Modal Awal Usaha Grosir Sembako Beserta Rinciannya

modal awal usaha grosir sembako

Membuka sebuah usaha tentu diawali dengan segala persiapan. Salah satunya adalah persiapan modal yang dibutuhkan. Termasuk dalam membuka usaha grosir sembako juga diperlukan persiapan modal. Mengawali usaha grosir sembako perlu sejumlah uang untuk permodalan segala perisapannya. Apa saja modal yang dibutuhkan ?

Inilah 7 Rincian Modal Awal Usaha Grosir Sembako yang Perlu Dipersiapkan

Berikut 7 rincian modal awal usaha grosir sembako yang perlu dipersiapkan :

1. Siapkan Modal Untuk Membeli Stok Sembako

Pertama yang harus dipersiapkan adalah sejumlah uang untuk membeli beberapa stok sembako yang akan dijual. Modal tersebut kurang lebih berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan. Dari jumlah uang tersebut dapat digunakan untuk membeli sembailan bahan pokok dengan lengkap. Pada persiapan yang satu ini pastikan mencari pemasok sembako dengan harga yang murah agar bisa dijual kembali dengan harga grosir. Baca juga rincian modal toko sembako

2. Persiapan Perlengkapan Berjualan

Modal awal usaha grosir sembako yang selanjutnya adalah perlengkapan berjualan yang akan digunakan. Siapkan modal sekitar Rp 1 jutaan untuk membeli sejumlah perlengkapan kebutuhan dalam berjualan. Uang tersebut dapat dibelikan timbangan, kalkulator, dan perlengkapan lainnya. Selain itu, dari jumlah uang tersebut bisa dibelikan kotak untuk menyimpan uang saat berjualan. Perlengkapan tersebut akan sangat diperlukan saat berjualan sembako karena sembako identik dijual dengan takaran dan timbangan.

Ingin kerjasama distributor sembako? baca Cara Menjadi Agen Sembako

3. Pembelian Etalase

Selanjutnya yang dibutuhkan untuk berjualan sembako adalah etalase. Siapkan modal sekitar Rp 1 jutaan untuk membeli etalase yang akan berguna untuk penyimpanan stok sembako. Selain itu, etalase juga dapat mempermudah menata barang agar bisa terlihat oleh konsumen dari kejauhan. Tidak hanya itu, etalase juga berguna agar barang lebih rapih dan terlihat bersih. Dalam hal ini sebaiknya pilih etalase yang terbuat dari kaca. Baca juga Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

4. Persiapkan Wadah Berjualan

Selain perlengkapan berjualan dan etalase, ada lagi modal awal membuka usaha sembako yang tidak kalah penting. Siapkan modal sekitar Rp 300 ribu untuk membeli sejumlah wadah untuk berjualan. Wadah tersebut nantinya akan digunakan untuk menata beras dan bahan lainnya. Seperti toko sembako pada umumnya biasanya beberapa bahan ditata berjajar menggunakan wadah berbentuk kotak yang bisanya terbuat dari bahan plastik.

5. Persiapkan Biaya Operasional

Membuka sebuah usaha tentu tidak lepas dari biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Salah satunya adalah biaya operasional selama usaha tersebut berjalan. Sebaiknya persiapkan modal dari awal untuk membiayai operasional berjualan. Biaya tersebut berupa biaya listrik dan biaya membuat papan nama, dan transportasi. Persiapkan modal awal kurang lebih Rp 250 ribu untuk membiaya biaya operasional tersebut.

Ingin jadi distributor sembako? Baca Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

6. Membeli Kotak Penyimpanan Uang

Ada lagi modal yang tak kalah penting untuk membuka usaha sembako yakni kotak penyimpanan uang. Kotak untuk menyimpan uang ini tentunya juga dibutuhkan untuk setiap usaha untuk menyimpan uangnya dengan aman. Perisapkan modal Rp 300 ribu untuk membeli lemari atau brankas yang dapat difungsikan sebagai kotak penyimpanan uang. Namun bagi yang ingin lebih hemat, kotak penyimpanan uang bisa dibuat sendiri atau memanfaatkan alamari di rumah yang tidak terpakai.

Ingin usaha toko sembako modern? baca juga Modal Toko Sembako Modern

7. Modal Lain yang Terlihat Sepele Namun Sangat Berguna

Selain modal yang sudah disebutkan ternyata terdapat modal lain yang terlihat sepele namun akan sangat berguna jika dipersiapkan sejak awal. Kebutuhan seperti kantung plastik, tali rafia, karet, straples, buku catatan, dan lain-lain ini ternyata juga diperlukan. Dalam menjual sembako tentu akan memerlukan wadah seperti kantung plastik dan pengikatnya. Baca juga Toko Kelontong Modal 20 Juta

Oleh karena itu, perlu dipersiapkan modal sekitar Rp 100 ribu untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut. Itulah 7 rincian modal awal usaha grosir sembako yang perlu dipersiapkan. Jika ditotal modal awal yang perlu dipersiapakan sekitar Rp 8 jutaan. Tidak terlalu besar modal untuk membuka usaha grosir sembako. Sebaiknya persiapkan semuanya dengan baik agar usaha berjala lancar.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

20 Peluang Usaha Modal 50 Juta Rupiah Beserta Rinciannya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Toko Kelontong Modal 20 Juta, Begini Rincian Modal Usaha dan Cara Memulainya

9 Contoh Copywriting Produk Kecantikan yang Menarik Perhatian dan Bisa Meyakinkan Calon Pembeli

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Kalimat Menawarkan Produk

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Info Grosir Mainan Anak Serba Seribu Untuk Anda

Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat