Langsung ke konten utama

Kunci Sukses Jual Beli yang Menguntungkan

jual beli yang menguntungkan findira.com

Jual Beli yang Menguntungkan

Kiat sukses Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam mendapatkan jual beli yang menguntungkan, cepat laku dan laris ketika berdagang. Beliau memiliki strategi perdagangan yang luar biasa, karena beliau mengambil barang dari orang lain menyelesaikannya dengan cash walaupun sedikit kemudian beliau berkeliling untuk menjual barang dagangannya dan karena beliau memiliki sifat yang jujur, jadi apapun yang ditanya tentang produk tersebut maka belaiu selalu menjawabnya, transparant dan terbuka dalam transaksinya. Sehingga Allah akan berkahi transaksi keduanya, jadi tidak boleh jika kita jual barang dagangan yang ada cacat sebelumnya kita katakan tidak ada cacat sedikit pun, menutupi aibnya, ini malah Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak memberkahi transaksi tersebut.

Prilaku seperti itu sangat dijaga sekali oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam perniagaannya, sehingga beliau menjadi terkenal sekali dengan keberhasilan dalam jual beli yang menguntungkan dan dipercaya oleh banyak orang, dan setiap kali beliau membawa barang tidak ada lagi yang ragu dalam masalah ini, semuanya tinggal langsung membeli dari beliau karena apapun yang di tanya, baik kualitas maupun kuantitasnya disampaikan dengan benar, jelas dan apa adanya.

Baca Juga : Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Sehingga banyak pedagang-pedangan mekah yang ingin menitipkan modalnya kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, sehingga beliau semakin bertambah banyak modalnya. kemudian melakukan hal yang sama, nabi melakukan dengan transparan, semua kelebihan produk dan kekurangannya di sebutkan. Jadi orang-orang semakin tambah ramai membelanjakan barang beliau, sehingga beliau terpikir untuk mengekspansi bisnisnya keluar dari mekah. karena di Mekah belaiu sudah cukup menguasai dan berkembang, jadi beliau ingin mengembangkan lebih besar lagi di negeri Syam.

Ketika itu orang quraisy memiliki strategi dagangnya seperti, membawa modal dari mekah, beli barang ke negri syam lalu kembali lagi kemekah untuk dijual di mekah. Sedangkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam memiliki strategi yang berbeda. Modal beliau dibelikan produk-produk mekah, apa saja, semua uang dijadikan benda kemudian beliau membawanya ke negri Syam lalu beliau berdagang di syam. Orang-orang syam tidak mengenal produk mekah selama ini sehingga mereka banyak membelinya dari  Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan beliau mendapatkan banyak keuntungan dari jual beli tersebut. Lalu dengan keuntungan tersebut beliau beli lagi barang-barang dari syam untuk dijual lagi di mekah. sehingga 2 kali lipat keuntungan yang beliau dapatkan.

Semakin terkenal beliau oleh penduduk Mekah saat itu, sehingga bergabunglah seorang wanita kaya Mekah yang bernama khadijah pada saat itu. dikatakan dalam buku-buku sejarah khadijah ini memiliki harta lebih banyak atau berimbang dengan seluruh harta pedangang-pedangang mekah. akhirnya khdijah pun menitipkan hartanya dan untuk memastikan kejujuran yang terkenal itu beliau menitipkan hamba sahaya bernama Maisharah.

Selama dalam perjalanan maisaroh terkagum-kagum dengan prilaku Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, terutama pada akhlak beliau. Seperti kalau nabi makan selalu diajak makan bersama-sama, istirahat bersama, mengajak bicara seperti temannya sendiri, sepanjang perjalanan dari pergi sampai pulang kemekah. Perjalanan kenegri syam 1 bulan itupun kalau dengan menggunakan kuda tercepat sedangkan kalu membawa kafilah dagang akan lambat bisa 2 bulan perjalanan. dan selama itu belaiu selalu bermuamalah dengan maisyaroh dengan baik.

Setelah kafilah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam tiba di negri syam, beliau cepat sekali berbaur dengan penduduk syam, sangat supel, mudah dalam jual beli. Contohnya orang mau beli dan menawar barang dagangan beliau selalu memudahkan harga jual ke pembeli yang penting tidak dirugikan, bukan seperti orang kebanyakan yang sudah tau ada keuntungan tapi masih di tekan sampe mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dalam proses jual belinya.

Baca Juga : Contoh Usaha Jasa di Masyarakat yang Menguntungkan

Setelah beliau mendapatkan keuntungan di hari itu disimpan ditempat aman dan bekeliling mencari orang-orang fakir di negri syam dan membagi-bagikannya. dan beliau juga selalu untuk berusaha menguasai seluruh pasar tanpa letih, beliau berkeliling keseluruh pasar lalu menawarkan produk-produknya, jika ada yang nolak pergi lagi ketempan yang lain, begitu seterusnya tanpa letih sampai terjadi transaksi jual beli. Beliau keliling, senyum dengan orang-orang, ramah, mudah dalam transaksi. Maka sampai habis produk beliau pada hari itu.

Dihari kedua beliau sudah bisa membeli produk-produk dari negri syam, dan pada saat membeli pun beliau sangat dimudahkan, karena kemarin beliau juga sangat supel dengan orang-orang maka mereka pun memudahkan transaksi jual belinya. Setelah membelanjakan  produk-produk penduduk Syam beliau pun tidak menunggu lama untuk kembali ke kota mekah untuk dijual kembali. Beliau cepat bekerja dan cepat mengeksekusinya.

Sepulangnya beliau menuju ke kota mekah, beliau sangat diuntungkan karena kafilah quraisy belum tiba di mekah dikarenakan budaya pedagang quraisy pada waktu itu tidak lah seperti Nabi, mereka tidak cepat, selalu menunda-nunda demi kesenangan dunia, sehingga waktu yang digunakan pun sangat lama.

Setelah kafilah nabi tiba di mekah, lalu beliau menjual produk-produk syam ke orang-orang mekah, belum masuk ke pintu gerbang mekah, dalam hitungan satu hari itu juga dagangan beliau sudah habis, dengan keuntungan yang berlipat-lipat. Beliau sangat dimudahkan karena akhlak yang mulia.

Setelah selesai beliau tidak lantas menunda-nunda dan tidur. Namun beliau terlebih dahulu menyampaikan semua amanah yang diberikan padanya, berupa modal, keuntungan dan lain-lainnya kepada para pedagang yang lain termasuk Khadijah.

Untuk selengkapnya simak vidio kajian agama dari ust Khalid Basalamah Official dibawah ini:

Kunci sukses berdagang Rasulullah Salallahu'alaihi Wassalam

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved