Usaha Peningkatan Hasil Agraris

Usaha Peningkatan Hasil Agraris

Findira.com - Keberhasilan usaha peningkatan hasil agraris memang dapat di lakukan oleh banyak hal, namun dari banyak tersebut, banyak hal yang di pengaruhi oleh sesuatu yang harus di lakukan oleh tenaga manusia, diantaranya pengolahan lahan, penyiapan lahan yang memadai , teknik dan cara pengolahan lahan agraris yang professional, serta cara pemanenan, waktu dan sasaran yang bagus dan tepat, serta memiliki alat dan teknologi yang dapat membantu mempermudah atau memperbagus hasil panen akan dapat membantu meningkatkan hasil agraris yang signifikan. Banya petani Indonesia mengeluhkan hasil panen yang kurang dari harapan mereka dengan tingkat produktivitas panen yang kurang bagus, namun sebagian besar dari mereka hanya mengeluhkan keadaan mereka, tanpa mau mengevaluasi dan mengintropeksi hasil pertanian mereka, bahkan cenderung melakukan hal yang sama ketika memulai pertanian mereka dengan cara yang sama dan perlakuan yang sama tanpa perubahan lebih baik, dan akan menjadikan hasil panen yang sama setiap panen tanpa peningkatan hasil agraris.

Hal ini disebabkan oleh minimnya informasi mengenai usaha peningkatan hasil agraris, bagaimana cara meningkatkan hasil panen yang efektif, kurangnya sumberdaya yang berpengalaman serta kurangnya penyuluhan untuk petani yang turun langsung dari pemerintah turut menambah pengaruh pada kegagalan agraris, oleh karena itu penyuluhan dari pihak pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian sangat di perluan sebagai bentuk langkah pertama untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mendapatkan hasil panen yang lebih baik dan mendapatkan hasil panen yang signifikan. Memang dengan adanya penyuluhan tentang pertanian sangat diperlukan untuk menambah hasil panen seperti bagaimana cara penanaman yang bagus hingga waktu dan cara pemberian pupuk yang tepat sangat perlu diajari, serta pemberian bibit berkualitas serta pupuk yang baik sangat perlu dilakukan. Setelah Anda mengetahui masalah yang dialami oleh petani tentang masa panen mereka, Anda juga perlu tahu tahu bagaimana usaha dan solusi untuk meningkatkan hasil agraris yang harus dilakukan masyarakat agar mendapatkan hasil tanaman serta hasil panen terbaik.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuka Kios Pertanian, Inilah Penjelasannya

Bagaimana Usaha untuk Peningkatan Hasil Agraris? 

Berikut ini beberapa usaha untuk meningkatkan hasil agraris:

Peran Petani 

Peran petani yang dilakukan adalah dengan cara mengolah lahan pertanian dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil panen yang sempurna menggunakan sarana dan teknologi terbarukan untuk mempercepat pekerjaan dengan hasil yang baik, seprti menggunakan mesi pembajak sawah dan lain sebagainya. Petani harus memiliki semangat dan kemauan yang tinggu untuk mensapatkan hasil panen yang baik.

Hal yang perlu dilakukan petani agar mendapatkan hasil yang baik adalah sebagai berikut:
  • Pengolahan tanah yang baik dan benar 
  • Pengairan yang teratur 
  • Memilih bibit unggul 
  • Pemberian pupuk 
  • Pemberantasan penyakit dan hama pada tanaman 

Ekstensifikasi Pertanian 

Ekstensifikasi Pertanian adalah merupakan usaha penigkatan hasil panen dengan cara membuka lahan baru, seperti membuka semak belukar, rawa-rawa yang tidak dipakai, tanah lapang yang belum dimanfaatkan untuk dijadikan area persawahan atau perkebunan baru yang dapat di manfaatkan secara penuh.

Diversifikasi Pertanian 

Diversifikasi Pertanian adalah merupakan usaha pemerintah untuk memberi ilmu lebih dari satu usaha yang di lakukan, dengan tujuan agar petani tidak memiliki ketergantungan usaha pada satu jenis usaha saja, seperti memberi pembelajaran selain bertani juga memberi pengetahuan bagaimana cara usaha beternak ikan, bebek dan lain sebagainya, atau menjadikan satu lahan pertanian memiliki lebih dari satu tanaman, seperti selain bertani kacang panjang, di sela jarak antar pohon ditanami bibit cabai. Dari ulasan diatas dapat kita simpulkan bahwa peningkatan hasil agraris merupakan hal yang dapat dilakukan sendiri oleh petani dengan cara peningkatan pengetahuan petani untuk mendapatkan panen yang signifikan.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Kalimat Menawarkan Produk

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

Contoh Kasus Pemasaran dan Solusinya