bidang computer scient ditambah dengan mengembangkan sikap percaya diri, jujur, mandiri, disiplin, kerjasama dan bertanggungjawab dapat membawa produk kreatif dan inovatif yang mampu bersaing secara global.

Salah satu contoh asset game yang berupa desain diantaranya gambar mobil, environment, gambar 3D pada beberapa games yang telah mengglobal sebagai karya kreatif sumber daya manusia di Indonesia. Semangat usaha dalam pembuatan game sangat dibutuhkan dalam menghasilkan produk komersial untuk mengisi pasar global sehingga upaya membuka peluang kerjasama dan networking menjadi sangat penting. Industri kreatif digital dalam pengembangan konten animasi sebagai salah satu peluang pasar dalam berbagai sektor.

Pembuatan karakter, teknologi perfilman, kemampuan inovasi dan kreativitas, cerita animasi, infrastuktur, menguasai jaringan pemasaran dan produksi merupakan beberapa faktor dalam pembuatan produk animasi. Industri kreatif digital dibidang musik, software, dan media sosial juga mengalami perkembangan cukup pesat khususnya pada segmen konsumen kelas menengah di Indonesia yang memiliki partisipasi ekonomi, mengalami peningkatan, dan memiliki peran penting bagi kemajuan.

“Kelas menengah merupakan kelas wirausaha baru yang memiliki kapasitas untuk berinvestasi, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mendorong produktivitas bagi masyarakat secara keseluruhan. Kelas menengah juga sebagai sumber utama pembentukan kelas wirausaha baru, sumber terbentuknya kewirausahaan dan inovasi yang memungkinkan munculnya Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi pemicu pertumbuhan”

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Kalimat Menawarkan Produk