Harga Playground Indoor Untuk Pengusaha Yang Murah

harga playground indoor

Usaha playground indoor mulai menjamur di Pasar. Hampir seluruh mall dan pusat keramaian di Indonesia menyediakan fasilitas playground indoor. Dibandingkan playground outdoor, playground indoor memang lebih menarik. Hal tersebut dikarenakan tempat yang digunakan sebagai wahana bermain menyatu dengan playground. Selain itu, playground indoor juga lebih terjamin keamanannya. Karena biasanya, playground indoor seluruhnya dibangun dengan bahan ramah anak. Anda tertarik membuka usaha di bidang ini? Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui tips menentukan harga playground indoor untuk pengusaha.

Baca: Usaha Wahana Permainan Anak

Harga Playground Indoor Lebih Rendah 

Dibanding playground outdoor, biaya yang dikeluarkan untuk playground indoor cenderung lebih rendah. Dari segi lokasi, pendirian playground indoor tidak membutuhkan lokasi khusus. Sementara dari segi mobilitas, playground indoor biasanya sangat mudah dipindahkan. Kemudahan-kemudahan inilah yang membuat usaha playground indoor bermunculan.

Tips Menentukan Harga Playground Indoor 

Sayangnya, masih banyak pengusaha yang tidak memahami bagaimana menentukan harga playground indoor dengan tepat. Hal tersebut mengakibatkan playground indoor yang dipasarkan tidak laku. Atau jika terlalu murah, para pengusaha tersebut jadi kehilangan peluang memperoleh laba lebih tinggi. Untuk menghindarinya, berikut ini akan dipaparkan tips menentukan harga playground indoor dengan tepat:

1. Sesuaikan Dengan Modal Yang Dikeluarkan 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menentukan harga playground indoor adalah: memperkirakan modal yang telah dikeluarkan. Sama seperti proses pembuatan produk lainnya, proses pembuatan playground juga perlu dimonitor. Anggarannya perlu diproyeksikan sejak awal. Hal ini bahkan lebih krusial karena modal pembuatan playground tidaklah sedikit. Sebelum menentukan harga yang pas untuk playground buatan Anda, cermati kembali pengeluarannya. Sesuaikan harga playground dengan modal dan margin laba yang Anda butuhkan.

Baca: Modal Usaha Playground Indoor

2. Perhatikan Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Playground 

Setelah memproyeksikan modal yang dibutuhkan, Anda perlu memilih bahan baku playground dengan cermat. Jangan sampai Anda memilih bahan baku yang terlalu murah, karena akan membuat peluang kerusakan playground meningkat. Sebaliknya, jangan pula terlalu “hati-hati” menentukan bahan baku. Jika bahan baku terlalu mahal, hal itu akan menggembungkan harga playground indoor. Jika harga tersebut terlalu tinggi, maka peminatnya juga akan menurun. Pilihlah bahan-bahan baku yang standar namun tahan lama. Lalu sesuaikan harga dengan biaya yang telah Anda keluarkan.

3. Tetapkan Harga Sesuai Budget Pembeli/Pengguna 

Anda ingin membuat playground indoor dengan style berbeda-beda? Hal ini tidak menjadi masalah. Bahkan semakin kreatif Anda membuat permainan, playground Anda akan makin laris. Semakin unik sebuah playground, harganya juga semakin meningkat. Maka dari itu, supaya laba yang Anda peroleh bisa dimaksimalkan, Anda perlu menggolongkan pembeli/pengguna sesuai budget mereka. Misalnya jika Anda ingin membuat playground untuk mall, Anda perlu memastikan bahannya fleksibel namun awet (karena mall pasti dipenuhi orang). Untuk mendapat bahan dengan kualitas semacam itu, Anda perlu mengeluarkan biaya-biaya khusus. Dikarenakan mall termasuk penyedia dana besar, Anda dapat menentukan harga setara kemampuan mereka. Tentu saja seimbang dengan kualitas yang Anda tawarkan.

4. Sewa Atau Jual? Pilih Metode Usaha Playground Paling Tepat 

Pengusaha playground indoor memiliki cara masing-masing dalam meraup laba. Ada yang memilih menjadi pembuat playground indoor, lalu menjual produknya ke pihak-pihak yang membutuhkan. Ada yang memesan playground dari orang lain, lalu menyewakannya. Selain itu, ada pula yang membuat playground sekaligus menyewakannya sendiri ke orang lain. Apapun metode yang tersedia, pilihlah metode yang paling tepat untuk Anda. Apabila Anda hanya memiliki dana terbatas, Anda dapat membuat dan menyewakan playground sendiri. Tentunya dengan jumlah wahana sesuai besar modal Anda.

5. Bandingkan Harga Playground Indoor Dengan Pesaing 

Baik sewa atau jual, Anda perlu mengetahui harga umum playground indoor. Galilah lebih dalam harga yang ditetapkan pesaing, serta bagaimana pesaing tersebut mengelola keuangannya. Jika kenyataannya harga playground Anda lebih mahal dibanding lainnya, Anda perlu mencari cara agar bisa menurunkan harga produk tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

Contoh Percakapan Menawarkan Produk