Langsung ke konten utama

4 Faktor Utama Penyebab Keberhasilan Wirausaha

4 faktor utama penyebab keberhasilan wirausaha bagi para pelaku bisnis dimana situasi pasar saat ini secara umum tidak ramah. Selain adanya komoetisi dari pemain di bidang sejenis, kondisi ekonomi masih melesu dan tidak menentu. Kendati begitu dalam situasi sulit itu ada sejumlah merek wirausaha yang mampu tumbuh dan menjadi pemain yang menonjol dibidang/kategori masing-masing, setidaknya dalam satu-dua tahun terakhir. Antara lain kita bisa menyaksikan keperkasaan merek-merek seperti Xpender, Selis, Warunk UpNormal, Nmax, Teh Pucuk Harum, dan Go-Pay. Berikut ini akan findira jelaskan 4 faktor keberhasilan wirausaha menurut para ahli yang sudah sukses dan berpengalaman di dunia bisnis.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Apa faktor keberhasilan mereka tetap bersinar ditengah lingkungan bisnis yang tidak ramah ini? Berdasarkan wawancara langsung dengan para pengelola bisnis tersebut, kami mendapati sejumlah faktor sukses keberhasilan mereka. Beberapa diatanyanya yang kami anggap paling pentinng kami paparkan disini.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Riset Pasar dengan Melakukan Survey

Dalam mengambil keputusan bisnis, para pengelola ini mengacu pada hasil riset yang mereka lakukan. Termasuk dalam menciptakan jenis produk dan nama merek tersebut. Sebagai contoh menurut Irwan kuncoro, Direktur penjualan dan pemasaran PT mitsubishi MotorsKrama Yudha Sales Idonesia (MMKSI), sukses Xpander bukanlah hal instan yang dicapai begitu produk diluncurkan, kami sudah melakukan riset pasar ke keluarga Indonesia. Inti survey itu menanyakan: 

Seperti apa mobil small MPV yang mereka impikan dan belum terwujud di pasar? Dari riset itu Mitsubishi membuat mobil konsepnya dan diperkenalkan ke masyarakat selama setahun sebelum produk jadinya diluncurkan.

Baca: Peluang usaha daur ulang kertas.

Memiliki Keunggulan atau Nilai Tambah 

Produk yang diluncurkan harus menawarkan keunggulan atau nilai tambah baru bagi konsumen. Contohnya seperti produk teh pucuk harum mereka mengklaim punya keunggulan memberikan rasa yang enak dan aroma kesegaran terbaik, karena diproses dari pucuk daun teh. Adapun nilai tambah yang diberikan warung Upormal  adalah pengalaman terbaik utuk bersantap sambil nongkrong, mulai mereka tiba duduk-duduk untuk menikmati santapan, hingga nongkrong sampai puas. 

Karena itu, selain menyiapkan varian menu dan kenyamanan,Upnormal juga menyiapkan fasiltas nongkrong seperti colokan listrik yang banayak dan koneksi Wi-Fi yang cepat, serta aneka permainan untuk anak-anak milenial.

Baca: Peluang jadi distributor tanpa modal.

Branding

Faktor yang ketida adalah langkah branding dan mengomunikasikan keunggulan produk Anda secara sistematis dan konsisten. Seperti yang dilakukan Selis, selain menggunkan media, juga banyak mengandalkan pameran dan event semacam Pekan Raya Jakarta dan Car Free Day, serta edukasi di sekolah-sekolah. Disana konsumen bisa langsung mencoba produknya.

Sealin itu ada Go-Pay yang memilih untuk berkampanye di televisi, billboard, media sosial, hingga di aplikasi Go-Jek itu sendiri yang hingga kini sudah lebih dari 100 juta kali diunduh.

Baca: Cara menjalankan kredit sembako.

Berinovasi

Yang membuat merek-merek bintang masihmeujukkan kinerja yang ciamik hingga saat ini adalah karena terus berinovasi. Sebagai contoh, produksepeda Selis hanya berupa sepeda listrik, kini juga dikenal ada beberapa jenis produk kendaraan lainnya seperti electric wheel chair, golf cart, bajaj listrik, hingga robot vacuum cleaer.

Setidaknya Warung UpNormal melakukan menu baru 2-3 kalidalam setahun untuk inovasi bergerak dari hasil riset mereka dan juga melakukan dekorasi yang berbeda disetiap gerai.

Untuk Go-Pay, fungsi layanan mereka terus berkembang misalnya sudah bisa melakukan transaksi muali dari makanan-minuman diberbagai restoran di mall, jajan diwarung kaki lima, belanja di toko online, beli token PLN, bayar tagihan hingga donasi kemesjid.

Selain karena aneka upaya sistematis (termasuk inovasi), mereka juga merasa bahwa prospek merek dagang yang mereka kelola itu juga didukung oleh perkembangan tren gaya hidup dan demand (permintaan) yang relatif kuat dari konsumen.

Diakhir pembahasan kali ini tentang 4 faktor keberhasilan wirausaha dari pengalaman pengusaha sukses bisa menginspirasi Anda sekalian. Jangan lupa untuk berbagi tulisan ini jika bermanfaat, selamat berjuang dan salam sukses.

Komentar

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 findira.com, All right reserved