Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat

modal usaha playground indoor

Tak bisa dipungkiri, usaha playground indoor merupakan usaha berprospek bagus. Jumlah pesaingnya sedikit. Sekali didirikan, usaha playground indoor akan terus mendulang laba. Kita hanya perlu membangun playground sekali, berikutnya tinggal mempromosikannya saja. Akan tetapi, masih banyak yang takut berbisnis di bidang ini. Salah satu sebabnya adalah biaya pembuatan playground indoor yang notabene besar. Lalu, bagaimana cara mengatur modal usaha playground indoor agar lebih hemat?

Tips Mengelola Modal Usaha Playground Indoor Dengan Lebih Hemat 

Telah banyak profil pengusaha sukses dari bidang playground. Beberapa di antaranya adalah May Melani, pendiri Rumah Pohon dan Sugito Waluyo, pemilik Junior Fiberglass Playground. Keduanya memilih bisnis playground karena bidang ini memberikan keuntungan tinggi, serta memiliki jangka waktu panjang. Bagi Anda yang ingin mengikuti jejak mereka, berikut ini tips menghemat modal usaha playground indoor:

Baca: Harga Playground Indoor

1. Promosikan Playground Dengan Tepat 

Playground indoor merupakan playground yang diletakkan dalam ruangan. Biasanya playground semacam ini diletakkan di mall, supermarket, atau wahana bermain anak-anak. Setiap lokasi punya batasan tersendiri dalam menentukan biaya memasang playground. Maka dari itu, sesuaikan objek pemasaran Anda dengan perkiraan budget-nya. Selain itu, Anda juga harus dapat memperkirakan apakah playground yang Anda jual dapat dibeli oleh objek pemasaran tersebut.

2. Sesuaikan Jenis Playground Dengan Lokasi 

Setiap lokasi playground indoor memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya di mall, lokasinya cenderung ramai pengunjung. Playground di mall akan dikunjungi lebih banyak orang dengan waktu yang dibatasi. Jika Anda membuat playground untuk mall, Anda harus memastikan bahan playground aman dan tidak mudah rusak. Selain itu, desain playground dibuat sesimpel mungkin sehingga tidak mengganggu interior mall.

3. Gunakan Bahan-Bahan Pembuat Playground Yang Tahan Lama 

Dalam membuat playground, berbagai bahan dibutuhkan. Selain menyesuaikan dengan desain, Anda juga perlu menghitung biaya pembuatan seefisien mungkin. Mulai dari biaya membeli bahan baku hingga membayar tenaga pembuat playground. Jangan asal menggunakan bahan-bahan yang murah. Anda juga perlu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan tahan lama. Usaha playground adalah usaha menyangkut keamanan banyak orang (terutama anak-anak). Jika Anda membuat playground dengan biaya murah namun mudah rusak, Anda akan lebih banyak terkena masalah.

4. Buka Wahana Playground Indoor Sendiri 

Jika Anda kesulitan mencari pihak yang bersedia menggunakan jasa pembuatan playground indoor, Anda bisa membuka sendiri playground indoor di rumah. Ada banyak alternatif yang bisa Anda lakukan. Terkait lokasi, Anda bisa mendirikan playground di rumah Anda sendiri. Jika tidak demikian, Anda bisa membangun sebuah box playground dengan satu jenis permainan saja.Solusi ini bisa Anda gunakan jika modal usaha playground indoor yang Anda miliki sangat minim.

5. Miliki Ide Anti Mainstream 

Semakin kreatif Anda, maka akan semakin tinggi laba yang Anda raih. Prinsip seperti ini dibutuhkan dalam membuka usaha playground indoor. Bukan hanya dalam menentukan jenis permainan, Anda juga memerlukan kreativitas dalam membuat permainan-permainan tersebut. Misalnya Anda ingin membuka playground indoor yang berbeda dari lainnya. Anda bisa menghias indoor playground dengan suasana alam. Permainan-permainan di dalamnya dibuat dari kayu atau bahan-bahan daur ulang. Dijamin, modal usaha playground indoor Anda bukan hanya murah. Tapi juga lebih menarik.

6. Lakukan Pemeliharaan Playground Secara Berkala 

Banyak pengusaha berpikir mengeluarkan biaya perawatan hanya membuang-buang modal. Akan tetapi bagi pengusaha playground, pantang berpikir demikian. Playground adalah usaha di bidang jasa. Jika usaha playground yang Anda miliki tidak dirawat dengan baik, playground tersebut akan lebih cepat rusak. Lebih buruk lagi, playground Anda bisa memakan korban. Jadi setelah mendirikan usaha playground, pastikan Anda melakukan pengecekan berkala. Jika ada kerusakan sekecil apapun, cepat perbaiki sebelum menjadi lebih besar.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Percakapan Menawarkan Produk