Cara Membeli Saham BUMN di BEI secara Online

Cara Membeli Saham BUMN di BEI secara Online

Panduan cara membeli saham di BEI secara online, melakukan investasi saham pada BUMN menjadi lebih mudah dan bisa memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Dibahas dengan sangat lengkap dan mudah untuk di lakukan.

Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian masyarakat Indonesia, setiap tahun di Indonesia bertambah orang-orang kaya baru yang biasa kita kenal dengan istilah OKB. Sobat harus mempersiapkan diri agar di tahun mendatang bisa menjadi salah satu orang kaya baru atau OKB di Indonesia karena kebanyakan orang kaya baru lahir dari golongan anak muda, berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia adalah salah satu caranya.

Menanam Saham di Bursa Saham Indonesia

Antara orang kaya dan orang miskin memiliki perbedaan yang sangat jelas. penghasilan yang dimiliki Orang kaya tidak dihabiskan begitu saja. Penghasilannya sebagian diinvestasikan dalam bentuk saham maupun properti. Sedangkan orang miskin pendapatannya dihabiskan seluruh , sehingga tidak ada sedikitpun yang tersisa untuk menabung dan berinvestasi.

Kebanyakan orang cina sukses dan kaya raya sudah membuktikan, rahasianya terletak pada penghasilan mereka yang suka di investasi dan ini sudah menjadi kebiasaan mereka. Jumlah dari total penghasilan mereka per bulannya uang yang diinvestasikan bisa mencapai 80 persen.

Investasi saham adalah salah satu jalur investasi menuju kekayaan. Sangat lah mudah jika hari ini anda ingin berinvestasi saham , dengan modal kecil sekitar Rp 300 ribu investasi saham sudah bisa dimulai. Namun Anda tidak bisa langsung membawa uang banyak ke meja resepsionis Bursa Efek Indonesia. Investasi saham mempunyai cara dan jalur tersendiri, tidak harus anda datang ke Bursa Saham Indonesia di Jakarta untuk membeli saham . Sekarang Anda bisa dilakukan di rumah dengan membeli saham secara online.

Saham yang Paling Menguntungkan

Bagi para investor ada berbagai macam saham yang paling menguntungkan dan menarik, seperti saham blue chips, saham pertumbuhan, saham pendapatan dan saham nilai. Saham bluechip menjadi yang paling menonjol diantara yang lainnya. Saham bluechip yaitu mempunyai fundamental sangat baik dan saham-saham yang diterbitkan oleh perusahaan pemimpin pasar di bidang industrinya. Misalkan rajin membayar deviden secara konsisten pertahun, senantiasa nilai saham menguntungkan dan lainnya.

Banyak pilihan bagi investor karena beraneka ragam jenis saham. Anda bisa membeli saham pendapatan dan saham blue chips apabila anda ingin berinvestasi saham untuk memperoleh deviden, saham pendapatan yakni sejumlah saham yang mampu memberikan deviden lebih besar dari saham bluechip. Sebaliknya, Anda bisa memburu jenis saham pertumbuhan dan saham nilai jika ingin mendapatkan keuntungan kapital gain.

Saham BUMN seperti Bank Mandiri, Telkom, Garuda Indonesia, dll merupakan salah satu jenis saham yang paling banyak dicari para investor. Saham perusahaan Badan Usaha Milik Negara mempunyai fundamental bagus sehingga dipastikan sangat stabil dan menguntungkan untuk investasi jangka panjang. Dari hal itu anda sudah mengerti akan strategi investasi saham bagi pemula. berikutnya mari kita bahas cara membeli saham BUMN di Bursa Efek Indonesia secara online.

Menanam Saham di Perusahaan BUMN

Investasi saham yang menguntungkan bersifat jangka panjang dan tidak tanggung-tanggung lamanya sekitar 10 tahun lebih, oleh sebab itu gunakan dana menganggur untuk berinvestasi. Selain itu, harga saham yang kadang naik dan turun dengan investasi saham jangka lama tersebut membuat anda terbiasa dengan fluktuasi. Anda bisa membeli saham blue chip atau saham pendapatan yang cendrung stabil dengan jangka investasi sepuluh tahun lebih, selain itu bisa pula membeli saham perusahaan BUMN untuk alternatif lain.

Rumus baku berinvestasi saham adalah menjual ketika harga tinggi dan membeli saham ketika harga murah. Melihat harga saham di bidang sejenis bisa menentukan harga saham termurah. Dan jika ada saham tidur yang tak ada pergerakan nilai saham jangan berinvestasi disitu.

Berbagai perusahaan yang beroperasi di tanah air mendapat dorongan dari Bursa Efek Indonesia untuk masuk kedalam penjualan saham diranah publik dalam rangka mencari sumber pendanaan bagi bisnisnya sebanyak mungkin atau bursa saham lewat mekanisme IPO. Profesional dan lebih menguntungkan dengan sistem bagi hasil tersebut dan diharapkan perusahaan semakin berkembang. Hal ini telah dilakukan oleh perusahaan milik pemerintah yang dikenal dengan BUMN maupun berbagai perusahaan swasta nasional di indonesia.

Bursa saham Indonesia telah mencatat berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berarti secara langsung dapat mendongkrak tingkat kapitalisasi pasar dari perusahaan BUMN bersangkutan dan memberikan stimulus positif pada bisnis finansial dunia bahwasanya Bursa Saham di tanah air dijalankan secara baik dan adil. Tak hayal Bursa Efek Indonesia lewat IPO membuat banyak perusahaan milik pemerintah berbondong-bondong mendapatkan keuntungan ini.

Di lantai bursa saham Indonesia hal positif lain dari fenomena bermunculannya perusahaan BUMN  adalah membuat bursa saham di tanah air semakin beragam dan semarak. Ada berbagai perusahaan milik pemerintah yang terdaftar dalam daftar Bursa Efek Indonesia, sehingga para investor asing dan domestik akan lebih tertarik untuk menanamkan uang mereka pada investasi saham di BEI.

Kinerja dan performa perusahaan menjadi lebih baik karena perusahaan-perusahaan BUMN sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesi. Laporan-laporan kinerja perusahaan mesti dilaporkan dan dipublikasikan kepada publik, hal ini tak terlepas dari sistem yang dijalankan secara keterbukaan,  melalui situs resminya maupun media massa. Selain itu, masyarakat luas mengawasi langsung performa perusahaan. Dengan demikian  tindakan korupsi dan penyelewengan dana di perusahaan BUMN akan mudah dicegah.

Oleh karna itu sebagai induk perusahaan Badan Usaha Milik Negara, hingga saat ini Pemerintahan Indonesia terus menerus mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk masuk dalam lantai Bursa Saham Indonesia. Pengawasan bukan hanya dilakukan oleh pemerintah tapi juga oleh masyarakat luas supaya kinerja perusahaan lebih baik.

Cara Online Membeli Saham Perusahaan BUMN di BEI Secara 

Berikut ini tahapan bagaimana cara online membeli saham perusahaan Badan Usaha Milik Negara di Bursa Efek Indonesia yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Cara Membeli Saham #1 - Datang ke Kantor Perusahaan Sekuritas Terdekat

Kantor Perusahaan Sekuritas Terdekat

Mendatangi kantor perusahaan broker saham atau sekuritas, kemudian mengutarakan niat untuk berinvestasi saham di BEI. Selanjutnya Anda akan mendapatkan bimbingan oleh perusahaan sekuritas mengenai  tata cara dan syarat investasi saham. Dimulai dengan membuka rekening saham,  pilihlah perusahaan sekuritas yang terdaftar di lembaga OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ) serta memiliki kredibilitas sangat baik dan terpercaya di masyarakat.

Cara Membeli Saham #2 - Membuat Rekening Saham

Membuat Rekening Saham

Dibutuhkan fotocopy KTP  untuk membuat rekening saham lalu mengisi aplikasi formulir pengajuan dengan prosedur sama seperti ketika membuka rekening tabungan di perbankan. Setelah pembuatan rekening saham,  maka anda diharuskan melakakukan deposit minimal Rp 1 juta di rek tersebut. Berbeda-beda jumlah deposit untuk setiap rekening saham karena masing-masing tergantung kebijakan perusahaan sekuritas.

Setelah melakukan deposit, maka Anda sudah bisa mulai bertransaksi saham secara online, namun sebelumnya harus menginstal aplikasi trading ke dalam smartphone anda yang telah disediakan perusahaan sekuritas. Sehingga membeli saham BUMN dapat dilakukan secara online menggunakan HP anda.

Cara Membeli Saham #3 - Transaksi Saham Online

Transaksi Saham Online

Seiring Perkembangan teknologi komunikasi dan informatika kini investasi saham dapat dilakukan  di internet via online. Anda akan diberikan user id beserta pasword dari perusahaan sekuritas untuk masuk ke dalam aplikasi Trading saham online system tersebut. Selanjutanya anda bisa  bertransaksi saham di rumah dengan mudah.

Selain bertransaksi saham secara online menggunakan internet, Anda juga bisa menggunakan telepon dengan menghubungi pialang saham perusahaan sekuritas tersebut di Bursa Efek Indonesia. Setelah anda membeli saham maka secara otomatis saham yang telah dibeli masuk ke dalam rekening dan saldo di rekening saham akan terpotong sesuai biaya pembelian. Untuk melihat perkembangan saham, Anda bisa memantaunya lewat HP menggunakan aplikasi Trading Saham Online System.

Yang perlu diperhatikan bagi siapapun yang mau berinvestasi saham yaitu gunakan lah uang yang berlebih, benar-benar dana yang menganggur, bukan dana pokok dan bukan dana darurat. Gunakan uang yang tak terpakai dan dikhususkan untuk berinvestasi saham, minimal yang dikeluarkan adalah Rp 300 ribu. Hal ini dikarenakan investasi saham termasuk jenis investasi jangka panjang, sehingga untuk mendapatkan keuntungan yang besar tidak bisa didapatkan dalam waktu cepat.

Tips Berinvestasi Saham di Perusahaan BUMN  

Anda dapat membaca panduannya di situs resmi BEI yaitu www.idx.co.id, untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai cara investasi saham di Bursa Efek Indonesia. Ada mekanisme yang harus ditempuh, untuk membeli saham BUMN tidak bisa langsung di Bursa Efek Indonesia. Untuk menghasilkan keuntungan besar di masa depan memulai berinvestasi dalam saham BUMN, pastikan jangka waktu investasi bersifat jangka panjang sekitar 10 tahun lebih.

Di Bursa efek Indonesia Anda mesti memahami prosedur bermain saham bagi yang ingin berinvestasi saham BUMN, bagaimana pengertian saham, seluk beluk saham, macam-macam saham, jenis saham, memahami istilah-istilah yang terdapat dalam investasi saham, berapa modal awal untuk investasi saham, apa saja resiko berinvestasi saham dan apa pula keuntungan investasi saham, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, ada banyak hal yang perlu anda pikirkan jika anda mulai berinvestasi saham BUMN untuk memastikan keuntungan bermain saham. Dimana pergerakan harga saham sangat sensitif terhadap situasi pasar, politik, keamanan dan ekonomi, dan lain sebagainya. Anda harus mengambil langkah tepat kapan saat beli saham dan kapan saat menjual saham serta jeli dan mampu membaca situasi pasar. Terlebih lagi jika anda tidak memakai jasa manajer investasi, karena kondisi yang mempengaruhi harga saham yang berubah-ubah.

Semakin besar potensi keuntungan maka semakin tinggi resikonya ini adalah kaidah dalam investasi saham. Jangan hanya memikirkan keuntungan yang menggiurkan semata dalam bermain saham . Sewaktu-waktu dapat terjadi resiko kerugian dari bermain saham ini lah yang harus dilihat dan diwaspadai. Misalkan harga saham menurun akibat dari perusahaan mengalami kebangkrutan atau rugi besar.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk