Cara Bisnis Sembako Online Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

Perkembangan teknologi terutama internet yang sangat cepat menuntut pelaku bisnis untuk beradaptasi demi persaingan bisnis yang semakin ketat. Kemajuan internet merubah cara menjalankan bisnis, seperti halnya teknik pemasaran yang jelas sudah berubah. Saat ini pelaku bisnis berlomba mengonlinekan bisnisnya, mulai dari jualan pakaian, perhiasan dan kebutuhan sehari-hari seperti sembako. Menariknya sembako menjadi salah satu ide bisnis yang potensial karena menjadi kebutuhan sehari-hari. Nah jika biasanya sembako dijual di toko kecil atau supermarket, lalu bagaimana cara bisnis sembako online?

Sangat menarik jika bisa memanfaatkan kemajuan internet untuk mendorong bisnis sembako ini. Untuk itu bagi anda yang tertarik memulai bisnis sembako secara online, berikut ini cara bisnis sembako online yang penting untuk anda ketahui:


1. Analisa Kebutuhan Pasar

Analisa Kebutuhan Pasar

Untuk memulai bisnis sembako secara online yang harus anda lakukan sebelumnya adalah menganalisa kebutuhan pasar. Hal ini dilakukan agar anda memiliki perencanaan yang matang sebelum memulainya. Apa yang dianalisa? Untuk menjual sembako secara online tentu harus mengetahui minat masyarakat untuk berbelanja secara online. Selain itu perlu juga mengetahui harga yang dapat diterima oleh calon konsumen mengingat jika sembako dionlinekan akan ada tambahan biaya ini itu.

2. Bangun Sistem

Setelah menganalisa dan mengetahui seluk beluk kebutuhan pasar, saat nya anda membangun sistem. Yang dimaksud sistem di sini adalah sistem penjualan sembako itu sendiri. Mulai dari dimana sembako anda dapatkan, bagaimana pemasarannya, bagaimana cara mengirimkan sembako ke konsumen anda dan bagaimana pembukuannya.

Tanpa adanya sistem yang bagus, bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik. Banyak yang mengabaikan tahap ini dan cenderung gegabah dalam memulai sehingga banyak resiko kerugian.

3. Menyediakan Barang

Menyediakan Barang Kebutuhan Pokok

Langkah berikutnya adalah menyediakan semua sembako yang akan dijual atau istilahnya adalah stok barang. Ketersediaan barang sangatlah penting untuk memenuhi semua permintaan yang akan diterima. Jangan sampai banyak pesanan tapi stok barang tidak tersedia, ini akan membuat pembeli kecewa.

Selain ketersediaan barang, anda juga harus memperhatikan kelengkapan produk yang akan dijual. kelengkapan produk dapat menjadi nilai tambah bagi anda untuk dapat bersaing dengan kompetitor nanti.

4. Memasarkan Produk

Cara memasarkan sembako secara online tentu berbeda dengan cara konvensional. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti memanfaatkan media sosial facebook, instagram atau bahkan membuat website.

Sembako merupakan produk yang semua orang sudah tahu, untuk itu anda tidak perlu mengenalkan produk yang dijual. Yang harus dilakukan dalam pemasaran adalah menawarkan sistem pembelian online yang lebih mudah dan praktis bahkan dengan harga jual bisa lebih murah. Berikan kemudahan dan banyak keuntungan berbelanja secara online dibandingkan dengan belanja di supermarket.

Jika anda mampu meyakinkan masyarakat untuk membeli secara online maka bisnis anda akan berjalan. Tahap inilah yang cukup sulit karena kebanyakan orang masih belanja dengan cara lama.

5. Mengembangkan Usaha

Mengembangkan Usaha Bisnis Sembako Online

Setelah anda berhasil memasarkan produk sembako secara online, yang harus dilakukan adalah mengembangkan usaha tersebut dengan cara pengelolaan yang baik. Untuk dapat mengembangkan usaha, anda harus mengevaluasi dahulu bisnis yang telah dijalankan. Oleh sebab itu janganlah terlalu bernapsu untuk mengembangkan bisnis, biarkan bisnis berjalan sampai nanti tiba saatnya anda tahu waktu yang tepat untuk mengembangkannya.

Apakah waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis sembako ini saat penjualan meningkat drastis? belum tentu, penjualan meningkat bisa disebabkan oleh banyak faktor lain seperti waktu menjelang lebaran atau karena memang pesamaran anda yang berhasil sehingga permintaan banyak. Ini harus di pertimbangkan, jika dirasa tepat waktunya segera lakukan ekspansi.
Itulah cara bisnis sembako online yang sangat penting anda pahami agar bisnis yang dijalankan tidaklah menjadi bisnis yang untung-untungan namun menjadi bisnis yang tersistem dengan baik.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk