Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit yang Menjanjikan

Ternak Menguntungkan Modal Kecil di Lahan Sempit yang Menjanjikan

Cara ternak menguntungkan modal kecil di lahan sempit yang menjanjikan di masa depan. Beternak merupakan usaha yang sangat menggiurkan, selain mengsapasar yang besar juga keuntungan yang didapat pasti akan besar, sebagian orang memiliki untuk menggeluti usaha ternak salah satu alasannya ialah karena usaha ini membutuhkan modal yang cukup kecil dengan keuntungan yang lumayan besar. Berbicara tentang Ternak Menguntungkan dengan modal kecil Anda dapat memilih beternak Ayam kampung, karena selain ayam kampung memiliki daya tahan yang cukup kuat dibanding dengan ayam potong, juga ayam kampung memiliki harga yang lebih tinggi di banding ayam potong biasa, dengan beternak ayam kampung juga dapat memperkecil pengeluaran saat perawatan dengan cara mengakali makanan yang dikonsumsi, karena sifat ayam kampung yang cenderung dapat memakan semua makanan yang diberikan, maka Anda dapat menekan pengeluaran.

Sebelum anda membuka usaha ternak menguntungkan modal kecil dengan beternak ayam kampung, ada baiknya Anda mengetahui apa saja hal yang perlu dipersiapkan untuk usaha ternak ayam kampung, berikut hal yang harus diperhatikan untuk beternak ayam kampong:

Baca Juga : 70 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan yang Unik, Mudah, dan Menghasilkan

Bibit Unggul

Dengan memilih bibit unggul untuk usaha ternak Anda, merupakan satu hal penting untuk menjadikan ternak Anda sukses, karena dengan bibit yang benar-benar ungul Anda dapat memperoleh hasil yang unggul pula, seperti saat Anda akan menanam suatu pohon, pasti Anda akan menggunakan bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil buah yang unggul, hal ini juga tidak jauh berbeda dengan Anda beternak, di butuhkan bibit unggul untuk menghasilkan ayam yang unggul dan bagus, Anda perlu memilih DOC ayam unggul, seperti DOC tidak premature, memiliki bulu lengkap, badan tegak, mata jernih, tidak ada cacat dan lain sebagainya.

Kandang

Kandang merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk beternak, krenah kandang merupakan tempat di mana ayam ditempatkan, buatlah kandang dibuat senyaman mungkin untuk ayam ternak Anda, usahakankandang tidak terlalu dingin atau terlalu panas, agar ayam akan selalu sehat agar dapat terus hidup hingga masa panen, selain itu Anda perlu memperhatikanletak andang yang Anda bangun, janganlah terlalu dekat dengan pemukiman warga untuk menghidari aroma yang dihasilkan oleh kotoran, serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Untung Rugi Ternak Sapi yang Wajib Diketahui

Bagaimana Pengitungan Hasil Ternak Menguntungkan? 

Bagaimana pengitungan hasil ternak menguntungkan modal kecil? Untuk pakan, Anda harus sangat memperhatikannya, karena dalam memberi pakan akan ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu terlalu sedikit dan terlalu banyak, jika Anda terlalu sedikit memberikan pakan, maka yang akan terjadi, ayam akan mengalami proses pertumbuhan yang lambat dan menjadikan tubuh ayam menjadi kurus, dan jika kelebihan, maka akan membuat Anda rugi karena terlalu banyak memberikan pakan menjadikan peningkatan modal yang tak terkontrol, maka dari itu Anda harus memberikan pakan yang pas untuk ternak Ayam Anda untuk menghindari dua kemungkinan tersebut. Selain tiga poin penting diatas, Anda harus menguasai perhitungan kemungkinan yang akan Anda dapat dengan dengan melakukan budidaya ayam kampung.

Berikut perhitungan ternak menguntungkan modal kecil yang Anda harus keluarkan dan yang akan didapat:

Pengeluaran 

Bibit = Rp. 5000/Ekor x 100 ekor = Rp. 500.000
Pakan = Rp. 240.000/sak x 6 sak dalam 3 bulan = Rp. 1.440.000
Vaksin, Vitamin dan Listrik anggap Rp. 150.000
Total = Rp. 2.090.000

Perkiraan Pendapatan 

Anggap saja dalam 3 bulan mengalami 5 kematian ayam, sehingga total ayam hidup tinggal 95 ayam dengan berat rata-rata 0,9 Kg, missal harga Rp. 32,000/Kg, maka:

Penjualan = 0,9 Kg x 95 Ekor x Rp. 32.000 = Rp. 2.736.000
Penghasilan = Rp. 2.736.000 – Rp. 2.090.000 = Rp. 646.000

Maka perkiraan penghasilan dari Ternak Menguntungkan Anda adalah Rp. 646.000 dengan 100 ekor DOC pertama, bayangkan jika Anda memiliki 1000 DOC, maka penghasilan Anda akan cukup besar dengan modal kecil.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Rincian Modal Toko Sembako Kurang dari 10 Juta

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Kalimat Menawarkan Produk