Bisnis Limbah Plastik Yang Menghasilkan Banyak Uang

Masalah limbah sudah menjadi masalah umum, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Dan limbah plastik merupakan salah satu limbah yang paling banyak didunia. Ini dapat dilihat dari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, yang begitu mendominasi.

Namun perlu diketahui, limbah plastik tidak hanya bisa di anggap sebagai sampah tak berguna. Karena nyatanya, bisa menghasilkan banyak uang bila dikelola dengan tepat.

Prospek Bisnis Limbah Plastik 

Prospek dari bisnis limbah plastik, yang diantaranya adalah bisnis daur ulang limbah plastik, terbilang sangat prospektif dan cemerlang, pasalnya banyak kebutuhan dari para pengusaha plastik yang membutuhkan dan mencari plastik daur ulang ini.



Bukan hanya perusahaan plastik saja yang membutuhkan olahan limbah plastik ini, akan tetapi perusahaan yang merambah ranah fashion ternyata ada juga yang memakai daur ulang limbah plastik ini sebagai bahan utama pembuatan produknya.

Sebut saja perusahaan besar seperti Nike yang menggunakan daur ulang limbah plastik untuk membuat jerseynya pada perhelatan piala dunia tahun 2010 dengan total penggunaan limbah botol plastik sampai 13 juta botol.

Persiapan Memulai Bisnis Daur Ulang Limbah Plastik 

Dalam memulai bisnis daur ulang limbah botol plastik ini ada beberapa hal penting yang harus disiapkan. Nah, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Modal - Modal awal yang harus dimiliki bagi calon pelaku bisnis daur ulang limbah plastik ini sebenarnya cukup bervariasi, akan tetapi modal yang dikeluarkan seharusnya tidak sampai ratusan juta rupiah, karena bisnis ini terhitung Usaha Kecil-Menengah. Anggaran yang paling mencolok dari segi persiapan alat sendiri adalah alat penggiling limbah botol plastik itu sendiri. 

2. Lahan Bisnis - Untuk memulai bisnis limbah plastik ini membutuhkan tempat yang cukup luas pula, karena ada banyak kegiatan yang kelak akan dilakukan, diantara kegiatan tersebut adalah penempatan limbah botol plastik yang dibeli, penyortiran, penggilingan dan penyimpanan hasil penggilingan plastik, yaitu bijih plastik. Kesemuanya membutuhkan tempat yang cukup luas agar bekerja secara kondusif.

3. Bahan Baku Produksi - Bahan baku produksi yang dibutuhkan tidak lain adalah sampah botol plastik itu sendiri yang mana bisa didapatkan dari kerjasama dengan pemulung yang ada di wilayah sekitar lahan bisnis Anda nantinya. Atau bisa juga diambil dari para pengepul limbah plastik agar tidak terlalu repot mencari dan lebih kontinyu.

4. Relasi Pembeli - Carilah relasi yang mau membeli daur ulang limbah plastik dari Anda terlebih dahulu sebelum benar-benar memulainya agar setelah jalan Anda tidak bingung harus menjualnya kemana dan agar dapat memperluas pasar dari berkenalan dengan pihak-pihak pembeli ini pula.

5. Rekrut Karyawan - Bisnis ini akan sangat merepotkan jika harus berjalan sendirian. Oleh karena itu, bila Anda sudah merasa yakin bisnis daur ulang limbah plastik yang Anda jalankan ini benar-benar bisa sustain,jangan ragu untuk mulai merekrut beberapa orang untuk membantu Anda dalam bekerja. 

Keuntungan Bisnis Limbah Plastik 

Diantara keuntungan yang bisa didapatkan oleh seseorang yang bserkecimpung di dalam bisnis daur ulang limbah plastik ini adalah seperti yang tertulis pada poin-poin berikut ini.

1. Meningkatnya Permintaan Pasar - Hal ini dapat dilihat daari makin banyaknya perusahaan-perusahaan yang menggunakan bahan baku plastik sebagai usahanya, mulai dari perusahaan kecil sampai besar, dan tentu ini menjadi lahan yang sangat prospektif bagi pebisnis daur ulang limbah plastik.

2. Target Bisnis yang Jelas - Target bisnis yang jelas sangat penting agar fokus pemasaran dapat diarahkan sesuai dengan targetnya dan tidak asal menembak pasar. Dampak postitif yang diberikan pula adalah lebih cepat dalam menemukan customer dan lebih mudah untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

3. Partisipasi Dalam Memperbaiki Lingkungan - Dengan memulai bisnis yang berasal dari limbah plastik ini Anda akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dalam mengurangi limbah dan segala dampak negatif yang dibawanya seperti penyakit, bau tak sedap dan lain sebagainya, hal ini tentu akan menjadi nilai positif pula bagi usaha Anda juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitar Anda.

Bagaimana, sangat menarik bukan bisnis limbah plastik? Jadi, untuk anda yang sedang bingung mencari pekerjaan, kenapa tidak mencoba usaha ini.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk