Panduan Lengkap: Cara Sukses Berinvestasi dengan Emas

Cara Investasi Emas

Panduan cara investasi emas batangan maupun perhiasan dengan pembahasan yang sangat lengkap, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dalam membeli emas. Dan Anda juga akan pandai memastikan pilihan mana yang harus dipilih supaya bisa menghasilkan untung yang besar.

Sebagai salah satu jenis logam mulia yang sangat diinginkan oleh setiap orang, emas sekarang dianggap sebagai salah satu investasi yang memberikan keuntungan. Walaupun jenis investasi ada banyak , namun banyak kalangan tetap menjadikan emas sebagai pilihan terbaik untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Mengapa harus demikian? Tentu saja hal ini dikarenakan emas menjadi komoditas yang berharga dan jarang terjadi penurunan harga secara signifikan, nilai emas cenderung terus naik tiap tahunnya. Penyebab harga emas semakin tinggi setaip tahunnya diduga karena semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas tersebut. Maka dari itu, keinginan banyak orang untuk menyimpan kekayaanya dalam bentuk emas semakin harinya semakin meningkat.

Dampak dari kenaikan atau pun penurunan harga emas sudah tak mampu mempengaruhi antusiasme masyarakat, kelangkaan stok emas batangan Antam tak jarang malah terjadi. Investasi emas antam merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang memiliki dana yang belum akan terpakai dalam waktu dekat. Akan tetapi memilih investasi emas ini kurang cocok untuk Anda yang menginginkan perputaran uang dengan cepat, karena investasi ini adalah merupakan investasi jangka panjang. Bila Anda merasa investasi emas ini sangat menarik dan cocok untuk Anda, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mencari info sebanyak-banyaknya dan seakurat mungkin tentang panduan lengkap cara investasi emas yang baik dan cocok untuk Anda.

1. Fakta Seputar Investasi Emas

Investasi yang paling lama dikenal dalam sejarah umat manusia adalah investasi emas . Saat orang belum mengenal obligasi mapun saham, jumlah kekayaan seseorang telah dipresentasikan oleh batu mulia ini. Salah satu alasan orang memilh emas karena dari masa ke masa sifatnya yang abadi dan diakui harganya .

Hingga sampai saat ini pun, emas masih dianggap memiliki kelebihan dibandingkan investasi yang lain dan digemari banyak orang. Akan tetapi mengenai emas, apakah Anda tau bahwa terdapat beberapa fakta tentang investasi emas .Berikut ini contoh yang dapat Anda jadikan referensi sebelum berinvestasi:

Fakta #1 - Harga Emas Berfluktuatif

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa investasi emas cenderung stabil dan terus meningkat setiap tahunnya. Tapi pada kenyataannya, investasi emas juga mengalami pluktuasi (naik-turun) sama halnya dengan harga saham dan valuta asing.

fluktuasi harga emas

Saat membeli emas, Anda juga perlu memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya, dengan melihat harga jual emas berada pada harga yang lebih tinggi dibandingkan saat Anda membelinya. Oleh karena itu, investasi emas juga disebut sebagai investasi jangka panjang. Anda harus lebih bersabar untuk menanti harga jual jika nanti berniat untuk menjualnya kembali.

Fakta #2 - Cara Menyimpan Emas Berbeda Dengan yang Lain

Anda akan mendapatkan bentuk fisik dari emas itu sendiri disaat Anda membelinya. Untuk itu, tempat menyimpannya perlu diperhatikan. Emas mempunyai sifat yang dapat dijual kembali, tidak perlu menunggu konfirmasi dari pemilik sebelumnya. Oleh karena itu, jika pemiliknya lalai dalam hal penyimpanan, akan sangat rentan untuk hilang atau tercuri.

tempat penyimpanan emas

Untuk itu, Anda dapat menyimpan emas di tempat yang dapat Anda percayakan sepenuhnya, misalkan di bank atau pegadaian yang tersedia safe deposit box . Dengan jumlah emas yang Anda punya Biaya penyimpanannya pun menjadi cukup beragam. Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp700.000-an untuk ukuran kecilnya. Harga tersebut merupakan sewa per tahun termasuk jaminan kunci.

Fakta #3 - Ada Perbedaan Volume Pembelian Emas

Saat Anda memilih untuk membeli emas dalam volume besar atau kecil terdapat kelebihan dan kekurangannya. Apabila Anda membeli emas dalam jumlah gram yang besar Kita tahu bahwa harga tiap gram emas akan lebih murah. Namun, Anda perlu untuk mengumpulkan dana beberapa bulan, untuk menyiapkan modal yang besar.

Perbedaan emas dengan jumlah gram kecil dan besar memiliki harga dan permintaan yang berbeda, misal Anda membeli emas 1 gram setiap bulan akan lebih mahal ketimbang membeli langsung 100 gram. Untuk emas gram kecil akan lebih mudah dijual dibandingkan emas dengan gram besar, ini dikarenakan permintaan lebih banyak untuk emas batangan kecil.

Oleh karena itu, akan lebih baik untuk selalu menyesuaikan seberapa besar kebutuhannya. Anda dapat membeli emas ukuran besar, jika Anda memang menggunakan emas sebagai investasi penuh. Akan tetapi, lebih baik Anda juga perlu memiliki stok emas berukuran kecil jika Anda juga menggunakan emas untuk dicairkan kapan saja.

2. Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Masih ada kekhawatiran masyarakat terhadap keaslian emas, terlebih untuk urusan berinvestasi emas dalam nilai yang besar. Ada keraguan kalau emas yang dibeli palsu sehingga tidak percaya diri untuk mulai investasi, terlebih bagi yang masih pemula.

Untuk membedakan antara emas palsu dan emas asli, sebenarnya susah-susah gampang  Jika Anda belum pernah memiliki atau membeli emas sebelumnya, Anda akan mengira semua yang berwarna kuning keemasan dan mengkilap itu adalah emas asli.

Cara teraman membeli emas bagi para pemula yang baru memulai berinvestasi emas adalah dengan mendatangi gerai penjual emas resmi seperti Gerai Logam Mulia Antam, Pegadaian dan Kantor Pos. Keaslian Emas yang dijual di gerai resmi ini terjamin dan disertai sertifikat sehingga untuk dijual kembali nantinya sangat aman. Beberapa cara berikut ini dapat digunakan untuk memudahkan Anda membedakan emas asli atau palsu.

Cara #1 - Ciri-ciri Fisik

ciri ciri fisik emas

Ciri-ciri fisik emas palsu dan emas asli perbedaannya bisa dilihat, ada tanda-tanda khusus yang umumnya ada di emas murni. Contohnya, adanya cap yang menandakan kadar emas. Biasanya menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Sedangkan yang lazim digunakan di Indonesia adalah satuan karat 10K, 18K, atau 24K.

Cara #2 - Digosok, Apakah Berubah Warna?

Untuk melihat keasliannya, coba pegang lalu digosok-gosok permukaan emas dengan telapak tangan atau telunjuk. Contohnya menggosok permukaan tertentu seperti bagian tepi atau lekukan, kita akan dapat memastikan keasliannya. Emas akan terindikasi palsu, jika setelah digosok warnanya menjadi pudar atau tak seragam. Sebaiknya, urungkan niat membelinya.

Cara #3 - Menguji Keasliannya dengan Digigit

Emas bisa dikategorikan sebagai logam mulia yang lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya maka emas akan semakin lunak. Nah, apabila si penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi, kita bisa mengecek lunak tidak emas tersebut.

menggigit emas

Menggigit permukaan emas tersebut adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Emas asli akan menampakkan bekas setelah digigit. Meskipun demikian, jangan terburu-buru untuk membelinya. Karena timah juga masuk golongan logam yang lunak Bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah.

Cara #4 - Coba Dekatkan dengan Magnet

Nonmagnetis adalah sifat dari logam emas. Emas tidak akan tertarik atau menempel apabila didekatkan dengan magnet, . Perlu diingat juga, pengujian ini juga tidak berarti emas yang dimiliki terjamin asli karena sifat nonmagnetis juga banyak ditemukan dilogam lain.

Cara #5 - Goreskan Pada Keramik Atau Kertas

Keaslian emas bisa juga di cek menggunakan keramik atau kertas. Tandanya emas tersebut asli, apabila emas yang digoreskan ke keramik atau kertas tidak meninggalkan bekas. Bekas goresan pada emas bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk melihat keaslian emas. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara yang digunakan ini bisa membuat emas menjadi rusak.

Cara #6 - Cek Kepadatan Emas

Dalam menentukan emas asli atau palsu, cara ini bisa dibilang hasilnya lebih mendekati benar. Tingkat kepadatan yang sangat tinggi merupakan ciri dari logam emas. Jarang sekali ditemui logam lain yang mampu menyaingi tingkat kepadatan emas.

Caranya pun tergolong cukup mudah, Isi gelas atau botoh yang memiliki ukuran milimeter dengan air. Ikatkan emas dengan benang lalu celupkan kedalam air. Lalu lihat perbedaan anatara sbeleum dan sesudah emas itu dicelupkan.

Selanjutnya, kepadatan emas bisa kite tentukan dengan pergitungan: Rumus Kepadatan = Massa/Volume. Jika angka kepadatan mendekati 19 g/ml,  dapat disimpulkan tingkat keasliannya sangat tinggi. Angka kepadatan emas ini tergantung karat. Panduannya: emas 14 Karat = 12,9-14,6 g/ml, 18 Karat kuning = 15,2-15,9 g/ml, 18 Karat putih = 14,7-16,9 g/ml, dan 22Karat = 17,7-17,8 g/ml.

Cara #7 - Teteskan Asam

Cara yang digunakan cukup dengan meneteskan asam nitrat ke emas kemudian amati reaksinya. . Perlu hati-hati apabila kita ingin melakukan sendiri, karena cairan asam nitrat sangat berbahaya bagi pernapasan dan tubuh. Oleh karna itu toko perhiasan dan pedagang emas banyak menggunkan metode ini.

Apabila setelah ditetesi tidak berubah warna, logam tersebut merupakan emas asli. Sementara jika berubah menjadi warna susu, logam ini merupakan perak yang dilapisi emas. Sedangkan jika berubah menjadi warna hijau, logam ini merupakan besi yang dilapisi emas. Jika berubah menjadi kuning, logam ini adalah kuningan yang dilapisi emas.

Cara #8 - Cek ke Pegadaian

Jika tidak mau susah-susah, bawa saja ke pegadaian dan bertanya kepada petugas taksir emas. Petugas ini biasanya sudah ahli untuk mengenali emas asli maupun palsu. Keaslian serta kadar emas yang dikandung bisa ditentukan oleh Petugas ini. Jadi, pada umumnya apa yang dibilang petugas selalu tepat. Tapi ababila Anda masih kurang yakin dengan apa yang dinyatakan tukang taksir emas, kita dapat mengujinya dengan beberapa tes sebelumnya.

3. Pilih Beli Emas Kredit atau Tunai?

Sekarang, Tempat-tempat penjualan emas sudah memberikan layanan ekstra dikarenakan melihat tingginya minat masyarakat terhadap investasi emas. Sehingga membuat PT. Pegadaian dan juga perbankan lainnya menyediakan layanan investasi emas dalam bentuk kredit. Dengan begitu, berinvestasi emas bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja, bahkan PT. Pegadaian memberikan nilai cicilan yang cukup kecil untuk layanannya.

Memang sangat menggiurkan jika pembelian dalam bentuk kredit ini dilakukan, terutama jika kita memang terkendala dalam membeli sejumlah emas secara tunai karena harganya yang cukup tinggi. Selain kemudahan serta keuntungan pembelian dalam bentuk kredit juga akan dibarengi dengan sejumlah kerugian lainnya. Sehingga, hal tersebut tetap harus dipertimbangkan dengan matang.

Berikut ini akan dijelaskan perbandingan pembelian emas secara tunai dan kredit sebagai bahan pertimbangan Anda kedepannya:

TUNAI KREDIT
Membutuhkan sejumlah dana yang terbilang besar Dana terbatas bisa berinvestasi
Tidak ada Biaya Tambahan Dikenakan Biaya Tambahan
Membeli dengan satu harga  Harga beli berfluktuasi
Belum mempunyai safe box Memiliki safe deposit box
Kepemilikan penuh Kepemilikan ditahan
Pembelian sesuai dengan kemampuan Resiko gagal bayar
Bisa dijadikan jaminan atau dijualBisa dijadikan jaminan belum bisa dijual

Pertimbangkan yang Paling Tepat

Setelah melihat tabel diatas bisa disimpulkan bahwa investasi emas terbaik adalah dengan menggunkan metode Tunai, alasan yang paling mendasar adalah karena resikonya yang sangat kecil. Walau disisi lain investasi emas secara tunai harus memiliki dana yang besar, namun hasil yang didapat pun akan lebih menguntungkan.

4. Tempat Jual Beli Emas Terbaik dan Terpercaya

Investasi emas semakin populer dan banyak diminati di Indonesia, bukan hanya untuk masyarakat biasa namun juga bagi para pebisnis, ini dikarenakan gencarnya PT Antam membuka perwakilan Butik Emas Logam Mulia di beberapa kota dan mensosialisasikan investasi emas kepada masyarakat. Investasi ini cocok bagi mereka yang ingin tetap menjaga nilai uangnya tanpa terpengaruh laju inflasi. Tertanam kuat dalam benak mereka akan Alasan klasik bahwa meski harga emas fluktuatif akan tetapi jarang mengalami penurunan. 

Emas sangat cocok dijadikan sebagai cadangan untuk dana darurat karena ketika ingin menjualnya kembali cenderung sangat cepat. Investasi emas bisa berbentuk emas batangan dan bisa juga berbentuk perhiasan yang bisa dipakai sehari-hari. Akan tetapi, Perlu diperhatikan di zaman sekarang semakin marak berbagai jenis modus penipuan terkait produk emas, anda harus tetap berhati-hati saat akan berinvestasi emas. Demi keamanan, di bawah ini ada beberapa ulasan mengenai tempat jual beli emas terpercaya yang bisa Anda pilih:

Tempat #1 - Pegadaian

beli emas di pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang terpercaya dan memiliki cabang yang tersebar sampai kedaerah-daerah di seluruh Indonesia. Anda bisa membeli emas dengan cara tunai maupun kredit di pegadaian baik yang konvensional maupun yang syariah. Bahkan saat ini ada sistem tabungan emas, dengan prosedur yang sangat mudah hampir sama dengan Anda membuka tabungan di bank biasa. Harga emas yang ditawarkan pun hampir sama dengan harga dipasaran, pembelian dan penjualan emasnya dilakukan dalam bentuk titipan.

Tempat #2 - Unit Bisnis Antam

Di daerah Pulogadung Jakarta Timur terdapat Unit bisnis antam, kelebihan bertransaksi emas di sini adalah bisa ditawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasaran dan bisa melakukan pembelian langsung secara tatap muka. Sayangnya Anda harus rela mengantri karena animo pembeli yang sangat banyak, dan maksimal 150/hari maksimal dari jumlah pembeli. Berikut ini prosedur pembeliannya:
  • Di pos satpam melakukan registrasi dan pengambilan nomor antrian 
  • Menunggu nomor antrian
  • Melakukan registrasi ulang di loket satu dan mengecek emas yang akan dibeli, Anda akan diberikan rek virtual
  • Menuju ke booth bank permata untuk melakukan pembayaran
  • Kembali ke tempat loket pertama lalu bukti pelunasan yang sudah dibayarkan sebelumnya diberikan ke petugas
  • Masukan form order ke loket enam atau tujuh untuk mempersiapkan barang, dan menunggu diberi nomor antrian
  • Masuk ke loket delapan, ketika tiba giliran, lakukan pemeriksaan terhadap emas yang dibeli seperti sertifikat, nomor identitas dan lain-lain.

Tempat #3 - Kantor Pusat Antam

Berbeda dengan Unit bisnis Antam yang padat akan antrian, dikantor pusat Antam dengan alamat jalan Tb Simatupang No 01 Lingkar Selatan Tanjung Barat tidak begitu padat antriannya, Anda sudah bisa membawa pulang emas dengan mudah karena di sini proses bisa dilakukan tidak sampai 10 menit. Sistem pembeliannya pun hampir sama dengan di unit bisnis, hanya saja karena harga di sana lebih murah sekitar 1-2 % dari harga di Kantor Pusat maka banyak pembeli yang masih memilih untuk mengantri di unit bisnis.

Tempat #4 - Butik Antam

Butik Antam

Butik Antam adalah merupakan cabang dari butik antam yang berada di Tb Simatupang. Cabang tersebut juga saat ini berada di kota-kota besar seperti daerah  Denpasar, Bandung, Medan, Balikpapan, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Banjarmasin, dan Palembang. Akan tetapi harga di unit antam Pulogadung lebih murah dibandingkan harga di butik antam yang lainnya.

Tempat #5 - Butik Emas Mobile Antam

Pengertian mobile disini bukan lah bermaksud pembelian bisa melalui smartphone atau online, akan tetapi penjualan dilakukan di mall atau pusat perbelanjaan dan tempat-tempat keramaian lainnya. Di media sosial antam Anda bisa melihat jadwal dan tanggal kehadirannya di pusat-pusat keramaian dan mengenai harganya, tidak ada perbedaan dengan harga di kantor pusat antam.

Tempat #6 - Bank Syariah

Bank Syariah juga tidak mau ketinggalan untuk menawarkan pembelian emas yang menerapkan prinsip syariah dengan akad jual beli atau murabahah. Selain itu jika ingin membeli emas dengan cara mengangsur Bank Syariah juga mempasilitasi cicilan emas. Syarat-syarat umumnya adalah:
  • Membawa identitas yang masih berlaku seperti KTP/SIM/Paspor
  • Jika dijumlahkan Berat minimal emas adalah 10 gram
  • WNI yang cukup umur
  • Pegawai dari usia 21 - 55 tahun
  • Maks berusia 60 tahun untuk yang berprofesi sebagai wiraswasta dan profesional 
  • Pensiunan maks berusia 70 tahun
  • Batas usia dihitung bukan saat mendaftar, tapi pada saat jatuh tempo

Tempat #7 - PT Pos Indonesia

Melalui PT Pos Indonesia, Layanan jual beli emas bisa dilakukan karena kerjasama dengan PT Antam. Saat ini ada 109 kantor pos yang bisa melayani dan mempermudah pembelian emas yang tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara dengan syarat dan ketentuan pembelian emas paling minim 0.5 gram dan maks 50 gram.

Dari pada harus ke butik antam yang hanya ada di kota-kota besar, kantor Pos lebih mudah dijangkau dan ditemukan walaupun harga emas di kantor pos lebih tinggi. Untuk prosesnya pun mudah, hanya tinggal mendatangi kantor pos dan membawa identitas diri yang masih berlaku dan seterusnya akan dipandu oleh petugas. Tapi sayangnya kerja sama ini hanya terbatas pada pembelian saja, PT Pos Indonesia belum bisa melakukan penjualan.

Tempat #8 - Toko Emas Online

Ada beberapa toko emas online berupa website terpercaya yang bisa dikunjungi jika Anda tidak bisa datang langsung ke tempat pembelian, misalnya orori.com. Tapi sayangnya situs tersebut menawarkan harga yang masih lebih tinggi dari pada harga pada butik antam.

Komentar

Baca Artikel Lainnya

Contoh Pembukuan Warung Sembako Dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung Laba Toko Kelontong Dengan Mudah

Ilmu dagang sembako yang sukses dan berhasil

6 Jenis Usaha Di Daerah Pegunungan Yang Memiliki Untung Besar

5 Peluang Usaha Mitra Distributor Yang Menjanjikan

Cara Menjalankan Kredit Sembako Untuk Pengusaha Pemula

Inilah 5 Peluang Jadi Distributor Tanpa Modal

Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Dari Nol Sampai Sukses

Cara Menentukan Harga Jual Barang Sembako

Contoh Kalimat Menawarkan Produk