Usaha Pengepul Hasil Bumi

Salah satu peluang usaha menguntungkan, yang seringkali dipandang sebelah mata, adalah usaha pengepul hasil bumi. Seperti yang kita lihat, saat ini usaha tersebut terbilang jarang digeluti/diminati, padahal nyatanya cukup menggiurkan dan bisa mendatangkan banyak rupiah.

Apa Itu Usaha Pengepul Hasil Bumi? 

Nah, jika ingin tahu lebih jauh mengenai jenis usaha ini, pertama-tama kita harus mengetahui dulu arti dari hasil bumi itu sendiri. Hasil bumi adalah segala sesuatu yang dihasilkan dari bidang pertanian atau hasil pertanian yang didalamnya termasuk berbagai komoditas seperti sayur-mayur, buah-buahan, ubi-ubian dan sebagainya.

Usaha Pengepul Hasil Bumi

Sedangkan makna dari pengepul hasil bumi adalah seseorang yang menjadi pelaku yang mengumpulkan, menyortir kemudian mendistribusikan hasil-hasil bumi yang ada. Seorang pengepul hasil bumi tak harus mengumpulkan seluruh hasil bumi, melainkan ia dapat memilih hasil bumi apa yang akan dia ambil.

Tips Memulai Usaha Pengepul Hasil Bumi 

Ada beberapa tips yang dapat dijadikan pegangan untuk memulai usaha menjadi pengepul hasil bumi. Nah, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Miliki Modal 

Modal, baik itu kemampuan untuk mengumpulkan informasi, mencari relasi, paham teknologi dan perkembangan terkini, termasuk modal uang harus dimiliki oleh seseorang dalam memulai usahanya, begitu juga ketika ingin menjalankan usaha sebagai pengepul ini.

Modal ini, khususnya modal uang dibutuhkan untuk memulai usaha pengepul hasil bumi dengan tujuan untuk dapat membeli atau minimal menyewa lahan yang cukup sebagai tempat usaha nantinya.

2. Pilih Komoditas 

Setelah memiliki modal dan lahan yang dapat dijadikan tempat memulai usaha, langkah penting yang selanjutnya adalah memilih komoditas yang diinginkan, disarankan untuk tidak mengambil seluruh jenis hasil bumi agar pekerjaan dapat terfokus dan menjadi mudah untuk diawasi serta diatur.

Memilih komoditas apa yang ingin dikumpulkan oleh seorang pengepul juga memiliki peran penting yang lain, yaitu sebagai branding yang memudahkan orang sekitar untuk mengenal kita kelak, misalnya agar kita dikenal sebagai “pengepul buah tropis”, jika kita menjadi pengepul khusus buah tropis atau sebagai “pengepul sayuran” jika kita memilih untuk fokus pada komoditas sayuran, atau pun branding lainnya.

Memilih komoditas juga berfungsi untuk memudahkan kita dalam menyortir berbagai hasil bumi yang masuk, sehingga mampu secara lebih detail mengelompokkan hasil bumi yang masuk sesuai kualitas dan ukurannya. Misalnya kita menjadi pengepul buah pisang saja, kita jadi dapat lebih fokus dan mudah untuk menyortirnya berdasar kualitas dan ukurannya.

3. Promosi 

Tips selanjutnya adalah mempromosikan diri kita kepada warga sekitar khususnya yang berprofesi sebagai petani bahwa kita adalah seorang pengepul hasil bumi, sehingga para petani dapat menjadi mitra bisnis yang menyalurkan produknya kepada kita selaku pengepul.

Hal ini juga bertujuan untuk mengangkat moral para petani tersebut agar semakin semangat dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil bumi mereka, karena mereka mempunyai tempat naungan untuk menjual produk-produk mereka.

4. Mencari Pembeli Potensial

Kemudian carilah pembeli yang potensial untuk hasil bumi yang dikumpulkan, pembeli-pembeli tersebut bisa dari mana saja, misal hasil bumi yang dikumpulkan adalah bawang, maka pembeli yang bisa dijadikan relasi untuk menjalin kerjasama adalah pengusaha bawang goreng, baik yang skala usahanya kecil, menengah maupun skala besar dan perusahaan bumbu racik yang ada bahan baku bawangnya juga dapat diincar.

5. Kembangkan Usaha 

Sebagai seorang pengepul juga perlu untuk mengembangkan usahanya, maka dari itu untuk selalu update berita dan informasi terbaru khususnya yang berkaitan dengan usaha hasil bumi sangat diperlukan, agar usaha yang dilakukan juga dapat mengikuti perkembangan zaman.

Di samping itu perkembangan juga dapat dilakukan dari segi penambahan relasi petani untuk menambah kuantitas pasok yang dibutuhkan atau mengadakan pelatihan untuk petani relasi agar dapat meningkatkan kualitas hasil buminya juga merupakan langkah penting.

Dan yang tidak kalah penting juga selalu memperluas pasar dan mencari peluang perusahaan atau pihak mana yang ingin membeli dan sedang membutuhkan hasil bumi yang kita miliki.

Nah, itu tadi diatas gambaran terkait usaha pengepul hasil bumi. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk